16/11/16

5 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Sosial Media

Meningkatkan keamanan suatu akun itu penting, terutama untuk akun sosial media. Pada zaman sekarang kebanyakan orang sudah mempunyai akun sosial media, baik itu akun facebook, twitter, google+, dan sebagainya. Namun banyak orang juga yang mengabaikan keamanan suatu akun sehingga kehilangan akses ke akunnya. Yaitu akun mereka dibajak oleh orang lain dan digunakan untuk hal yang tidak diingkan pemilik akun. Padahal akun sosial media bisa menjadi alat untuk komunikasi, mencari teman sekaligus bisa menjadi kenangan dimasa depan jika kita sering update status dan foto. Sangat disayangkan jika akun kita kehilangan akses.

Kita akan kehilangan semua kenangan yang ada didalamnya jika kita kehilangan akses akun kita, semoga itu tidak terjadi pada kita semua termasuk yang membaca tulisan ini. Sebenarnya Cara Meningkatkan keamanan suatu akun tidaklah sulit, tidak harus mengandalkan kata sandi, karena kata sandi bukan satu-satunya jaminan keamanan suatu akun, meskipun begitu kita tetap harus membuat kata sandi yang sulit ditebak orang lain agar yakin hanya kita yang tau kata sandi kita sendiri.


Suatu akun baik itu akun sosial media, atau akun lainnya bisa ditingkatkan keamanannya dengan mudah, banyak cara untuk meningkatkan kemanannya seperti yang saya sebutkan dibawah ini.

  1. Menambahkan nomor telepon, berfungsi untuk verifikasi jika suatu saat kita lupa kata sandi
  2. Setel pertanyaan keamanan yang spesifik, yaitu mudah kita jawab tetapi sulit dijawab orang lain, misalnya nama guru sd atau hobby kita.
  3. Menambahkan email aktif lainnya, Sekedar untuk berjaga-jaga jika salah satu email nanti tidak aktif atau tidak bisa diakses.
  4. Selalu waspada dengan aktivitas teman yang tidak biasa, maksudnya tiba-tiba membagikan suatu link yang tanpa kita minta, karena bisa saja itu bukan teman kita melainkan orang yang mengakses akun teman kita.
  5. Setelah Keluar lalu bersihkan riwayat browser, jika kita sedang menggunakan komputer umum misalnya di kantor.

Setelah 5 kamanan diatas sangat diperhatikan, saya yakin akun sosial media anda benar-benar aman.

Demikian yang saya sampaikan mengenai Cara Meningkatkan Keamanan Akun Sosial Media. semoga akun sosial media kita aman sepenuhnya, setelah kita mempunyai keamanan akun, bisa menjamin akun kita tidak akan mudah diambil oleh orang lain, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon