06/11/16

Cara Mengaktifkan Mode Internet 2G di Android

Mode 2G biasa disebut sebagai Edge, indikator yang muncul di bar sinyal android yaitu "E". Mode Jaringan 2G sudah lama kita kenal sebelum munculnya 3G, karena mode 2G sudah ada di ponsel-ponsel jadul yang pernah kita miliki. Namun Saat Android telah hadir di Indonesia, kini internet 3G yang menjadi andalan para browsinger, karena koneksi internet 3G kecepatannya telah menjamin wuss daripada 2G (tergantung wilayah dan provider juga).

 Walaupun Mode Internet 2G tidak secepat 3G, tetapi mode internet 2G memiliki kelebihan yaitu ponsel tidak cepat panas serta hemat baterai, terutama pada Android kita yang rata-rata batre Android lebih cepat habis daripada ponsel jadul yang pernah kita miliki. Itulah mengapa kita perlu mengaktifkan Mode Internet 2G pada Android kita.

Indikator Sinyal Edge atau 2G

Mode Internet 2G sangat cocok bagi yang sering menganggurkan Ponsel Androidnya dalam keadaan data seluler aktif. Mengaktifkan Mode 2G juga bisa jadi karena kita ingin tetap terhubung di Aplikasi Sosial media atau Aplikasi Chatting yang kita instal, karena dengan mengaktifan mode Internet 2G baterai Android kita akan tahan lama dan ponsel tidak cepat panas. Yang paling utama dalam mengaktifkan Mode 2G yaitu kita bisa menghemat penggunaan kuota Android.

Cara Mengaktifkan Mode Internet 2G di Android kita

Kita perlu tahu, versi Android atau jenis Ponsel sangat berbeda-beda letak pengaturannya, disini saya akan memberikan sedikit menu arahan, semoga saja cocok dengan versi Android yang anda miliki.

Mengaktifkan Mode 2G Versi Android Jellybean
1. Buka Pengaturan Android.
2. Perhatikan Menu Nirkabel dan Jaringan, Pilih Selengkapnya.



3. Setelah itu kita pilih Jaringan Seluler.
4. Pada menu Jaringan Seluler kita pilih lagi Mode Jaringan.
5. Setelah masuk Mode Jaringan kita pilih Preferensi Jaringan Menjadi GSM saja.


Sekarang Mode 2G telah diatur di Ponsel Android Jellybean Anda, dalam tutorial ini saya menggunakan Smartphone Android Single 3G. Mungkin tutorial ini bisa untuk versi Android Jellybean kebawah.

Mengaktifkan Mode 2G Versi Android Lollipop
Sebenarnya caranya sama seperti Android Jellybean hanya saja berbeda tipis pada beberapa letak dan bagian menu Android.
1. Buka Pengaturan Android.
2. Pada Menu Nirkabel dan Jaringan, Pilih Lainnya.
3. Pilih lagi Menu Jaringan Seluler.
4. Pada Jaringan Seluler ini akan ada menu Jenis Jaringan yang dipilih, lalu atur ke 2G.



Mode 2G telah diatur di Ponsel Android Lollipop Anda, dalam tutorial ini saya menggunakan Smartphone Android Dual 3G. Mungkin tutorial ini bisa untuk versi Android Lollipop keatas. Menggunakan Mode 2G ini cocok untuk kita gunakan saat ponsel kita ditinggal kerja atau nganggur dirumah dalam keadaan data seluler aktif.

Mode 2G akan menjamin baterai Smartphone anda hemat, karena mode ini sedikit penggunaan datanya ketimbang jaringan 3G.

Sekian dari tutorial sederhana ini semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon