11/12/16

Cara Mudah Mengunduh Foto dan Video dari Instagram

Sosial Media bernama Instagram ini sudah populer dikalangan masyarakat sebagai tempat berbagi gambar dan video online. Seperti sosial media lainnya yang sudah populer yaitu facebook, namun instagram ini hanya sosial media foto dan video saja, tidak bisa membuat status berupa teks, tetapi instagram memberikan fitur berkirim pesan layaknya chatting untuk mempermudah ngobrol bersama teman. Meskipun Instagram hanya sosial media foto dan video saja, ternyata instagram cepat populer dalam waktu singkat. Yang menariknya, instagram dapat dihubungkan ke akun facebook, jadi saat kita mengupload foto dari Instagram, otomatis foto kita akan tertaut ke facebook secara bersamaan.

Tidak hanya itu, Instagram juga bisa memberikan notifikasi teman facebook kita bergabung di Instagram (bagi teman yang login menggunakan facebook). Sehingga kita dapat memfollow teman facebook kita yang ada di instagram secara langsung tanpa mencari nama id instagramnya. Dan teman yang baru bergabung dengan Instagram akan mendapatkan beberapa teman facebooknya yang menggunakan Instagram.

Cara Mengunduh Foto dan Video dari Instagram

Tidak jarang kita menemukan foto-foto atau video unik di instagram, dari teman atau dari komunitas yang kita ikuti, nah mungkin saat kita mengklik pilihan dari menu foto tersebut tidak ada pilihan untuk menyimpan foto tersebut, sehingga dalam benak kita semua foto dan video di instagram tidak dapat diunduh. Berbagai cara dilakukan orang, salah satunya yaitu browsing di Google, dan bisa jadi ada teman yang menyasar kemari dari Pencarian Google.

Mengunduh foto dan video dari Instagram secara langsung saat ini belum tersedia pada Resminya. Cara mendapatkan foto atau video di Instagram yaitu dengan mengakali lewat aplikasi atau situs pihak ketiga. Dalam tutorial ini saya akan menjelaskan dua cara untuk mengunduh foto dan video dari Instagram, berikut caranya:

1. Unduh Menggunakan Instasave


Sedikit informasi mengenai instasave, Yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh foto dan video dari Instagram. Nama Instasave sendiri diambil dari setengah dari nama instagram, yaitu Insta, jadi aplikasi ini seolah-olah dikhususkan hanya untuk mengunduh foto dan video dari Instagram. Menggunakannya tidak begitu sulit, caranya sangat mudah berikut caranya:

a. Unduh Aplikasi Instasave resmi dari Google Playstore, instasave berukuran dibawah 5 MB, tergantung dari versi Instasave dari waktu ke waktu.
b. Setelah diunduh dan dipasang, silahkan buka aplikasi instasave, kita akan melihat kotak link pada aplikasi instagram.
c. Buka Instagram, cari foto yang akan kita unduh.
d. Pada Foto yang akan kita unduh, silahkan buka menu (titik tiga) pada foto tersebut, lalu copy url fotonya.


e. Kemudian Buka Instasave, Setelah url foto dari Instagram kita copy, maka secara otomatis Instasave akan mencari membuat link download foto yang kita copy, jika tidak muncul maka pastekan url secara manual.
f. Unduh Foto atau video yang telah ditampilkan oleh Instasave.


2. Menggunakan Situs Keepvid

Keepvid yaitu situs pengunduhan video yang support untuk 28 situs pada daftar situs yang ditampilkan keepvid salah satunya yaitu Instagram. Jadi pada keepvid ini, kita hanya bisa mengunduh video yang ada di Instagram tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, untuk mengunduh foto, gunakan Instasave seperti yang sudah saya jelaskan pada poin diatas. Berikut tutorial menggunakan keepvid untuk mengunduh video dari Instagram:

a. Buka Instagram, cari video yang ingin kita unduh pada Instagram.
b. Setelah menemukan videonya, buka menu yang terdapat pada video tersebut, lalu copy url videonya.
c. Masuk ke keepvid.com kita akan menemukan kotak link pada halaman utama keepvid.


d. Pastekan link video Instagram pada kotak link yang disediakan oleh keepvid, dan klik download.
e. Silahkan unduh video yang telah digenerate oleh keepvid.

3. Screenshot Layar Ponsel Android

Khusus untuk mengambil foto, jalan pintas bagi kita yang tidak mempunyai kuota banyak untuk mengunduh foto dari Instagram, kita bisa menggunakan alternatif lain tanpa memakan kuota yang banyak. Yaitu dengan mengscreenshot foto yang ingin kita unduh, setiap ponsel Android umumnya mempunyai cara yang berbeda-beda untuk mengambil screenshot. Cara ini sangat mudah, sayangnya gambar yang kita dapatkan tidak full resolusi dikarenakan kita hanya menangkap gambar sesuai pada ukuran layar Ponsel Android kita, berikut cara mengscreenshot:

a. Masuk ke Instagram, cari foto yang akan kita unduh.
b. Setelah menemukan foto yang kita cari, umumnya tahan power + volume down, tiap-tiap ponsel android mempunyai cara yang berbeda-beda.
c. Screenshot akan terambil dan disimpan pada sdcard, jangan lupa cut gambar yang telah kita dapatkan agar tampak seperti foto asli.


Nah itulah 3 cara untuk mendapatkan foto atau video dari Instagram, walaupun Instagram belum memberikan fitur simpan foti atau video secara offline seperti yang terdapat pada Youtube, saya yakin pasti kedepannya fitur ini akan ditampilkan pada Aplikasi Resmi di Instagram.

Pada 3 Cara diatas, mungkin ada yang ingin bertanya-tanya mengenai tulisan ini, saya akan menjawab pertanyaan para pembaca. Demikian semoga tutorial ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon