27/11/16

Cara Menggunakan Google Voice secara Offline

Bagi kita yang tidak ingin capek-capek mengetik, kita bisa menggunakan fitur dari Google Voice, fitur ini berfungsi untuk menampilkan ketikan dari kata yang kita ucapkan. Menggunakan ini merupakan cara simpel untuk mengetik karena kita tidak akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengetik. Fitur ini juga sangat cocok jika kita ingin menuliskan kata-kata yang panjang untuk diketik, karena kita hanya tinggal mengatakan sesuatu dan mesin Google akan segera mendeteksi kata yang kita ucapkan.


Salah satu produk Google ini memang sangat keren, mengingat zaman sudah sangat canggih dan modern, dalam hal mengetik, kita tidak perlu capek-capek. Ya, Produk ini adalah Google Voice, semua kata yang kita ucapkan benar-benar terketik dengan sendirinya selama kita terhubung ke koneksi internet. Memang sangat modern menggunakan ketikan suara dari Google Voice, sayangnya jika terus-terusan Online maka kita akan menghabiskan banyak kuota untuk ini.

Solusi dari masalah ini yaitu dengan mengunduh Suara Offline, yang bisa kita unduh langsung melalui menu setelan Aplikasi Google. Nah setelah mengunduhnya mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Google Voice secara Offline? Sedangkan jika kita melakukan penelusuran suara kita diharuskan Online.

Pertanyaan ini mungkin tidak sedikit yang menanyakan, karena memang fitur offline ini tidak ada penjelasan bagaimana cara menggunakannya. Bagi yang belum mengetahui cara penggunaan Google Voice Offline, tutorial ini mungkin yang anda cari.

Cara Menggunakan Google Voice Offline

Sebelumnya kita harus sudah mengunduh Fitur Suara Offline terlebih dahulu. Jika belum mengunduh suara offline silahkan masuk ke Pengaturan Aplikasi Google, dan masuk ke menu Suara. Dalam hal ini silahkan unduh bahasa yang kita inginkan.

Mengaktifkan tombol masukan suara
Jika kita sudah mengaktifkan tombol masukan suara, silahkan abaikan langkah ini.

1. Aktifkan tombol masukan suara melalui menu Bahasa dan Masukan pada Pengaturan Android.
2. Pada menu Metode Masukan, Masuk ke Setelan Keyboard yang kita gunakan masing-masing, misalnya Keyboard Android AOSP.


3. Masuk ke menu Preferensi.
4. Aktifkan tombol masukan suara pada keyboard.


Menggunakan Pengetikan Suara
1. Sebagai bahan percobaan, bisa menuliskan sesuatu dimana saja, atau bisa memakai aplikasi catatan.
2. Setelah Keyboard muncul, tekan icon mikrofon, atau tarik notifikasi dan pilih ubah keyboard.
3. Pilih Pengetikan Google Voice.


4. Siap mengatakan sesuatu menggunakan Google Voice.

Fungsi Dari Google Voice Offline
Pengetikan Google Voice secara offline tidak difungsikan sebagai penelusuran melainkan sebagai pengetikan suara offline, jika kita menggunakan ini maka seperti keyboard kedua dalam mode suara. Yang jelas fungsi ini hanya berfungsi selain dari Aplikasi online seperti Aplikasi Google untuk pengetikan yang tidak menggunakan koneksi internet, misalnya pengetikan di aplikasi catatan.

Setelah mengaktifkan Google Voice Offline kita tidak perlu khawatir data yang kita gunakan, karena kita melakukan pengetikan secara Offline. Nah, itulah tutorial yang saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon