11/12/16

Cara Menggunakan Akun Email Yahoo pada Aplikasi Gmail

Layanan Email Yahoo dan Gmail merupakan sama-sama layanan email terbesar didunia, tidak heran keduanya bisa ditautkan secara bersamaan dalam 1 Aplikasi Email. Artinya Menggunakan 2 Layanan Email sekaligus dalam 1 Aplikasi Email. Teknik ini menggunakan Aplikasi Gmail, karena Gmail mensupport beberapa layanan email lainnya untuk ditautkan dengan akun Gmail kita. Jadi, bukan hanya Yahoomail yang dapat ditautkan, melainkan beberapa layanan email lainnya seperti Outlook, Windowslive milik Microsoft. 

Baca: Cara Menautkan Akun Gmail dengan Yahoo

Kita kembali ke topik, setelah menautkan dua layanan email yang berbeda pada 1 Aplikasi Gmail, langkah selanjutnya yaitu membuat salah satu email menjadi email pengirim default. Dalam arti jika kita mengirim surat kepada orang lain, salah satu email yang kita tautkan baik gmail maupun yahoo akan bertugas sebagai email default. Jika masih bingung saya akan membuat contoh, saya menautkan dua layanan email (Yahoo dan Gmail) dalam 1 Aplikasi Gmail, lalu saya mengatur pengirim defaultnya yaitu Yahoo. Setelah itu saya mengirim surat ke orang lain, penerima akan menerima email dari indra_novian@yahoo.com meskipun saya menerima email masuk di Gmail, jika saya mengirim surat email yang terkirim yaitu menggunakan Akun Yahoo.


Cara Menggunakan Email Yahoo pada Gmail

Ada syarat sebelum kita mengirim email lain menggunakan Gmail. Yaitu menautkan kedua email tersebut lewat Aplikasi Gmail yang kita Instal. Setelah Email ditautkan, Langkah selanjutnya yaitu mengatur Email default pengirimnya pada Aplikasi Gmail, berikut tutorialnya:

1. Buka Aplikasi Gmail, lalu masuk ke menu setelan Email.
2. Pilih Email Gmail yang telah kita tautkan dengan layanan email lainnya.
3. Gulir sampai kebawah sampai menemukan menu akun yang ditautkan, pada alamat default silahkan centang jika ingin mengirim email menggunakan layanan email, atau hilangkan centang jika ingin mengirim email menggunakan layanan gmail.
4. Pergi ke halaman utama aplikasi gmail, email pengirim default akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


5. Jika terlihat demikian maka pengirim default telah berhasil tersetel, silahkan tes dengan mengirim ke email lainnya.

Jika salah satu langkah-langkah diatas tidak ada didalam menu Gmail, ada kemungkinan anda menggunakan aplikasi Gmail yang lama, silahkan memperbarui Gmail ke versi terbaru, ini berdasarkan pengalaman pribadi. Demikian semoga tutorial ini bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon