27/12/16

Cara Mencari Video Creative Common di Youtube

Video Creative Common yaitu video yang diperbolehkan digunakan kembali, namun jika kita menggunakannya kembali, tetap harus menghargai karya asli dari channel yang kita ambil dengan menyertakan sumber. Creative Common saat ini sudah mencapai jutaan video, yang tersebar diseluruh situs Youtube. Hampir setiap video yang kita cari di Youtube, akan menampilkan video Creative Common.

Umumnya banyak orang yang mencari video type creative common untuk digunakan kembali, biasanya karena membuat suatu tutorial tetapi tidak mempunyai video panduan. Dari sini mereka mengambil video type creative common dari Youtube. Selain creative common, video lainnya merupakan video yang berlisensi atau dilindungi hak cipta. Jadi, meskipun kita menggunakan video bertype creative common hendaknya kita menghargai karya asli dari channel tersebut dengan menyertakan sumber aslinya.

Cara Mencari Video Creative Common

Mencari video creative common dapat melalui komputer atau android, jika melalui komputer kita dapat mencarinya langsung tanpa bantuan software lain. Jika menggunakan Android, kita memerlukan bantuan dari Aplikasi Youtube, nah berikut cara mencari video bertype creative common.

Baca: 3 Cara Praktis Mengunduh Video dari Youtube

Setelah masuk ke Youtube, selanjutnya kita mencari video yang kita inginkan, dengan menuliskan kata kunci di kotak pencarian. Setelah hasil dari kata kunci tersebut muncul, jangan langsung memilih video dalam hasil pencarian, karena belum tentu video yang kita pilih merupakan video bertype creative common. Untuk menampilkan hasil dari video bertype creative common, ubah setelan filter pencarian ke creative common (dapat digunakan kembali) lalu pilih terapkan.


Jangan merubah ke pengaturan filter apapun kecuali filter video creative common, dari sini semua video yang muncul di hasil pencarian dapat kita unduh dan kita gunakan kembali. Namun, sekali lagi kita harus mencantumkan link dari sumber video aslinya, guna menghargai pembuat video aslinya.

Bagaimana cara mencari video creative common diatas? mudah bukan? nah, mencari video creative common sebenarnya tidak begitu sulit jika memahami semua menu di Youtube, intinya kita hanya melakukan filter video ke creative common. Demikian semoga postingan mengenai Cara Mencari Video Creative Common di Youtube bermanfaat bagi semua pembaca, terutama bagi pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon