03/12/16

Panduan menggunakan Xender untuk transfer file di Android

Halo, semoga para pembaca sehat selalu, kali ini saya akan membahas mengenai cara transfer file menggunakan xender, baik itu file besar maupun kecil, transfer file akan terasa lebih cepat daripada menggunakan bluetooth, bahkan 60 kali lebih cepat dari bluetooth. Dalam panduan sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai cara transfer file menggunakan Share It.

Baca Panduan Menggunakan Share It untuk mengirim File Besar
Aplikasi Share It juga mempunyai kecepatan transfer file yang sama seperti xender. Menggunakan Share It atau Xender itu sama saja, tergantung dari selera masing-masing.

mengirim file menggunakan xender

Sebelum pengguna android berkembang pesat seperti sekarang ini, dulu jika ingin mengirim file hanya menggunakan bluetooth dan infra merah, tetapi jika mempunyai banyak file yang ingin dikirim ke orang lain, alternatif mengirim cepatnya yaitu menggunakan bantuan dari PC. Caranya dengan menghubungkan kedua ponsel tersebut melalui kabel data dalam mode penyimpanan usb, lalu data dari ponsel pertama dicopy paste pada ponsel kedua.

Pada sekarang ini banyak pengembang aplikasi yang memanfaatkan jaringan wifi dan hotspot sebagai jalan alternatif untuk mengirim file secara cepat, walaupun ukuran file berukuran 2GB sekalipun, waktu yang tempuh rata-rata hanyalah 20 menit. Jika dibagi, hasilnya 100MB dikirim dalam waktu satu menit, mantap kan? Nah, berterima kasihlah kepada para pengembang aplikasi, karena banyak dari keperluan kita dituntaskan melalui aplikasi, salah satunya yaitu keperluan mengirim file. Kini Aplikasi itu dikembangkan pada saat ini dan diberikan nama Xender.

Bagaimana jika teman kita tidak memiliki Xender? Tidak perlu menyuruh teman untuk mendownload Xender, cukup berikan undangan pada teman kita melalui Bluetooth, caranya:

  • Masuk ke Menu Xender
  • Pilih menu Bagikan Aplikasi Ini
  • Lalu pilih menu Bluetooth

Cara ini sangat praktis jika teman kita tidak memiliki Aplikasi Xender. Selain menghemat kuota teman kita, sekaligus kita bisa menghemat waktu.

Berikut Cara menggunakan Xender untuk berkirim file:

Sebelum mengikuti tutorial ini, kita harus memiliki aplikasi Xender yang bisa kita dapatkan di Playstore.

1. Buka Xender lalu akan ada ikon roket berwarna oranye seperti ini.


2. Setelah menekan ikon roket, akan ada menu transfer antar perangkat android, yaitu terima atau kirim. Untuk penerima pilih terima, untuk pengirim pilih kirim.


3. Xender akan mencari penerima yang aktif melalui jaringan Wifi. Jika kita sebagai penerima, kita pilih saja ikon pengirim yang tampil pada layar xender setelah memilih menu terima.


4. Tunggu Proses pengiriman file yang dikirim. Proses pengiriman akan berlangsung sangat cepat, bergantung kepada ukuran file yang kita kirim, kecepatan mengirim dapat mencapai 2MB sampai 3MB per detik.


Nah, seperti itulah cara mengirim file dengan cepat menggunakan Xender, perlu diketahui, Hotspot atau wifi kita akan menyala secara otomatis saat memilih menu kirim/terima, setelah menutup Xender, Hotspot atau Wifi akan mati secara otomatis. Mengapa demikian? karena kita mengirim file melalui jaringan hotspot dan wifi, jadi saat kita ingin mengirim file, kita tidak perlu menyalakan hotspot atau wifi secara manual.

Apakah menggunakan Internet?
Walaupun Hotspot atau wifi dalam keadaan aktif, bukan berarti kita harus mengaktifkan data seluler. Karena Xender berjalan pada lalu lintas nol, artinya kita bisa mengirim file tanpa harus mengaktifkan data seluler. Seperti pada Share It, kita tidak membutuhkan akses ke internet untuk dapat mengirim file, walaupun kita menggunakan wifi dan hotspot untuk berkirim file, tapi tenang saja kita tidak perlu mengaktifkan data seluler. Jika data kita aktif, silahkan matikan untuk menghindari pemakaian oleh perangkat lain.

Demikian Semoga tutorial ini bermanfaat bagi pemula, terutama yang baru belajar internet dan android.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon