06/12/16

Cara Menonaktifkan Pemuatan Gambar pada Browser

Suatu informasi di internet kurang lengkap apabila tidak ada gambar, karena gambar merupakan pelengkap informasi. Namun sangat disayangkan, banyak dari hasil pencarian atau situs web yang menyediakan gambar yang tidak relevan dengan tulisannya, misalnya kita mencari tutorial di internet, ternyata tidak ada gambar step by step untuk mempermudah pemahaman kita saat membaca, yang ada hanya gambar sebagai thumbnail saja, itulah mengapa situasi seperti ini lebih baik menonaktifkan pemuatan gambar pada Browser. Beberapa manfaat diantaranya yaitu loading situs web menjadi lebih cepat, tentunya kuota internet kita bisa lebih hemat karena minimnya penggunaan data situs web yang dimuat oleh browser.

Kecuali jika gambar yang dimuat didalam situs web sangat informatif, alangkah baiknya tidak dinonaktifkan, seperti yang saya katakan, gambar merupakan pelengkap sebuah informasi. Sebelum menonaktifkan Gambar, kita harus memperhatikan informasi yang kita cari, apakah informasi yang kita cari memerlukan gambar sebagai pelengkap, sebagai contoh, informasi mengenai tempat wisata. Tanpa gambar, rasanya kurang lengkap sajiannya, walaupun tulisan yang kita baca sangat menarik tanpa adanya gambar, tetap saja berasa tulisan yang kita baca kurang informatif.

Ketika gambar dinonaktifkan, apakah halaman web yang kita muat tetap tertata rapi? Benar, beberapa browser saat pemuatan gambar dinonaktifkan, gambar akan tetap ditampilkan tetapi bukan gambar yang kita muat melainkan kotak berwana seperti dibawah ini.

menonaktifkan pemuatan gambar pada browser

Kotak-kotak diatas adalah sebagai pengganti gambar yang kita nonaktifkan, sehingga tampilan web tetap tertata rapi sama halnya seperti ada gambar yang ditampilkan. Namun, dengan digantinya gambar dengan kotak berwarna seperti diatas kita tidak perlu khawatir memakan banyak kuota, pemuatan gambar berwarna diatas dimuat seperti kita memuat tulisan, jika dirasa loading menjadi lebih cepat bukan?

Hampir semua browser baik browser versi desktop maupun mini menyediakan Fitur Menampilkan gambar atau tidak menampilkan gambar, untuk cara menonaktifkan gambar, berikut tutorialnya:

Menonaktifkan Pemuatan Gambar Pada Browser

1. Buka Browser yang akan kita nonaktifkan pemuatan gambarnya, dalam hal ini saya menggunakan Browser Bawaan yang umum berada pada setiap ponsel Android.
2. Masuk pada Setelan Browser Browser bawaan masing-masing.
3. Cari menu Pengelolaan Bandwith, jika tidak ada, cari menu yang berkaitan dengan Bandwith.
4. Cari menu Muat Gambar/tampilkan gambar, dan hilangkan centang pada pemuatan gambar.


5. Muat Ulang halaman web pada browser, kini gambar telah dinonaktifkan.

Setelah gambar dinonaktifkan, kini pemuatan halaman web menjadi lebih cepat dan menghemat kuota. Untuk mengaktifkan kembali pemuatan gambar pada browser, silahkan ikuti lagkah-langkah diatas untuk menemukan kembali menu pengaktifan pemuatan gambar pada browser.

Demikian informasi yang saya sampaikan, semoga bermanfaat khususnya untuk pemula yang baru belajar mengenai internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon