21/11/16

Solusi Peringatan Masalah Sambungan Internet pada Android

Setiap orang mempunyai kesan terhadap internet yang dipakainya, apakah cepat, lambat ataupun sedang, namun masalah yang tidak biasa kita temui yaitu peringatan Masalah pada sambungan atau jaringan. Dibenak kita mungkin terpikirkan, mengapa ada peringatan seperti ini sedangkan data seluler Android saya sudah diaktifkan? Peringatan seperti ini biasanya muncul pada Browser Bawaan pada Android 4.2 Jellybean, tetapi jika menggunakan Browser lain berjalan lancar, kemungkinan itu bukan terletak pada Sambungan Internet melainkan masalah pada Browser.


Masalah seperti ini terjadi walaupun kita sudah mengaktifkan data seluler dan memiliki jaringan internet yang stabil. Saat menemui masalah yang tidak biasa seperti Peringatan Masalah Sambungan, jangan panik, ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan dibawah ini.

Buka alamat Web lainnya
Jika kita menemui peringatan Masalah pada Sambungan, coba buka situs lainnya, apakah masih sama? jika Peringatan Masalah Sambungan masih muncul cobalah ke poin berikutnya. Jika Peringatan tidak muncul, berarti kita hanya perlu melakukan satu langkah untuk menyembuhkannya, yaitu cukup restart android anda, karena ini hasil dari pengalaman pribadi saya.

Mencoba Browser lainnya
Jika berjalan dengan lancar, berarti memang masalah itu terletak pada Browser Bawaan. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan pembersihkan Cookie, Riwayat, Cache, Data Formulir.

Cara Menghapusnya:
1. Masuk ke Setelan Browser Bawaan Android.
2. Pada Setelan, pilih Privasi dan Keamanan.


3. Disini kita bisa membersihkan Cookie, Riwayat, Cache, Data Formulir dengan beberapa klik.

Namun, bagaimana jika masih tetap muncul peringatan masalah sambungan? Mungkin ini menjadi pilihan terakhir kita yaitu dengan menghapus data Browser Bawaan melalui menu setelan Android kita. Menghapus data ini sangat mudah dilakukan, hanya saja dengan menghapus data berarti semua data, bookmark, cache, dan sebagainya juga akan terhapus. Sebelum mengambil langkah terakhir ini, alangkah baiknya lakukan Backup terlebih dahulu pada Bookmark yang kita simpan, atau jika tidak ingin backup juga tidak apa-apa.

Solusi Terakhir, Menghapus Data Browser Bawaan
1. Buka Pengaturan/Setting pada Android masing-masing.
2. Pada Menu Perangkat, masuk ke menu Aplikasi.
3. Masuk ke menu Semua Aplikasi, Geser kekiri dua kali sampai masuk ke menu Semua Aplikasi, atau mungkin cara masuknya berbeda.
4. Temukan Aplikasi Browser Bawaan.
5. Hapus Cache, lalu Hapus Data. Atau bisa langsung hapus data tanpa hapus Cache


Sebelum membuka Browser yang baru dihapus data, Restart Android Anda terlebih dahulu. Setelah masuk home screen silahkan buka Browser Bawaan, apakah masih muncul peringatan Masalah Sambungan? sampai disini seharusnya peringatan masalah sambungan sudah tidak muncul.

Demikian semoga Informasi mengenai masalah sambungan pada Browser Bawaan bisa teratasi, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon