14/01/17

Cara Membuat Thumbnail Khusus untuk Video Youtube

Membuat Thumbnail untuk video Youtube dapat menarik viewer untuk menonton video kita, percaya atau tidak thumbnail dan judul video merupakan pandangan pertama yang dituju oleh viewer. Thumbnail secara tidak langsung memberitahu para viewer bahwa video itu menarik. Tapi, membuat thumbnail tidak sembarangan thumbnail, kita harus mencocokkan gambar thumbnail dengan video aslinya.

Tidak sedikit viewer yang bingung, kecewa lalu pergi karena awalnya ia melihat thumbnail yang menarik, tapi setelah video dibuka, ternyata video yang diputar tidak sebagus thumbnail yang ditampilkan atau tidak sesuai dengan gambar yang tertera di thumbnail, akhirnya pengunjung menjadi tidak betah. Jika banyak yang tidak betah, berarti dalam catatan youtube analytics rata-rata durasi tonton mereka pendek.

Cara Membuat Thumbnail Khusus untuk Video Youtube

Membuat thumbnail dapat dilakukan melalui PC maupun Android, sebenarnya membuat gambar thumbnail dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Tapi, thumbnail harus sesuai dengan video yang akan kita upload, jika tidak, viewer mungkin akan langsung melompati video anda.

Pertama, siapkan aplikasi foto editor baik pc maupun android, setelah itu instal pada pc atau android. Untuk Android Aplikasi Foto Editor dapat diunduh melalui Google Play Store. Kedua, buatlah thumbnail yang sesuai dengan tema video, atau jika bingung menyesuaikan thumbnail, tips dari saya yaitu mengscreenshot video kita saat tengah diputar. Jadi, ditengah-tengah video diputar, screenshot gambar tersebut lalu jadikan sebagai thumbnail, pilihlah gambar yang dapat menarik perhatian penonton.

Langkah selanjutnya yaitu mengedit gambar screenshot yang telah kita dapatkan, agar video kita terlihat berkualitas, jangan lupa memberikan tulisan judul pada thumbnail dan sertakan juga nama channel youtube kita.

Setelah mengedit gambar thumbnail, langkah selanjutnya yaitu mengupload gambar thumbnail beserta video kita. Untuk mengupload thumbnail dapat dilakukan setelah proses upload selesai.

Cara Mengunggah Thumbnail via Desktop/PC/Android

Setelah proses upload video selesai kita akan diberikan pilihan 3 thumbnail secara otomatis, jika ingin selain dari 3 pilihan itu, kita dapat mengunggah thumbnail kustom, caranya pilih menu thumbnail kustom, lalu pilih file thumbnail yang baru saja dibuat melalui foto editor, lalu pilih simpan perubahan.


Mengunggah thumbnail khusus, dapat dilakukan melalui PC maupun Android. Namun jika mengunggah lewat Android, anda harus masuk ke tampilan desktop untuk mengubah thumbnail caranya dengan membuka menu browser yang kita pakai masing-masing, dalam hal ini saya menggunakan browser bawaan android, setelah itu mencentang menu minta situs desktop.

Sekarang Android kita sudah masuk ke tampilan desktop, silahkan upload thumbnail untuk video yang telah diupload. Caranya masuk ke pengelola video, dan pilih edit, lalu pilih unggah thumbnail kustom. Setelah selesai mengupload thumbnail, pilih simpan perubahan. Untuk mengecek thumbnail apakah tampil atau tidak, dapat melalui menu pengelola video, dan lihat video yang baru saja diubah thumbnailnya.

Catatan: Jika pilihan thumbnail kustom tidak terdapat di menu pengunggahan, berarti anda belum memverifikasi channel. Karena fitur ini akan diberikan setelah akun channel diverifikasi. Cara verifikasinya, silahkan masuk ke menu channel saya, pilih pengelola video dan pilih channel status dan fitur, lalu pilih verifikasi. Gunakan nomor ponsel untuk verifikasi akun.

Keuntungan Memakai Thumbnail Custom/Khusus sangat banyak, salah satunya yaitu mempercantik video kita jika ditampilkan di mesin pencari youtube. Demikian semoga tutorial yang saya tulis bermanfaat bagi youtuber pemula, semoga sukses.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon