21/11/16

Inilah Cara Mengenali Akun Facebook Asli dan Palsu

Sebagai pengguna internet kita mungkin mengenal facebook. Ya, karena facebook merupakan sosial media terpopuler dan gratis yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman lama dan mencari teman baru. Layanan ini sangat dikenal oleh banyak orang diseluruh dunia, jika kita kita berbicara tentang facebook kemungkinan mereka akan mengenal nama facebook bahkan sudah memiliki akun facebook. Dalam menjelajah facebook di dunia maya kita mungkin pernah mendengar akun palsu atau bahkan pernah kita lihat, sekilas akun itu terlihat seperti akun asli. Akun facebook palsu dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan tujuan yang tidak baik salah satunya untuk menipu. Jadi, sebelum kita berkenalan dan berkomunikasi dengan seseorang di facebook alangkah baiknya kita memperhatikan profil facebooknya, apakah itu akun asli atau palsu.

cara membedakan akun asli dan palsu


Karena selama saya berselancar difacebook saya menemukan kemiripan, sehingga akun yang kita anggap asli pun ternyata bukan benar-benar asli. Mulai dari foto profil, status, serta info akun. Kita tidak tau bagaimana mereka mendapatkan foto untuk dijadikan sebagai foto profilnya, karena kenyataannya terlihat seperti foto hasil potret sendiri. Memang Akun facebook yang tidak asli memiliki kesamaan yang hampir mirip dengan akun Asli, namun kenyataannya yang tidak terkira akun palsu jelas berbeda karena jika kita perhatikan akun facebook itu bisa ditebak walaupun memiliki kesamaan dengan akun facebook asli. Perbedaan antara akun facebook asli dan palsu ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Dan memang benar membuktikan bahwa akun facebook itu tidak asli milik seseorang.

1. Koleksi Foto Profil dan Foto Unggahan yang tidak asli
Umumnya akun facebook asli memiliki banyak koleksi foto, sedangkan akun facebook palsu tidak memiliki banyak koleksi foto, jika memiliki koleksi banyak foto kemungkinan foto itu tidak asli dan berwajah yang berbeda-beda yang tidak bisa dibedakan perkiraannya.

2. Mengenal Gaya tulisan pada status
Gaya tulisan akun asli tentu sangat santai, tulisannya kadang menarik kadang unik, kadang asal status, jika ada yang mengomentari, mereka akan menanggapi komentarnya dengan santai, berbeda dengan akun facebook palsu, mereka membuat status dengan gaya tulisan yang sedikit menarik perhatian tetapi sangat jarang membalas komentar-komentar dari temannya di facebook.

3. Selalu mencari teman sebanyak-banyaknya
Alangkah baiknya kita selalu waspada, banyak dari kita mungkin pernah melihat akun facebook yang baru dibuat dalam satu minggu sudah memiliki ribuan teman dalam sekejap. Akun yang memiliki teman baru yang banyak dalam sekejap, berkemungkinan semua pertemanan itu didapat dari hasil promosi atau mengirimkan banyak permintaan pertemanan dari orang yang tidak dikenalnya.

4. Tidak pernah memiliki Tag Foto atau Status dari teman
Aktivitas akun facebook asli pernah memiliki banyak tag dari teman-teman dekatnya, bisa kita lihat pada bagian foto di area wisata atau area tempat kerja dan sebagainya, jika akun itu sering di tag oleh teman facebooknya berarti itu benar-benar akun asli.

5. Perbandingan antara Umur Akun dan Aktivitas Akun
Akun facebook yang berumur tahunan dan selalu memiliki aktivitas yang wajar merupakan akun asli, artinya dalam tahun ke tahun akun itu selalu santai tulisannya entah update status atau komentar seperti pada pengalaman saya memperhatikan akun asli teman saya. Berbeda dengan akun facebook palsu, jika akun itu baru dibuat akan selalu update terkadang sudah mulai membuka jasa-jasa online dan sebagainya, selang beberapa bulan akun itu tidak lagi terpakai dalam jangka waktu yang lama.

6. Sering Aktif di Forum tetapi Jarang buat status
Akun Facebook yang sering aktif di forum bisa jadi merupakan akun palsu tetapi jangan salah dulu, kita harus selalu berprasangka baik tetapi kita hanya sedikit waspada saja jika kita akan berkomunikasi dengan akun itu.

Dari ketujuh ciri-ciri akun palsu diatas, kita bisa mewaspadai betapa pentingnya kita mengenali perbedaan antara akun asli dan akun palsu. Agar kita tidak terkena jaring dari akun palsu terutama saat bertransaksi dengannya dalam hal bisnis. Waspadai akun-akun palsu, jika kita menerima permintaan pertemanan dari akun palsu, biarkan terlebih dahulu, atau alangkah baiknya tidak dikonfirmasi. Kita cukup mengkonfirmasi akun dari teman yang benar-benar kita kenal. Memang benar akun facebook asli memiliki perbedaan yang tidak dimiliki oleh akun facebook palsu, namun jangan sampai kita salah paham terhadap akun yang memiliki salah satu ciri-ciri diatas karena umumnya akun facebook palsu memiliki semua ciri-ciri yang saya sampaikan diatas.

Demikian informasi yang saya sampaikan diatas semoga menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu mewaspadai hal yang tidak baik didunia maya, karena didunia maya kita tidak selalu bisa mencari jejak profil-profil akun dari orang yang tidak bertanggung jawab, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon