07/11/16

Cara Menyimpan Halaman Secara Offline di Android

Saat kita sedang browsing terkadang sempat dikecewakan oleh koneksi internet yang tidak stabil, padahal kita sedang asyik berinternetan, bermain sosmed, mencari informasi. Tidak jarang sampai sekarang kita mungkin sering mengalami koneksi internet yang tidak stabil, akibatnya kita harus bersabar sejenak menunggu munculnya sinyal internet. Mungkin ini juga pernah terjadi saat kita sedang browsing mencari informasi, tutorial, dan sebagainya tiba-tiba koneksi internet putus ditengah jalan, memang sangat mengecewakan terutama jika kita sedang mencari informasi yang sangat penting.


Jika kita browsing lewat browser bawaan maka kemungkinan kita bisa menyimpan sebuah halaman offline. Apa itu Halaman Offline? halaman website yang dimana bisa diakses tanpa menggunakan koneksi internet. Jadi meskipun kita sudah mematikan data seluler Android, halaman tersebut tetap bisa diakses tanpa menggunakan koneksi internet. Terlihat menarik tetapi ini nyata adanya, kita bisa mengakses sebuah halaman web tanpa menggunakan koneksi internet. Sehingga kita bisa menghemat kuota kita, dan sangat cocok bagi kita yang sering browsing ke satu halaman web tetapi sering mengalami koneksi internet yang tidak stabil.

Menyimpan halaman web secara offline bisa dilakukan di Ponsel Android segala versi, Intinya Cara ini bisa dilakukan di Semua Android, Jellybean, Kitkat, Lollipop dan sebagainya. Mungkin ada yang bertanya-tanya bagaimana cara menyimpan halaman offline di Android kita? Kali ini saya akan membuatkan tutorialnya sekaligus bisa langsung dipraktekkan, karena tutorial ini tidak begitu susah, walaupun kita masih pemula yang baru memegang smartphone.

Cara Meyimpan Halaman Secara Offline

Menggunakan Browser Bawaan
1. Tulis Url Tujuan di Address bar, atau kunjungi situs yang ingin disimpan secara manual.
2. Setelah Sampai di Web yang dituju, kita tekan menu pilihan, terletak di kanan atas layar.
3. Gulir kebawah lalu pilih Simpan untuk dibaca secara Offline.


Sekarang halaman telah tersimpan secara offline, jadi jika kita ingin mengunjungi halaman tadi tidak memerlukan koneksi internet lagi. Cara Menemukan Halaman Offline yaitu dengan masuk Menu Bookmark lalu pilih Laman tersimpan, pastikan saat mengunjungi web offline dalam keadaan data seluler mati.

Menggunakan Opera Mini
1. Tulis Url tujuan di address bar. atau kunjungi situs secara manual.
2. Masuk Ke Menu Opera mini.
3. Pilih Halaman tersimpan.
4. Pilih lagi +Simpan Halaman.


Sekarang halaman telah tersimpan kini situs bisa diakses tanpa koneksi internet, baik melalui Opera mini maupun browser bawaan. Menyimpan situs secara offline cocok bagi yang suka menyimpan halaman-halaman tutorial tetapi dengan koneksi yang lambat. Demikian semoga tutorial ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon