25/12/16

Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Video Youtube

Seperti yang kita ketahui Youtube merupakan komunitas video terbesar didunia, tidak jarang saat kita menonton video di Youtube kita melihat Iklan-iklan yang terpasang pada video tersebut. Nah, pertanyaannya darimana Iklan-iklan itu dipasang? Bagi pemula mungkin akan berpikiran untuk memasang iklan mereka sendiri pada videonya. Iklan yang muncul pada video Youtube adalah milik Google, artinya Google yang memasangnya. Mereka adalah para partner Youtube yang bergabung dengan Google untuk menampilkan Iklan dan mendapatkan uang jika ada yang mengklik iklannya.


Mungkin kita ingin seperti itu, menghasilkan uang dari Youtube dengan memasangi iklan pada Video kita. Kesempatan mendapatkan uang dari Youtube bukanlah perkara yang sulit, bahkan semua orang bisa melakukannya. Terlebih lagi jika anda adalah seorang yang suka traveling dimana-mana, aktivitas terbaik dapat direkam dan diupload ke Youtube, misalnya petualangan di Gunung Bromo.

Nah, jika kita sudah membuat video terbaik, uploadlah ke Youtube dan tunggu hingga viewer/penonton banyak. Setelah banyak penonton kita dapat memonetisasi video tersebut, Caranya:

1. Mengaktifkan Monetisasi

a. Buka Channel Saya, masuk ke menu dropdown klik ikon baris sebelah kanan atas, pada tampilan tersebut cari menu channel.


b. Setelah itu akan masuk ke tampilan channel anda, sekarang kita buka lagi menu pengelola video yang ada di atas sampul channel.
c. Buka lagi Menu Channel, dan masuk ke status dan fitur, Cari kotak monetisasi, jika layak langsung aktifkan, jika belum layak, setel negara ke Indonesia terlebih dulu.
d. Aktifkan Monetisasi dan setujui semua syarat yang ada dengan mencentang semuanya.


e. Setelah semuanya selesai anda harus mengaitkan akun adsense, jika belum memiliki silahkan membuat dengan cara klik menu monetisasi dibawah menu status dan fitur, lalu pilih bagaimana saya akan dibayar? lalu pilih mulai.
f. Selanjutnya silahkan mendaftar ke Adsense, isi data-data dengan benar karena untuk pembayaran kedepannya.
g. Tunggu Sampai Akun Adsense disetujui, dalam hal ini memakan waktu paling cepat satu jam hingga paling lama satu hari.

Setelah Akun Adsense disetujui, selanjutnya adalah menonetisasikan video kita, pastikan video kita memiliki banyak viewer untuk kita memonetisasikan, karena itu langkah awal mendapatkan uang dari Youtube.

2. Cara Memonetisasikan video (memasang iklan pada video)

a. Masuk ke menu pengelola video youtube, lalu cari video yang mempunyai viewer paling tinggi.


2. Monetisasi video Anda dengan cara mencentang video, lalu pilih menu monetisasi.
3. Pilih penempatan iklan pada video, dapat mencentang semuanya.
3. Tunggu hingga proses selesai, memakan waktu beberapa detik.

Keterangan ikon dolar pada Video Youtube:
Ikon dollar hitam: Video tersebut dapat dimonetisasi, karena saat itu video belum dimonetisasikan.
Ikon dollar hijau: Video tersebut telah dimonetisasi, dan mulai menghasilkan uang dengan iklan-iklan yang tampil pada video.
Ikon dollar hitam coret: Video tersebut tidak dapat dimonetisasikan karena belum memenuhi syarat monetisasi video.

Update: Youtube telah membuat kebijakan bagi pengguna baru, untuk mengaktifkan monetisasi pada channel atau menghasilkan uang dari Channel Youtube, anda harus mempunyai minimal 10.000 views pada Channel Anda.

Setelah Iklan dijalankan dalam video kita tunggu sampai video tersebut menghasilkan banyak dollar, penghasilan dapat dilihat melalui Youtube Analytics atau Akun Adsense. Penghasilan dapat diambil ketika saldo mencapai 10$ atau Rp1.300.000 melalui Transfer Bank/Western Union.

Tips tambahan:
Untuk menghasilkan uang lebih banyak, caranya adalah rajin mengupload video, dan buatlah banyak channel dengan tema yang berbeda-beda serta video menarik berdurasi panjang, semakin bagus kualitas video semakin banyak yang menonton, berkesempatan mendapatkan dollar $ mengalir banyak setiap hari.

Demikian semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua, terutama pemula, semoga sukses kedepannya.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon