04/12/16

Ini dia 7 Tips bagi yang sering kehabisan Kuota Internet

Teknologi kini semakin luas, tidak cukup satu informasi saja yang ingin kita dapatkan di internet, namun bisa banyak beragam informasi. Untuk mendapatkan informasi secara cepat, kita cukup mencarinya di internet melalui Google. Kita tinggal mengetik kata kunci yang kita inginkan, minimal mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya di internet. Mengingat itu, mungkin kita sering kehabisan kuota saat melakukan Browsing sana-sini, padahal kita merasa hanya browsing, tidak melakukan streaming bahkan pengunduhan apapun, karena tujuan kita hanya mencari informasi di internet.

Tidak lepas untuk mencari informasi di internet, jika kita tidak mendapatkan informasi yang jelas di internet, kita terus mencarinya sampai ketemu sehingga tanpa kita sadari kita telah melakukan pemuatan halaman yang memakan kuota hingga ratusan Megabyte perhari.

Bagaimana itu terjadi? Faktor yang mempengaruhi pemuatan halaman sehingga menghabiskan banyak kuota tergantung dari isi dari situs yang kita kunjungi, biasanya situs yang menampilkan banyak gambar akan memuat halaman lebih lambat dan memakan banyak kuota hanya untuk gambar, terutama jika banyak gambar berkualitas HD. Banyak cara dilakukan orang untuk menghemat kuota internet namun gagal, tetap saja sehari bisa menghabiskan banyak kuota.

Tips kali ini berlaku untuk semua perangkat, baik itu Android, Laptop, PC ataupun Tablet. Tentunya alat utama yang kita gunakan sebagai internetan, jangan sampai kuota kita habis sia-sia, berikut tipsnya:

1. Non Aktifkan Gambar saat Browsing

Untuk kita yang lebih mengutamakan tulisan daripada gambar, alangkah baiknya kita menonaktifkan gambar agar kita bisa menghemat kuota kita dalam jangka waktu panjang, karena sebagian besar saat kita browsing, kuota lebih banyak terpakai untuk pemuatan gambar daripada tulisan.

Bisa dicontohkan saat kita hanya ingin mencari informasi melalui Google, kita sering menjumpai gambar-gambar yang tidak berkaitan dengan informasi yang kita cari. Dengan cara menghemat kuota, kita bisa menonaktifkan gambar-gambar untuk browsing. Setiap Browser mempunyai mode untuk menonaktifkan gambar saat browsing.

Baca: Cara Menonaktifkan Pemuatan Gambar pada Browser.

2. Mematikan Pemuatan Web Otomatis pada Browser

Mematikan pemuatan web atau istilahnya pramuat web ini bisa kita nonaktifkan secara permanen, biasanya pramuat web akan secara otomatis berjalan saat kita telah keluar dari browser tetapi masih terhubung pada koneksi internet. Dalam hal ini, browser akan secara diam-diam menguras kuota kita sedikit demi sedikit, sehingga kita sendiri pun tidak sadar kuota internet kita terpakai secara tidak sengaja.

Pramuat Web hanya tersedia pada Browser yang mendukung fitur mode desktop. Dalam hal ini pramuat halaman web tidak terjadi pada Browser-browser ringan yang kita jumpai. Untuk menonaktifkan Pramuat halaman web, kita bisa masuk ke pengaturan browser masing-masing, sebagai contoh jika kita menggunakan Android, kita masuk ke menu setelan dan masuk ke Pengelolaan Bandwith.

Baca: Cara Mematikan Pramuat Halaman Web pada Browser.

3. Gunakan Browser Ringan/Mini

Bukan hanya Android yang memiliki Browser ukuran mini, Tablet, PC maupun laptop juga memiliki Browser yang ukuran mini. Jadi, sangat cocok untuk dipakai bagi kita yang sering browsing mencari informasi melalui internet. Karena data yang dimuat oleh browser mini sangat sedikit, pernah saya bandingkan data yang dihemat mencapai 70% dari data asli. Jika disimpulkan kita hanya memuat 30% dari situs yang kita kunjungi.


Untuk memaksimalkan hasil mencari informasi dan lebih menghemat kuota, lihat pada nomor 1, artinya utamakan informasi tulisan daripada melihat Gambar. Kecuali jika ingin melihat gambar untuk informasi tambahan, misalnya area wisata dan sebagainya.

4. Mematikan Internet jika tidak diperlukan

Untuk yang satu ini kita mungkin sudah sering kita lakukan, terutama pada Laptop, yaitu mematikan koneksi internet pada Modem tiap kali selesai menjelajah internet. Sayangnya ini tidak berlaku pada pengguna Android, rata-rata pengguna Android tidak mematikan koneksi data setelah selesai internetan, bahkan ada pengguna yang mengaktifkan data sampai seharian. Tetapi bisa tergantung dari kebutuhan yang ia pakai, misalnya untuk chatting, pemberitahuan email, dan sebagainya.

5. Mematikan Update Otomatis pada Google Playstore

Untuk pengguna Android, pengaturan default dari Playstore yaitu Perbarui Aplikasi secara Otomatis hanya melalui Wifi. Namun sayangnya ada beberapa pengguna yang niatnya ingin berbagi koneksi internet kepada teman, setelah teman kita memakainya, kita melihat data yang digunakan begitu banyak bahkan sampai ratusan megabyte dalam beberapa jam. Pasti kita merasa kebingungan saat kita menanyakan itu kepada teman kita, padahal mereka hanya menggunakannya untuk browsing.

Namun, jika kita perhatikan dengan seksama ada notifikasi memperbarui aplikasi yang muncul pada bar notifikasi Android, itu berasal dari Pengaturan default dari Google Playstore, yang telah diterapkan secara default pada ponsel Android milik teman kita. Tanpa kita sadari ponsel teman kita akan memperbarui aplikasi secara Otomatis. Untuk mengatasi ini, pastikan sebelum menambatkan hotspot pada perangkat lain, pengaturan Playstore telah tersetel pada menu "Jangan Perbarui Aplikasi secara Otomatis".

6. Mengawasi Penggunaan Data Internet

Guna ingin mengetahui berapa jumlah kuota yang telah kita gunakan, yaitu dengan melakukan pengecekan data pada Operator masing-masing. Alangkah baiknya kita memakai data seminimal mungkin, dalam arti jika kita mempunyai sisa kuota 1GB untuk sebulan berarti maksimal kuota yang kita gunakan dalam sehari adalah 35MB.

7. Mematikan Plugin/Javascript pada Browser

Plugin selalu berjalan secara otomatis saat kita tengah mengunjungi sebuah situs web yang kebetulan melampirkan file video pada websitenya. Secara tidak sengaja menemui website yang menjalankan plugin, otomatis kuota data kita akan terpakai sangat banyak mengingat saat melakukan streaming rata-rata data yang kita gunakan lebih dari 5MB dalam waktu beberapa detik, bagaimana dengan berapa jam atapun seharian penuh? tergantung dari kualitas video dan ukuran video yang kita putar.

Solusi untuk menghindari penggunaan data yang berlebihan yaitu dengan menonaktifkan Plugin selagi kita tidak memerlukannya, kebanyakan orang tidak memerlukan plugin. Umumnya jika orang mengunjungi Google, informasi yang ingin mereka tuju yaitu berupa tulisan atau gambar, bukan situs video, kecuali jika melakukan pencarian video Youtube melalui Google.

Penutup
Bukan berarti jika kita telah boros penggunaan data internet harus melakukan tips diatas, namun sangat bermanfaat jika kita mengikuti tips-tips diatas walaupun kita tidak terlalu sering berinternetan, namun mungkin kita pernah butuh kuota internet untuk hal yang sangat penting atau ingin mencari informasi tambahan melalui internet, sedangkan kita mempunyai kuota internet yang sedikit, dalam hal ini semoga itu tidak terjadi pada kedepannya.

Demikian semoga informasi, serta tujuh tips yang saya sampaikan diatas bermanfaat bagi semua pembaca, terutama bagi pemula internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon