22/10/16

Cara Aman sebelum melakukan Transaksi Online

Cara Aman sebelum melakukan Transaksi Online - Dunia Maya memang menjadi peluang untuk berjualan serta meraih keuntungan besar, namun tidak menutup kemungkinan didunia online juga digunakan untuk para orang yang tidak bertanggung jawab untuk merugikan/menipu orang lain lewat modus penjualan.

cara aman transaksi online

Kita mungkin sudah pernah melihat keluhan orang yang ada di dunia maya karena mereka ditipu oleh orang lain, mulai dari akun pembeli diblokir dan uang tak kembali. Hal ini jelas sangat merugikan pihak lain karena merasa ditipu oleh penjual, namun saat ini kita bisa mencegah hal ini agar tidak terkena  penipuan online.

Penipuan online saat ini telah maraknya bertebar dimana, mana dan selalu ada saja modus baru untuk menipu orang lain, ada baiknya kita selalu waspada terhadap hal ini agar tidak menjadi korban penipuan online.

Cara Aman Sebelum Transaksi Online

Transaksi online saat ini berkesempatan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk merugikan pihak lain, namun ada baiknya kita melakukan cara aman.

1. Kenali Mereka Sebelum Transaksi

Sebelum melakukan transaksi ada baiknya mengenali mereka, jika dia tidak mau mengenalkan diri mereka maka jangan mau untuk bertransaksi dengannya karena sudah jelas sekali apa yang ada di pikirannya. Cara membuat kita semakin mengenalnya adalah meminta data-data dari penjual. Data-data apa contohnya? sederhana saja misalnya foto ktp. Jika dia tidak mau gimana ya mas? Jangan melakukan transaksi dengannya, karena kita pun tidak tau niat yang dibuatnya

2. Memperhatikan Aktivitas Akunnya

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah yang digunakan oleh penjual merupakan akun asli atau palsu. Kita bisa memperhatikan semua aktivitas akunnya yang membuktikan itu adalah akun asli dari penjual, fotonya, statusnya atau aktivitas baik yang membuktikan ia adalah orang yang baik dan tidak akan melakukan penipuan. Jika Mereka menjual atau menawarkan jasa lewat Website? maka kenali websitnya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

3. Menyarankan Cash On Delivery

Sangat penting! Jika kita tinggal di daerah yang sama dengan penjual, maka melakukan COD sangat ampuh untuk menghindari resiko penipuan Online.

Cara Aman saat Transaksi Berlangsung

Sekalipun orang yang terkenal di grup ataupun website, jika dia mempunyai niat buruk dia akan menipu juga.

1. Screenshoot semua percakapan

Ini sangat penting, karena untuk menyertakan bukti jika kita ingin melaporkan sesuatu saat terjadi penipuan.

2. Jangan memberikan Uang sebelum ada barang

Yaitu meminta bukti bahwa stock barang masih ada, atau jika ia mau mengirimkan barang dulu sebelum kita memberikan uang maka itu bagus, tapi niat kita harus baik juga ya.

3. Menggunakan Jasa Rekening Bersama (Rekber)

Banyak penyedia Jasa Rekber di Internet, kita harus pandai-pandai memilih situs Rekber paling terpercaya.

4. Memintanya untuk Lapakin di toko Online terpercaya

Cara aman selanjutnya adalah meminta penjual untuk melapakkan barangnya di toko Online terpercaya misalnya Bukalapak.

Setelah mereka melapakkan barang dagangannya maka kita bisa membeli barang yang dilapakkan di Toko Online tersebut. Kenali jika mereka mengatakan seperti ini:
Yaelah cuma 300 ribu aja pake lapakin, saya orang paling terkenal di grup dan tidak akan melakukan penipuan.
Kejadian seperti diatas pernah dialami oleh salah satu orang di facebook dan mereka akhirnya terkena penipuan juga karena si penjual mempunyai kesempatan emas untuk berlaku curang.

Kesimpulan: ada baiknya kita selalu waspada dan selalu menggunakan trik-trik khusus agar terhindar dari tindakan penipuan online. Semoga tulisan singkat ini membuat kita semakin waspada, dan selalu aman dalam melakukan transaksi online.

Demikian semoga tulisan ini bermanfaat dan membuat kita selalu waspada saat melakukan transaksi secara online.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon