10/11/16

Cara Mengecek dan Mengatur Penggunaan Data di Android

Paketan Kuota perlu diperhatikan, karena paket jenis ini membatasi pemakaian kuota yang ditentukan. Jika kuota telah habis, mau tidak mau secara otomatis kita akan dikenakan biaya standar. Kita tau bahwa smartphone itu menghabiskan banyak kuota daripada ponsel-ponsel jadul sebelumnya, karena penggunaan smartphone itu rata-rata 100MB/hari bagi yang aktif, namun tergantung dari pengguna juga ya. Untuk menghindari biaya standar secara tiba-tiba, cara sederhananya yaitu melakukan pengecekan kuota, karena saat ini banyak yang menggunakan android jadi semoga tulisan ini membantu, khususnya untuk pemula.

Mengecek kuota bisa dilakukan di semua android baik itu versi Jellybean, Kitkat, Lollipop, semua caranya sama. Dalam mengatur penggunaan data kita bisa memberikan peringatan dan memberikan batas atas pemakaian kita sendiri, namun perlu diingat perhitungan data operator mungkin berbeda dengan Perangkat seperti yang tertulis di menu penggunaan data. Namun itu tidak masalah, kita hanya mengatur penggunaan data dengan tujuan agar kita tidak berlebihan dalam menggunakan kuota sehingga terbebas dari biaya standar operator.

Menyetel Peringatan Penggunaan Data

1. Masuk Menu Pengaturan.
2. Masuk Menu Penggunaan data.
3. Geser garis peringatan.


Langkah ini kita yang akan menentukan, jika kuota kita adalah 1GB, saran saya setel peringatan menjadi 950MB, atau sesuai selera asal tidak mendekati 1GB. Karena untuk berjaga-jaga jika suatu saat kita masih perlu dengan sisa kuota itu, kita tidak akan mengabiskan kuota sekaligus.

Menyetel Batas Kuota

1. Masuk Menu Pengaturan.
2. Masuk Menu Penggunaan data.
3. Geser Setel batas data seluler untuk mengaktifkan.
4. Geser garis merah batas data seluler.


Data Seluler otomatis akan dinonaktifkan setelah penggunaan kuota kita mencapai batas penggunaan, saran saya jika anda memakai kuota 1GB, gunakan batas data seluler yang sedikit mendekati 1GB yaitu 990MB, kenapa? seperti yang saya katakan perhitungan penggunaan data dari perangkat itu mungkin berbeda dengan perhitungan operator. Untuk berjaga-jaga jika ternyata perhitungan operator jauh lebih cepat mendekati 1GB dari perangkat maka kita akan dikenakan biaya data standar yang ditentukan setelah kuota habis.

Demikian untuk tips yang saya sampaikan tentang penggunaan data, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat buat kita semua.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon