26/11/16

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Browser Google Chrome

Browser Google Chrome merupakan Browser keluaran dari Google dan saat ini browser ini menjadi nomor 2 paling banyak digunakan setelah Mozilla Firefox. Fitur yang paling saya sukai dari Browser ini yaitu fitur membuka tab penyamaran. Fitur menarik lainnya adalah sinkronisasi, jika kita menyinkronkan Google Chrome di Android kita, maka semua data-data kita akan disimpan diserver Google dan bisa diakses kembali nantinya menggunakan Android/Komputer/PC selama kita terhubung menggunakan akun gmail yang sama itulah menurut pengetahuan saya.

Sedangkan tab penyamaran fungsinya sama seperti tab normal, bedanya dalam tab penyamaran ini riwayat, cache, cookie kita tidak akan tersimpan saat menjelajah didunia maya, inilah yang paling saya sukai karena dalam Google Chrome kita bisa login 2 akun sekaligus dalam 1 browser, yaitu membuka tab normal dan tab penyamaran, masing-masing membuka 1 akun sosial media baik itu Facebook, Twitter, Google+, dan sebagainya.

Baca: Cara membuka 2 Akun Sosial Media dalam 1 Browser di Google Chrome
Fitur tab penyamaran ini sangat cocok bagi kita yang sedang meminjam atau menyewa Laptop/PC orang lain. Fitur ini sering saya pakai saat sedang browsing di kantor, karena selama kita menggunakan fitur tab penyamaran, data-data serta sandi kita tidak akan tersimpan walaupun kita tidak melakukan logout kecuali data-data unduhan kita.

kelebihan dan kekurangan google chrome

Kelebihan seperti apa yang ada di Browser Google Chrome?

  1. Support Mode Tab Penyamaran, artinya kita membuka sesuatu melalui tab ini, data-data riwayat, cache cookie tidak akan tersimpan kecuali data unduhan.
  2. Support Sinkronisasi, semua data dan sandi kita akan tersimpan di server Google, tidak termasuk data di tab penyamaran.
  3. Tampilan Keren, terlihat rapi dan ramah untuk digunakan browsing.
  4. Ringan saat digunakan Browsing, saat memakai browser ini akan terasa beda dengan menggunakan browser lain.
  5. Penghemat Data, yaitu dengan cara mengkompres halaman terlebih dahulu sebelum halaman itu dimuat oleh Google Chrome, fitur ini tersedia di Android.


Sedangkan Kekurangan dari Google Chrome hanya satu, yaitu Browser yang cukup berat untuk digunakan di Ponsel Android karena Google Chrome membutuhkan Ponsel berkapasitas RAM 1GB atau lebih, jika dibawah kapasitas 1GB, Browser ini terasa Browser paling berat dengan tanda Browser atau Aplikasi lain akan menutup dengan sendirinya, namun kekurangan itu tidak terjadi pada Google Chrome untuk Laptop/PC.

Pengalaman Menggunakan Google Chrome
Saya menggunakan Browser Google Chrome antara lain untuk Browsing, Membuka sosial media, dan sebagainya. Saya membuka Google Chrome menggunakan Fitur Tab penyamaran (New Inconigto Tab), karena saya ingin membuka dua akun sosial media menggunakan tab normal dan tab penyamaran. Dari hasil saya berselancar menggunakan Google Chrome pada PC, saya tidak menemukan kekurangan apapun 99% pada Browser ini kecuali Chrome untuk Android.

Memang Setiap Browser mempunyai Kelebihan serta kekurangan termasuk pada Google Chrome. Maka setiap kita ingin mencari informasi apapun melalui internet, kita wajib memilih browser yang membuat kita nyaman. Demikian semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon