06/11/16

Cara Menghemat Kuota Internet Three Sampai Satu Tahun

Saat kuota telah habis kita akan kehilangan akses ke internet, dan yang paling membuat saya jenuh yaitu saat masa aktif paketan masih panjang sedangkan kuota kita telah habis duluan, pernah anda alami itu? Padahal kita menggunakan akses internet cuma itu-itu saja tapi kenapa kok kuota kita cepat habis? Namun jangan berkecil hati, biarkan masa lalu berlalu, karena ada caranya supaya kuota kita hemat.

cara menambah masa aktif kuota three

Sebenarnya cara menghemat kuota ini hanya untuk provider three saja tetapi mungkin bisa untuk provider lain hanya saja beda caranya, namun karena saya menggunakan provider ini saya membagikan pengalaman saya menghemat kuota selama menggunakan provider ini. Menghemat kuota itu sangat mudah tapi tidak sedikit yang mengabaikan atau memang tidak tahu caranya, bagi yang sudah tau silakan disimak saja. Tips ini khusus untuk pengguna Kuota++, jika kita belum mengaktifkan kuota++ kita bisa mendaftarkannya dulu.

Cara Mengaktifkan Kuota++

1. Dial ke *123#.
2. Seanjutnya pilih nomor 3 (Internet).


3. Selanjutnya Pilih nomor 4 (Kuota++). Nantinya kita akan dibawa ke halaman pilihan antara kuota++ kendo dan reguler.


4. Pada menu ini terserah kita memilih nomor 2 atau nomor 3, tergantung selera kita masing-masing.


Mungkin dari kita ada yang bertanya-tanya mengapa harus mengaktifkan kuota++? karena hanya kuota++ saja yang masa aktif paketannya mengikuti masa aktif kartu. Dalam hal ini hanya kuota++ saja yang menurut saya bisa dihemat sampai satu tahun. Diantara 2 Paket Kuota++ ini memiliki Perbedaan antara Kuota++ Reguler dan Kuota++ Kenyang Download (KenDo). Tentunya berbeda paket internet berarti berbeda kenikmatan akses internet.

Kuota++ Reguler
1. Bisa diakses 24 Jam.
2. Kuota lebih sedikit.
Kuota++ Kenyang Download
1. Diakses pada 00-06 WIB.
2. Kuota lebih banyak.

Kita mungkin sering boros dalam penggunaan kuota secara sengaja atau tidak, namun itu semua tergantung kita sendiri, jika karena kebutuhan itu tidak masalah, jika karena tidak sengaja ini yang menjadi masalah terutama pada ponsel Android.

Tips Menghemat Kuota Internet Sampai Satu Tahun (Android)

1. Mematikan data seluler jika tidak digunakan.
Data seluler yang hidup meskipun dalam posisi layar ponsel mati akan secara otomatis menyedot kuota internet kita tanpa kita tahu.

2. Setting Mode 2G jika ponsel sedang menganggur.
Saat kita memiliki aplikasi chatting di Android, kita perlu mengaktifkan data seluler agar bisa menerima pesan dari teman-teman kita, termasuk BBM, Whatsapp dan sebagainya. Namun, jika kita ingin minim penggunaan kuota maka kita bisa mengaktifkan mode 2G.
Jika tidak mengerti cara mengaktifkan mode 2G pada Android bisa baca Cara Mengaktifkan Mode Internet 2G di Android.

3. Menyimpan halaman favorit sebagai halaman Offline.
Artinya saat kita menemukan halaman favorit misalnya "website tutorial dan cara-cara" saat sedang browsing kita bisa menyimpan beberapa halaman favorit tersebut, dengan cara menyimpan halaman tersebut secara offline, sehingga saat kita ingin berkunjung ke halaman itu kita tidak perlu lagi akses internet (offline).
Jika ingin lebih tau bisa baca Cara Menyimpan halaman Secara Offline.

4. Mengaktifkan Paket Always On
Kita mungkin tahu kalau kuota++ akan terus aktif mengikuti masa aktif kartu. Namun kita bisa mengakali ini agar masa pakai kuota kita bisa aktif sepanjang mungkin, caranya yaitu memperpanjang masa aktif kartu.

Dalam Memperpanjang Masa Aktif Kartu mungkin kita hanya berpikir dengan satu cara yaitu dengan isi pulsa. Namun cara yang saya bagikan yaitu cara selain isi pulsa. Cara apa? yaitu Mengaktifkan Paket Always On.

Sedikit Penjelasan Mengenai Paket Always On
Paket ini adalah paket yang bebas mengakses 11 situs populer, dan memberikan kuota++ reguler 50MB/bulan, selain itu jika kita mengaktifkan paket Always On maka masa aktif kartu kita akan bertambah sesuai paket yang kita pilih. Ada pilihan 1 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun. Mengapa kita perlu mengaktifkan paket ini? Karena tujuan dari cara ini yaitu memperpanjang masa aktif kuota++ dengan Mengaktifkan Paket Always On.

Cara Mengaktifkan paket Always On

1. Dial ke *123#.
2. Pilih nomor 3 (Internet).


3. Pilih saja Lanjut, karena menu ini sangat panjang sehingga memerlukan satu halaman untuk satu menu pilihan lagi.


4. Pilih nomor 8 (Always On Penambahan Masa Aktif).
5. Pilih sesuai kebutuhan, karena kita akan menambah masa aktif satu tahun maka pilih nomor 3 (AON 12 Bulan).


Setelah mengaktifkan paket Always On, Masa aktif kartu kita otomatis bertambah (tergantung paket yang kita pilih juga). Dengan begitu masa aktif kuota++ kita akan mengikuti masa aktif kartu (1 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun). Setelah Masa Aktif kuota++ kita menjadi satu tahun, tentunya kita bisa menghemat kuota kita dalam jangka waktu panjang, kalau tidak butuh ya tidak digunakan namun kuota kita tetap utuh. Betul tidak? hehe.

Saran saya, sebelum mendaftarkan paket AON 12 Bulan pastikan masa aktif kartu kita hanya tinggal beberapa hari atau dibawah 1 bulan tetapi memiliki pulsa diatas Rp50.000, dengan begitu kita tidak akan rugi dengan pulsa kita karena bisa menambah masa aktif kartu selama 1 tahun tanpa isi ulang pulsa. Sekian dari tutorial yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

2 komentar

Aku punya kouta++ reguler tp tdk bisa dipakai....masih ada 21Gb tapi gk bisa msk internet

kalau kuota++ reguler harusnya masih bisa dipakai gan.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon