10/12/16

Cara Mudah Mengunduh Video dari Facebook

Sebelumnya saya sudah share cara mengunduh Video dari Youtube menggunakan keepvid, savefrom, dan auto generate link pada tutorial sebelumnya. Jadi, kita dapat melakukan pengunduhan video dari Youtube tanpa melalui aplikasi ataupun software lain.


Tutorial kali ini yaitu cara mengunduh Video dari Facebook, mungkin kita sudah sering mengambil gambar dari facebook, karena mengunduh gambar dari facebook sangat mudah, tinggal pilih opsi tampilkan ukuran penuh, lalu tahan gambar dan simpan, berbeda dengan mengunduh video. Pada umumnya video di facebook hanya bisa diputar untuk streaming, bukan didownload. Jadi, ini mirip seperti kita membuka Youtube, kita hanya bisa melakukan streaming pada video tersebut.


Untuk mengunduh video dari Facebook caranya yaitu menggunakan Keepvid, apa itu? Keepvid yaitu situs yang mendukung pengunduhan video gratis pada 28 situs, salah satunya facebook. Jadi, buat kita yang tidak bisa mengunduh video, namun hanya bisa melakukan streaming, maka bisa memanfaatkan keepvid untuk mengunduh video. Untuk kualitas video tidak perlu dipertanyakan lagi, karena bisa tergantung juga dari sang pengupload.

Cara Mengunduh Video dari Facebook

Mengunduh video dari facebook ada dua cara mudahnya, yang pertama menggunakan browser mini/ringan, sedangkan yang kedua menggunakan keepvid. Cara ini sangat mudah karena kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lain pada Android kita. Karena menggunakan Browser mini maupun melalui situs keepvid, kita tidak diributkan untuk menginstal aplikasi tambahan maupun mengconvert video unduhan.

1. Mengunduh Video Facebook Menggunakan Opera Mini

Umumnya browser mini tidak dapat melakukan streaming, karena browser mini mempunyai keterbatasan fitur yang tidak terdapat pada browser-browser biasa seperti menjalankan animasi dan sebagainya. Jadi, browser mini tidak dikhususkan untuk keperluan browsing, namun dibalik keterbatasan itu semua, bukan berarti browser mini tidak dapat melakukan banyak hal seperti mengunduh file dari internet. Kelebihan Browser mini yaitu dapat menghemat kuota hingga 85%, serta dapat mengunduh video yang seharusnya distreaming.

Jadi, ketika kita ingin memutar video streaming menggunakan browser mini, kita akan diarahkan untuk mengunduhnya. Ini merupakan kelebihan yang ada pada browser mini, jadi ketika kita ingin mengunduh video dari facebook kita cukup klik video yang ada di facebook, otomatis kita akan diarahkan ke link download. Bagi yang masih bingung, saya memberikan contoh saya menggunakan browser opera mini untuk mengunduh video dari Facebook. Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan menggunakan uc browser, berikut caranya:

a. Klik Video Facebook yang ingin diunduh, lalu akan diarahkan ke unduhan.
b. Buat Operamini akan ada pilihan unduh, sedangkan buat uc mini akan ada pilihan fast download, silahkan download.
c. Unduhan akan tersimpan didalam folder sdcard/internal, untuk uc browser unduhan berada pada folder UC Downloads.

2. Mengunduh Video Facebook Melalui Situs Keepvid

Jika kita menggunakan Browser Android (misalnya: Bawaan, Chrome) saat masuk kedalam facebook, kita tidak dapat mengunduh video secara langsung di facebook seperti yang dilakukan oleh browser mini, kecuali menggunakan situs pihak ketiga. Sebelum mengikuti cara ini, kita harus mengetahui seperti apa link video facebook, gunanya agar kita tidak salah mengcopy link video nantinya. Begini contoh link video pada facebook:

https://video-sea1-1.xx.fbcdn.net/v/t42.1790-2/15124734_219532811811442_4864267968453804032_n.mp4

Diatas adalah contoh link video dari facebook, intinya link video yang kita copy nantinya harus ada video-sea atau fbcdn.net.Caranya sangat mudah bukan? berikut tutorialnya:

a. Cari video yang akan kita unduh difacebook, lalu klik video tersebut.
b. Sementara video berputar, kita akan melihat url video di facebook, kemudian copy url video yang tertera pada address bar.
c. Setelah url dicopy, tutup videonya, sekarang kita buka situs keepvid.com lalu kita akan memasuki situs keepvid pengunduhan video, dan akan melihat kotak link pada keepvid.


d. Pastekan url video facebook pada kotak yang disediakan oleh keepvid dan klik download.
e. Download Information akan tampil setelah itu kita pilih kualitas video yang ingin kita unduh.


Video yang diunduh akan ditaruh kedalam sdcard, untuk folder letak video yang diunduh tergantung dari browser atau Ponsel Android yang kita gunakan, karena setiap browser atau Perangkat Android mempunyai setting yang berbeda-beda. Tutorial diatas masih bisa digunakan sampai sekarang, jika sudah tidak bisa atau sudah beda, silahkan kontak saya mengenai postingan ini, karena saya akan mengupdate tulisan ini.

Demikian semoga tutorial mengunduh video dari facebook bermanfaat terutama bagi pemula internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon