06/10/16

Cara Menyebut Teman Facebook melalui kode Tag

Cara Menyebut Teman Facebook melalui kode Tag - Mungkin kita pernah disebut oleh teman kita saat kita sedang membuka akun facebook dan kita bisa melihat pemberitahuan dari teman kita yang menyebut nama kita di facebook.

Biasanya pemberitahuannya seperti ini:

Galih Arifin Menyebut Nama Anda dalam Komentar/Status.
Itu adalah salah satu pemberitahuan yang saya terima ketika nama saya disebut didalam komentar status.

Melihat pemberitahuan seperti itu rasanya sudah tidak asing lagi bagi pengguna facebook, karena menyebut atau menyertakan tag nama teman kita pada status atau komentar merupakan suatu hal yang sudah umum.

Tujuannya tidak lain untuk mempermudah teman kita atau memanggil teman kita untuk mencari postingan yang sedang dibahas.

Seperti pada gambar dibawah ini, seseorang yang membuat tag seperti ini (tag nama saya) otomatis saya akan mendapatkan pemberitahuan bahwa salah satu teman saya menyebut nama saya di statusnya.


Pernahkah kita berpikir untuk membuat tag seperti itu seperti yang teman kita lakukan? Jika kamu sedang ingin mencari dan membaca tulisan ini maka tepat sekali karena saya membahas dan menuliskan tutorialnya disini, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Teman yang di Tag namanya otomatis akan mendapatkan pemberitahuan langsung di akun facebooknya bahwa mereka menyebut namanya, ini mungkin sudah sering kita jumpai saat sedang asyik berselancar di facebook, kok bisa ya teman kita membuat tag biru yang merupakan sebuah link menuju profil facebook kita?

Jika kamu penasaran,
Berikut Ada 2 cara untuk bisa membuat tag nama teman kita.

Cara pertama : Menggunakan Menu yang disediakan Facebook

Untuk yang pertama sebenarnya tidak usah dibikin tutorial, saya hanya memberitahu soal dimana letak menu nya saja, aku yakin para pembaca pasti bisa kok cara penggunaanya.

Ini adalah salah satu cara penggunaannya melalui aplikasi facebook lite, untuk aplikasi facebook biasa mungkin caranya hampir sama.


Kamu juga akan menjumpai menu dari fitur ini yang kini sudah disediakan oleh facebook, dan kini fitur ini sudah tersebar dan dapat kita gunakan di berbagai macam browser seperti Opera Mini Maupun Browser android lainnya

Bukan hanya Menu yang terdapat dalam Browser/Aplikasi Facebook/Facebook Lite.

Bahkan didalam menu ini, kita bisa menyebut semua teman facebook kita, namun menggunakan fitur menu ini tentunya terbatas dan hanya untuk orang yang berteman dengan kita di facebook.

Sama seperti menu didalam browser, fungsi dan batasan tag hampir sama, hanya saja kelebihan menggunakan aplikasi facebook/facebook lite ini adalah tanpa harus menyentuh tombol menu seperti ini, jadi kita tinggal menulis namanya dikolom komentar otomatis muncul nama teman yang akan kita tag.

Cara kedua : Menulis Kode Tag secara Manual

Cara ini bisa dibilang cara sulit, namun bagi yang sudah terbiasa mungkin bisa menyebut ini mudah, apalagi yang hobbynya memahami script-script pasti akan lebih mudah paham.

1. Login ke akun facebook.
2. Masuk ke kolom komentar bisa dimana saja, jika mau ngetes saja coba lakukan ini di status facebook kamu lalu ketikkan @[id facebook:]
Note : id facebook bisa diganti dengan nomor id facebook teman kamu yang mau di tag, bisa didapatkan melalui url status atau foto profilnya lalu cari tulisan contohnya seperti ini id=123456789
3. Setelah selesai, coba kirim komentarnya, jika belum berhasil mungkin ada kode yang salah, seperti yang saya bilang ini cara susah dan harus teliti.

Setelah komentar dikirim, maka teman yang di tag dalam komentar akan langsung mendapat pemberitahuan anda menyebut namanya di komentar, mudah bukan?

Ada satu lagi, kelebihan menggunakan kode tag tidak cukup sampai disitu saja, bahkan anda bisa membuat status biru yang merupakan tag nama dari teman anda, itulah keunikan menggunakan kode tag.

Saya akan membagikan cara membuat status unik dengan menggunakan kode tag yaitu menyebut nama teman kita sekaligus memberikan kata-kata inspirasi bebas yang bisa diklik mengarah dan ke profil facebook teman kita, namun karena ini menggunakan kode tag jadi kita harus lebih teliti lagi dalam penggunaanya karena jika salah sedikit saja maka kode tag ini tidak akan berjalan.

Intinya, ini sama saja seperti bermain coding.

Cara Menyebut Teman melalui kode Tag sekaligus memberikan Tag kata-kata

Bisa dibilang unik, karena hasilnya sangat fantastis dan tutorial penggunaan kode tag ini mungkin sulit untuk diterapkan terutama bagi pemula. Namun jangan khawatir bingung terhadap kode tag-tag facebook karena saya akan memberikan Sedikit penjelasan tentang tag kata kata.

Untuk penjelasannya adalah sebagai berikut:
Tag kata-kata yang anda tuliskan harus menuliskan dua kode tag yaitu @[id facebook:] dan @@[0:[id facebook:1:tag kata]], Jika hanya menulis @[id facebook] atau @@[0:[id facebook:1:tag kata]] saja maka kode tag kata-katanya tidak akan berfungsi, kita harus menulis dua kode tag. Nah sudah paham kan maksudnya, sekarang kita lanjut ke tutorialnya.

1. Login ke akun facebook.
2. Masuk ke kolom komentar mana saja, jika mau test silakan masuk ke kolom komentar status kamu
3. Tuliskan @[id facebook:] dan @@[0:[id facebook:1:tag kata]]
4. Kirim komentar, lihat hasilnya kata kata kamu akan menjadi sebuah tulisan biru yang bisa diklik dan mengarah ke profil facebook teman kamu

Contoh Menggunakan Kode Tag kata-kata, Contoh kode tag kurang lebih seperti ini hasilnya serta cara penulisannya yang benar.


Mudah bukan caranya? jika belum paham mengenai artikel ini, silahkan anda dapat bertanya pada kolom komentar.

Setelah mengetahui Cara Menyebut Teman Facebook melalui kode Tag kita bisa mempraktekannya di kolom komentar atau status mana saja, demikian semoga tutorial yang saya sampaikan bermanfaat.

Artikel Terkait

6 komentar

Cara tag di status nya langsung dan bukan di komentarnya gimana caranya gan ????

jika pakai komputer/pc

tulis namanya saja, otomatis muncul usulan nama teman yang mau ditag.

jika pakai hp

pakai cara tag manual gan, agan juga harus tau id teman fb yang mau di tag.

seperti yang saya jelaskan di cara kedua diatas.

Kalau mau tag nama seseorang yang bukan teman gimana caranya...makasih

kalau bukan teman biasanya tagnya harus pakai id profil facebook untuk artikelnya silahkan cari di blog ini.

Makasih banget nih... membantu banget

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon