07/12/16

Cara Mematikan Pramuat Halaman Web pada Browser

Pramuat halaman web yaitu halaman yang dimuat otomatis pada tab-tab browser, selama ada tab-tab yang terbuka pada browser itu, halaman pada tab-tab akan termuat secara otomatis saat kita terhubung di internet, bahkan saat kita sudah keluar dari browser (bukan menutup browser). Jadi, pramuat halaman web seperti halaman yang direfresh ulang tanpa kita ketahui, walaupun layar ponsel telah mati dan kita telah keluar dari browser. Sedangkan Pramuat halaman otomatis tidak akan berjalan jika kita menutup browser. Yaitu dengan menghentikan paksa melalui setelan ponsel android masing-masing.

Namun, menutup akses browser atau menghentikan browser secara paksa hanyalah mematikan pramuat halaman web yang bersifat sementara, artinya halaman akan melakukan pramuat kembali setelah browser dijalankan, untuk menonaktifkan pramuat halaman yang paling ampuh yaitu dengan masuk langsung kedalam pengaturan yang ada pada browser masing-masing.


Kegunaan dari Pramuat Halaman Web
Pramuat halaman web, yaitu sebuah fitur yang memuat halaman web secara otomatis pada browser. Sebenarnya fitur ini sangat berguna saat kita memerlukan informasi terupdate pada tab-tab browser yang kita buka. Secara default, pengaturan pramuat halaman web pada browser bekerja saat terhubung pada jaringan wifi. Kegunaannya tidak lain yaitu melakukan pemuatan halaman secara otomatis, dengan fitur ini saat kita masuk kedalam browser, kita telah mendapatkan pembaruan halaman web tanpa memuat ulang halaman.

Bagi yang ingin mengubah pengaturan default ini silahkan masuk ke Setelan Browser, dalam hal ini saya menggunakana Browser Bawaan. Berikut langkah-langkah menonaktifkan pramuat halaman web:

1. Masuk kedalam Browser yang kita gunakan sekarang, sebagai contoh saya menggunakan browser bawaan.
2. Masuk kedalam setelan browser kita.
3. Cari menu yang berkaitan dengan bandwith, gambar, atau data. Pada Browser bawaan yaitu menu pengelolaan bandwith,seperti pada gambar.


4. Pilih Pramuat halaman web, seperti pada gambar dibawah ini.


5. Silahkan memilih dari tiga pilihan yaitu menonaktifkan (tidak pernah), selalu, atau hanya pada wifi.

Fitur ini secara default yaitu hanya memuat menggunakan wifi, bagi yang ingin menghemat kuota sebaiknya abaikan pengaturan default, namun sebaliknya jika ingin mengubah pengaturan default tetapi masih bingung bisa ikuti langkah-langkah diatas.

Demikian semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat, khususnya bagi pemula internet dan android, Mohon maaf jika ada salah kata, karena penulis pun juga masih pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon