08/12/16

3 Cara Praktis Mengunduh Video dari Youtube

Youtube adalah komunitas share video terbesar yang ada didunia maya. Tak jarang Video yang kita temukan di Youtube sangat keren, menarik, unik, yang membuat para pengunjung tertarik untuk mengunduh video yang ada di Youtube. Dulu, video Youtube tidak bisa diunduh, berbagai cara saya cari di internet, tetapi tidak satupun cara mengunduh video Youtube saya temukan, hingga suatu saya menemukan cara praktis mengunduh video dari youtube yaitu melalui savefrom.net, melalui ini saya bisa mengunduh video dari youtube dengan kualitas video yang bagus.



Saat ini Youtube sudah memberikan fitur mengunduh video secara Offline pada Aplikasi Youtube Android. Sayangnya video yang kita unduh akan disimpan untuk sementara waktu, atau tidak tersimpan secara permanen. Artinya Video akan terhapus secara otomatis setelah 3 sampai 7 hari, setelah terhapus dari offline kita harus mengunduh ulang untuk dapat menontonnya kembali.

Padahal jika kita menemukan video yang keren, kita tidak ingin menghapus video offline tersebut. Namun saya yakin, kedepannya Youtube memberikan fitur simpan offline secara permanen, mungkin masih lama atau dalam waktu dekat. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama, kita bisa menggunakan alternatif mengunduh video dengan cepat, yaitu melalui melalui 3 cara mengunduh video yang saya sebutkan pada tutorial dibawah ini.

Apakah membutuhkan aplikasi atau software tambahan?
Mengunduh video pada tutorial yang saya bahas sama sekali tidak membutuhkan aplikasi atau software tambahan, karena cara yang saya bahas ini yaitu cara praktisnya. Walaupun sebenarnya ada cara praktis lain tetapi menggunakan aplikasi TubeMate dan bantuan dari Mp3 Converter untuk mengconvert suara ketika ingin mengunduh video dengan format mp4, namun saya hanya akan membahas cara mengunduh video Youtube tanpa aplikasi tambahan.

Cara Praktis Mengunduh Video dari Youtube

Sebenarnya sangat mudah, karena banyak situs yang memberikan fitur untuk mendownload video dari Youtube tanpa aplikasi atau software tambahan. Seperti yang saya sebutkan dibawah, saya menemukan 3 situs yang dapat digunakan untuk mendownload video dari Youtube, bahkan dari 3 cara yang saya sebutkan tanpa ribet menginstal sesuatu pada Perangkat Android atau PC/Laptop.

1. Melalui Situs Auto Generate Link

Auto generate link adalah situs yang dapat menggenerate link secara otomatis, dalam hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendownload video youtube. Sebenarnya bisa digunakan juga untuk menggenerate semua link unduhan lain, termasuk link dari Mega. Berikut menggunakan auto generate link untuk mengunduh video dari youtube:

a. pergi ke situs generate link di autogeneratelink.com
b. silahkan membuka tab baru pada browser, lalu masuk ke situs Youtube
c. cari video yang ingin kita unduh pada kotak pencarian video Youtube, lalu klik video yang ingin kita unduh.
d. jika video berputar, pause terlebih dahulu, perhatikan link video Youtube pada addres bar, seperti ini:

http://www.youtube.com/watch?v=.............

copy link video youtube seperti pada tulisan diatas.
e. paste pada kotak yang disediakan oleh auto generate link, lalu generate link yang telah dipastekan.
f. setelah link digenerate, auto generate link akan menampilkan pilihan kualitas video yang siap diunduh.


Namun, jika kita menggunakan autogeneratelink, kita mungkin akan diarahkan ke Link Premium shorten.id. Pada saat diarahkan ke Link Premium, yang kita lakukan adalah mencari tulisan Get Premium Link, lalu klik dan video akan diunduh secara otomatis.


2. Menggunakan cara cepat dari Savefrom

Situs pertama yang saya gunakan untuk mengunduh video dari Youtube yaitu savefrom.net, situs ini saya kenal sejak Youtube belum memberikan fitur unduhan offline. Sampai saat ini situs ini terbilang sangat simpel ketika digunakan untuk mengunduh video dari youtube, dan mempunyai dua cara yaitu cara manual dan cara cepat mengunduh video. Untuk cara manual tidak saya bahas, karena cara manual sudah umum diketahui banyak orang. Berikut cara cepat mengunduh video Youtube menggunakan savefrom.net:

a. masuk ke youtube.com
b. pada kotak pencarian video youtube, cari video yang akan kita unduh.
c. setelah menemukan video youtube yang kita cari, klik pada video youtube yang akan kita unduh.
d. jika video terputar, pause terlebih dahulu, lalu lihat link yang tertera pada address bar seperti ini:

http://www.youtube.com/watch?v=.............

tambahkan ss pada link video youtube pada address bar, tepatnya sebelum kata youtube, sehingga link akan terlihat seperti ini:

http://www.ssyoutube.com/watch?v=.............

Lalu Tekan enter pada link tersebut.

e. akan diarahkan ke savefrom.net, disini akan ditampilkan beberapa pilihan kualitas video yang dapat kita pilih untuk diunduh.
f. klik kualitas video yang kita inginkan, lalu unduh.

3. Melalui situs Keepvid.com

Keepvid yaitu situs pengunduhan video yang support untuk berbagai situs video, salah satunya video dari youtube. Daftar situs yang ditampikan pada situs keepvid merupakan situs yang support digunakan untuk mengunduh video dari situs tersebut. Sebenarnya sama seperti savefrom.net, keepvid adalah situs yang dapat melakukan pengunduhan video dari berbagai situs video, karena caranya sangat mudah serta mensupport hingga 28 situs video, berikut tutorialnya.

a. masuk ke situs Youtube, cari video yang ingin kita unduh, dan copy link videonya.
b. masuk ke situs keepvid.com
c. pada kotak enter the link of the video, pastekan link video yang telah kita copy pada kotak yang disediakan, dan klik download.


d. unduh video yang telah digenerate  oleh keepvid.

Dari tiga situs diatas, sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengunduh video dari Youtube, namun karena umumnya banyak yang menggunakan situs-situs yang saya tulis diatas. Selain itu, dari tiga Cara mengunduh video Youtube yang saya bahas diatas, kualitas video yang dapat kita pilih merupakan kualitas video terbaik menurut saya. Jadi, kita dapat mengunduh video Youtube tanpa perlu tambahan aplikasi, software dan sebagainya. Karena kita dapat memanfaatkan situs-situs pengunduh video youtube seperti pada situs diatas.

Demikian Tutorial yang saya sampaikan diatas mengenai mendownload video dari Youtube, semoga bermanfaat, terutama bagi pemula internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon