20/11/16

4 Tips Akses Internet Offline melalui Android

Bagi yang suka berinternetan, mungkin pernah mengunjungi situs web secara berulang-ulang. Bahkan ada yang pernah dalam sehari sering memuat beberapa kali halaman beranda suatu web hanya untuk mendapatkan update post. Ada juga yang membookmark suatu halaman web dan membukanya beberapa kali dalam satu hari, karena menurutnya tulisan dan info yang dibagikan cukup menarik untuk dibaca. Menurut saya, itu termasuk pemborosan kuota, apalagi jika halaman yang dikunjungi termasuk halaman bacaan saja.

Namun, saat ini kata offline telah menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk menghemat kuota internet. Suatu Halaman web bisa kita simpan untuk dibaca secara Offline, sehingga kita hanya cukup satu kali akses menggunakan internet, selanjutnya kita bisa mengakses halaman yang sama secara offline. Internet Offline disini bukan hanya untuk membuka halaman web secara offline saja, namun internet offline bisa menyangkut beberapa hal yaitu streaming, akses data, dan masih banyak lagi, untuk penjelasan selengkapnya berikut tipsnya.

4 Tips Internetan secara Offline

Sebagian besar tips ini hanya untuk pengguna Android, selain pengguna Android silahkan bereksperimen.

1. Menyimpan halaman web secara Offline pada Browser


Sangat penting untuk menyimpan halaman web yang sering kita kunjungi secara offline. Saat menyimpannya kita bisa akses kedepannya tanpa akses internet sehingga bisa menghemat kuota kita. Simak: Cara Menyimpan Halaman Offline di Android

2. Menyimpan Peta/Area Offline di Google Maps


Jika kita sering menjelajah peta Google Maps, sebaiknya simpan area yang sering kita kunjungi. Selanjutnya kita bisa mengakses area yang kita simpan dalam keadaan Offline. Untuk menyimpannya saya biasa menggunakan jaringan wifi gratis yang tersedia di warung wifi. Kita tau jika mengakses Google Maps dalam waktu lama akan menghabiskan banyak kuota, terutama jika kita hanya sekedar iseng melihat-lihat peta di Google Maps. Sebaiknya simpan saja peta Offline di Google Maps agar bebas mengakses area tersimpan selama 30 hari

3. Simpan Video Offline di Youtube


Sekarang Youtube telah memberikan fitur Tonton Offline. Fiturnya yaitu membolehkan semua pengguna menyimpan berbagai video yang bisa disimpan selama beberapa hari untuk ditonton secara offline. Bagi yang suka streaming youtube, sebaiknya gunakan fitur ini jika terhubung di wifi.

4. Simpan Kamus Offline Google Terjemahan


Memiliki kamus yang bisa diakses secara Offline di Android kita rasanya seperti memiliki buku kamus sendiri, benar begitu?

Saran: Jika ingin mengakses semua tips diatas secara offline, sebaiknya gunakan wifi gratis yang tersedia di warung, restoran, atau atau area wifi dimana saja.

Dengan tips-tips mengakses internet secara offline diatas, sekarang anda dapat menikmati internet tanpa koneksi data.

Demikian semoga 4 tips yang disampaikan bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon