01/12/16

Cara Menambatkan Internet Melalui Bluetooth pada Android

Belajar mengenai Internet, kali ini saya akan mengulas tips yaitu berbagi koneksi internet melalui bluetooth yang mungkin tidak banyak dipakai orang. Umumnya kebanyakan orang menggunakan wifi untuk berbagi koneksi internet. Berbagi koneksi internet melalui bluetooth mungkin terlihat asing bagi pemula internet, pasalnya bluetooth umumnya digunakan sebagai alat untuk berbagi file-file seperti musik, foto, dan video, namun apakah bisa digunakan untuk berbagi koneksi internet? Jawabannya bisa. Walaupun berbagi koneksi melalui bluetooth tidak banyak digunakan, tidak ada salahnya untuk belajar, karena ini hanya untuk menambah pengetahuan mengenai internet.


Pada saat ini alat untuk berbagi koneksi yang paling banyak digunakan yaitu melalui wifi, alasannya karena mudah digunakan, hanya dengan beberapa klik pada jaringan yang tersedia, dan juga ada perlindungan password bagi pemilik hotspot, jadi tidak semua orang bisa memakai wifi. Berbeda dengan Bluetooth, karena dua perangkat harus saling terhubung sebelum menghubungkan ke internet. Tidak terlalu sulit untuk menghubungkan dua perangkat Bluetooth, hanya dibutuhkan dua perangkat android yang mengaktifkan bluetooth, lalu menghubungkan antara keduanya.

Berapa Jarak Maksimal untuk tetap terhubung? Sama seperti saat kita berbagi file, foto dan video menggunakan bluetooth. Yaitu batas maksimal untuk tetap terhubung adalah 10 Meter, lebih dari itu koneksi internet pada bluetooth akan terputus secara otomatis. Semakin menjauh antara perangkat yang terhubung, semakin lambat koneksi yang didapatkan, sama halnya dengan menggunakan wifi, jadi, tidak selalu terhubung dari jarak jauh.

Cara Berbagi Koneksi Internet melalui Bluetooth

1. Perangkat pertama (yang membagikan koneksi internet), masuk ke menu penambatan bluetooth. Caranya masuk dulu ke setelan lainnya dan selanjutnya ke Penambatan & Hotspot Portabel, lalu centang penambatan bluetooth.


2. Perangkat kedua (yang menerima koneksi internet), aktifkan bluetooth pada setelan, dan cari perangkat bluetooth yang mempunyai koneksi internet, untuk mempermudah, pasangkan kedua perangkat agar mudah dicari.
3. Masih pada perangkat kedua, Masuk pada setelan perangkat bluetooth yang kita pasangkan, maka akan muncul menu seperti ini.


4. Centang pada menu Gunakan untuk Akses Internet pada perangkat kedua, maka perangkat pertama akan menerima notifikasi otoritas berbagi koneksi internet.
5. Terima/bolehkan otorisasi dari perangkat kedua pada perangkat pertama, dan selamat kini kedua perangkat telah terhubung ke koneksi internet.


Perangkat pertama adalah pusatnya, jadi diibarakan perangkat pertama yaitu sebagai hotspot yang menyiarkan jaringan. Sedangkan perangkat kedua yaitu sebagai wifi yang menerima jaringan internet dari perangkat pertama.

Kecepatan jaringan internet yang disiarkan
Bergantung pada kecepatan jaringan yang dimiliki oleh perangkat pertama, jadi sama halnya seperti hotspot seperti yang saya sebutkan diatas. Bagusnya lagi jika jaringan yang dimiliki oleh perangkat pertama sangat stabil, maka perangkat kedua pun akan menikmati jaringan yang stabil dari perangkat pertama.

Berbagi koneksi menggunakan Bluetooth lebih mudah untuk dipraktekkan di Android, selain android, berbeda caranya atau bahkan caranya bisa lebih sulit dari android. Semoga tutorial diatas tidak mudah dipahami oleh pemula internet, khususnya yang baru belajar menggunakan android, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon