29/11/16

Cara Mengembalikan Sinyal Internet yang hilang di Android

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada pembaca, disini saya akan menjelaskan pertanyaan mengenai masalah pada sinyal internet di android.

Apakah sobat kehilangan sinyal internet secara tiba-tiba?
Apakah sinyal internet sobat tidak muncul di area tertentu?
Apakah sinyal telepon sobat lancar tetapi sinyal internet tidak muncul?
Mungkin kita pernah mengalami kehilangan sinyal internet di Android, pada saat itu sinyal telepon tetap muncul, artinya kita tetap bisa melakukan panggilan telepon dan sms, tetapi tidak bisa digunakan untuk internet. Jika kita mengaktifkan data seluler, ikon h+, e, h dan LTE tidak muncul. Biasanya itu terjadi karena memang area kita tidak bisa menangkap sinyal, atau bisa terjadi karena dari operator masing-masing. Kehilangan sinyal internet bukan berarti kita harus menunggu sampai muncul sinyal kembali, kecuali itu masalah dari operator. Jika kehilangan sinyal berlangsung sangat lama, kita bisa mengaturnya secara manual melalui setting pada Android. Atau bisa menunggu tetapi mungkin butuh waktu yang sangat lama.

Cara yang kita lakukan adalah mencari solusi dari masalah tersebut, jika dari operator, kita bisa langsung menghubungi customer service operator masing masing. Jika merasa memang dari jangkauan area kita, kita bisa bertanya kepada teman atau saudara yang memakai operator yang sama, apakah ia juga mengalami hal yang sama seperti kita? jika sama kemungkinan sumbernya dari area yang kita singgahi, dan kita perlu melakukan setting jaringan Android pada area yang kita kunjungi.


Apa penyebab utama hilangnya sinyal?
Area yang kita kunjungi kemungkinan tidak dapat menerima sinyal internet dari operator yang kita miliki, misalnya kita telah jauh dari area jangkauan sinyal, memang bisa melakukan panggilan dan sms tetapi tidak bisa digunakan untuk internetan. Umumnya, area yang jauh dari pusat antena akan mendapatkan sinyal internet sangat kecil. Semakin jauh dari pusat antena akan mendapatkan sinyal yang sangat kecil, misalnya ditengah jalan yang tidak banyak pusat antena.

Langkahnya sangat mudah, tetapi jika kita tidak mengerti cara mengatur sinyal secara manual, silahkan perhatikan tutorial ini.

1. Pada Menu Setting pilih Selengkapnya/Lainnya.
2. Masuk lagi kedalam menu Jaringan Seluler.
3. Pilih menu Operator Jaringan, jika tidak ada mungkin berbeda nama menu, dalam hal ini saya menggunakan Android Lollipop.


4. Secara default, jaringan kita akan tersetting secara otomatis, pilih telusuri jaringan, karena disini kita akan mencari jaringan secara manual.
5. Akan ada peringatan, pilih ok untuk melanjutkan mencari jaringan.
6. Pilih jaringan yang sesuai dengan keadaan area kita.


Jika kita memilih jaringan 3G atau 4G lalu sinyal internet tidak muncul itu menandakan area tersebut tidak mendukung sinyal 3G dan 4G. Jadi, untuk memunculkan sinyal internet kita harus memilih 2G.
Tulisan Dilarang artinya kita tidak boleh menggunakan sinyal internet lain kecuali kartu provier yang kita pakai, serta kartu sim 1 atau sim 2 yang kita pilih.

Sinyal Internet tetap tidak muncul
Setelah kita mengubah pengaturab di Setting Android dan sinyal masih tetap tidak muncul, itu merupakan pertanda memang dari operator kita, solusi dari masalah yaitu dengan menghubungi customer service operator masing-masing untuk mendapatkan solusi lebih lanjut mengenai masalah internet, atau berganti provider lain untuk sementara waktu. Masih banyak provider yang bisa kita pakai untuk area tertentu untuk mendapatkan sinyal internet yang stabil.

Demikian semoga tutorial Cara Mengembalikan Sinyal Internet yang hilang di Android bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon