15/01/17

Cara Convert Video Youtube ke Format Mp3

Cara convert video Youtube ke format mp3 mungkin sudah banyak bertebaran di Internet, namun saya akan menjelaskan tutorial versi saya sendiri. Memang langkah-langkahnya hampir sama, tapi saya jamin tutorial yang saya sampaikan ini tidak ribet dan mudah dimengerti. Oke, convert video menjadi format mp3 artinya kita mengubah file video menjadi file musik, file video ini biasanya berformat mp4, 3gp, flv dan sebagainya, sedangkan file musik yang kita kenal adalah format mp3.

Ada dua langkah mengconvert video youtube menjadi format musik mp3 versi saya, yaitu metode convert langsung dan metode convert manual. Metode convert langsung yaitu metode mengunduh video youtube langsung menjadi mp3, sedangkan metode convert manual yaitu metode mengunduh video youtube terlebih dahulu kemudian kita mengconvertnya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat memilih salah satu dari kedua metode ini, tergantung selera masing-masing.


Metode Convert Video Youtube Langsung

Metode convert ini menggunakan bantuan situs atau layanan generate link, salah satunya yaitu autogeneratelink.com, situs ini merupakan situs favorit saya ketika saya ingin mengunduh video dari youtube, karena prosesnya tidak cukup rumit ketika ingin mengunduh video youtube, cukup beberapa klik dan video akan terunduh. Autogenerate link juga menyediakan beberapa pilihan format file, nah sangat cocok bagi yang ingin memilih video youtube ke format yang diinginkan, berikut langkah-langkah mengconvert video secara langsung menggunakan auto generate link:

1. Buka Youtube dan cari video yang ingin didownload, jika sudah ketemu silahkan copy link videonya.
2. Kemudian buka autogeneratelink.com, pastekan link video yang telah kita copykan dan klik generate.
3. Sekarang muncul beberapa pilihan format dan ukuran video, karena kita akan mengconvert video menjadi format musik, jadi pilih format mp3.

Convert video langsung telah berhasil, cara ini sangat efektif tanpa harus mengunduh video aslinya, jadi bisa lebih menghemat waktu luang. Namun, jika ingin mengunduh video aslinya juga, kita dapat mengulangi tutorial diatas dan langkah ketiga kita memilih format mp4 atau 3gp.

Metode Convert Video Youtube Secara Manual

Metode selanjutnya yaitu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga dan mengharuskan kita untuk mengunduh video aslinya terlebih dahulu, langkah convertnya yaitu menggunakan bantuan aplikasi mp3 video converter, aplikasinya dapat kita unduh melalui Google Play Store. Aplikasi ini juga salah satu favorit saya untuk mengconvert video menjadi mp3. Berikut langkah-langkah mengconvert video ke mp3:

1. Pasang Aplikasi Mp3 Video Converter, dapat kita unduh melalui Google Playstore, setelah terpasang lalu buka aplikasinya.
2. Cari Video yang ingin kita convert, pada menu video yang akan kita convert, ganti format aac menjadi mp3.


3. Terakhir Klik Convert, tunggu sampai proses convert selesai, hasil convert akan tersimpan di folder Musik.

Proses convert bisa berlangsung lama tergantung dari ukuran dan durasi video tersebut. Semakin panjang ukuran dan durasi file video, maka proses convert juga semakin lama.

Nah, itulah cara mudah mengconvert video youtube melalui dua metode mudah versi saya sendiri. Sebenarnya masih banyak layanan situs atau aplikasi untuk mengconvert video menjadi mp3. Demikian semoga Cara Convert Video Youtube ke Format Mp3 bermanfaat bagi pembaca terutama untuk pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon