30/11/16

Panduan Menggunakan Share It untuk mengirim File Besar

Dulu kita mungkin sering mengirim file-file ukuran besar tetapi membutuhkan waktu berjam-jam, walaupun file yang kita kirim kurang dari 100MB. Mengapa selama itu? karena dulu belum ada software ataupun aplikasi untuk mengirim file secara cepat. Saat itu, kita hanya menggunakan Bluetooth dan Infra merah. Tau kan, kecepatan bluetooth diperkirakan yaitu 80kb per detik, jika kita hitung, misalnya kita mengirim file ukuran 4MB maka membutuhkan waktu 50 detik. Waktu yang ditempuh sangat lama apalagi jika kita mengirim banyak file. Sedangkan Infra merah ada sebelum bluetooth, dan kita tau juga kan kecepatan yang dimiliki infra merah.


Memanfaatkan Jaringan Wifi dan Hotspot

Pada saat ini, banyak yang mengembangkan sebuah cara agar bisa mengirim file secara cepat, salah satunya yaitu memanfaatkan hotspot dan wifi untuk mengirim file dengan cepat. Yang kita ketahui, wifi dan hotspot saling menyambung satu sama lain untuk berbagi koneksi internet, hal itu dimanfaatkan oleh pengembang yang kreatif untuk menghadirkan aplikasi pengirim file cepat melalui wifi dan hotspot.

Jadi, wifi bukan hanya untuk menghubungkan kita dengan jaringan internet yang disiarkan oleh hotspot, tetapi bisa digunakan untuk hal lain, seperti mengirim file layaknya bluetooth. Terutama untuk mengirim file besar, aplikasi yang disediakan oleh pengembang bukan hanya untuk Android, tetapi bisa untuk Tablet maupun PC. Aplikasi yang saya tau untuk mengirim file cepat ada 2, yaitu Share It dan Xender.

Aplikasi Share It merupakan keluaran dari Lenovo, dulu aplikasi ini bernama Anyshare, yang kemudian berganti nama menjadi Share it. Mengirim file menggunakan Share it mempunyai kecepatan pengiriman 60 kali lebih cepat dari Bluetooth. Sedangkan Xender merupakan aplikasi terbaru yang menawarkan fitur kecepatan transfer file seperti share it, bedanya Xender memiliki fungsi yang lebih canggih. Pada kali ini saya akan menjelaskan Cara Transfer menggunakan Share It.

Apakah menggunakan koneksi internet? Sama sekali tidak menggunakan koneksi internet, jika menggunakan koneksi internet, mungkin banyak yang berpikir ulang sebelum memakai aplikasi ini.

Bisakah mengirim file ukuran besar kurang dari satu menit? Tergantung dari besarnya file yang akan kita kirim. Menurut pengalaman, share it memberikan kecepatan pengiriman 500KB sampai 3MB per detik, itu semua tergantung dari jarak dan perangkat yang digunakan.

Share it bisa digunakan di Android, PC maupun tablet. Namun, saya hanya menjelaskan tutorial Transfer file melalui Share It Android, Aplikasinya bisa didapatkan melalui Google Playstore. Agar bisa mengirim file, dua perangkat harus sudah memasang share it baik itu PC maupun Android. Cara Mengirim file menggunakan share it bisa dilihat dibawah ini.

Panduan Menggunakan Share It untuk mengirim File Besar

Untuk Pengirim:
1. Buka Share It yang telah terinstal di Android.
2. Selanjutnya kita pilih kirim.


3. Cari file yang akan dikirim ke User lain, jika mengirim file dalam jumlah banyak kita bisa menandai banyak file yang akan kita kirim.
4. Selanjutnya pilih kirim, dan nantinya perangkat akan mencari sinyal hotspot aktif yang muncul pada radar.

5. Silahkan menunggu sampai selesai mengirim file.

Untuk Penerima:
1. Masuk ke menu penerima
2. Selanjutnya menunggu respon dari pengirim

Bagi User yang tidak memiliki Share It

Tidak perlu memasang secara manual melalui Google Playstore jika salah satu user tidak memiliki share it. Caranya kita cukup meminta undangan kepada user yang memiliki share it melalui Bluetooth atau Lalu Lintas Nol, agar kita dikirimkan aplikasi mentahan share it kepada kita, dengan menekan ikon undangan di awal menu Share It.


Saran saya, gunakan bluetooth karena jika menggunakan hotspot kita harus mengaktifkan data seluler untuk mengunduh aplikasi share it.

Tahukah Anda? Kini Share It memiliki Fitur Mengirim Pesan Melalui Jaringan Wifi
Ditengah mengirim file, kita juga bisa mengirimkan pesan kepada user share it yang terhubung dengan kita. Bagaimana Caranya? Tekan Ikon Pesan yang terletak di kiri bawah. Fitur ini sengaja disediakan oleh Share It bagi user yang berjauhan setidaknya berjarak 10 meter, untuk bertanya ataupun mengobrol melalui Aplikasinya.


Bagaimana? keren bukan, satu lagi untuk menghindari penggunaan data bagi penerima file, sebelum menerima file kita dianjurkan untuk mematikan koneksi data internet, mengapa? karena secara tidak sengaja sinyal hotspot kita akan terpakai oleh sinyal wifi yang aktif, terutama user share it yang terhubung dengan kita. Dalam hal ini share it nantinya akan mengingatkan kita jika kita belum mematikan koneks data internet kita. Mengingat Share It bisa digunakan pada lalu lintas nol, artinya tanpa koneksi internet pun tetap bisa berkirim file, seperti halnya bluetooth.

Demikian semoga panduan yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon