11/11/16

Cara Cepat Menerjemahkan Bahasa Lain menggunakan Google Translate

Google Translate saat ini telah mengeluarkan fitur baru di Aplikasinya, mungkin ada yang bertanya-tanya fitur apakah itu? Fitur ini tidak lain adalah fitur terjemahan cepat. Tidak perlu bolak balik membuka Aplikasi untuk menerjemahkan setiap teks bahasa dengan Google Translate, karena saat ini Google Translate memberikan fitur npa membuka ulang Aplikasinya. Fiturnya cukup menarik, setelah kita menyalin sebuah teks, secara otomatis ikon pintasan Google Translate akan muncul di layar atas. Kita hanya menekan sekali pada ikon itu, otomatis kita menerjemahkan setiap kata yang kita salin.

Fitur ini baru saya tau ketika saya iseng-iseng membuka Setelan dari Google Translate. Awalnya memang tidak saya mengerti, tetapi setelah mencobanya sendiri akhirnya saya tertarik menggunakan fitur ini. Rasanya sangat pas jika kita sedang terburu-buru ingin menerjemahkan kata-kata dalam bahasa lain, tetapi sedikit waktu yang kita punya, misalnya mengerjakan tugas untuk hari esok.

Disini saya mencoba membagikan tutorial cara mengaktifkan terjemahan cepat menggunakan Google Translate. Syarat Utamanya Cukup memiliki Aplikasi Google Translate, karena tutorial ini hanya untuk pengguna Aplikasi Google Translate.

1. Buka Google Translate.
2. Masuk ke Setelan Aplikasi.
3. Pilih Menu Ketuk Untuk Menerjemahkan.
4. Pilih Aktifkan Ketuk untuk Menerjemahkan.
5. Jika ingin ada Notifikasi, Geser Tampilkan Notifikasi.

Ketuk untuk menerjemahkan teks yang disalin


Setelah kita mengaktifkan Fitur ini cara menggunakannya sangat simpel, yaitu cukup menyalin teks apapun. Sebagai Contohnya saya akan menyalin teks untuk diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris. Setelah Saya menyalin teks, ikon Google Translate akan muncul di kanan atas layar, lalu ikon itu saya klik dan hasilnya teks Bahasa Indonesia yang saya salin secara otomatis diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris.

Terjemahan Cepat dari Google Translate

Google Translate juga bisa mendeteksi seberapa sering kita menerjemahkan ke bahasa yang kita pilih, sehingga Google Translate mengetahui keinginan kita untuk menerjemahkan ke bahasa yang kita pilih secara otomatis menjadikannya sebagai bahasa default terjemahan.

Sekedar saran jika ingin menampilkan hasil terjemahan secara cepat, gunakan terjemahan offline, untuk mengunduh bahasa offline bisa dilakukan ketika kita terhubung dengan wifi gratis. Mungkin ada yang bertanya kenapa menggunakan terjemahan offline? karena koneksi internet tidak menjamin, terkadang putus dan menyambungkan, nah untuk menerjemahkan teks bahasa secara cepat tanpa kendala, kita pakai metode terjemahan offline.

Setelah membaca tutorial diatas mungkin ada yang sedikit bingung dengan apa yang saya sampaikan, jangan ragu untuk bertanya, seperti kata pepatah, malu bertanya sesat dijalan hehe. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon