19/01/17

Mengatasi BBM Lama Terkoneksi, Terus Menyambungkan

BBM lama terkoneksi atau terus menyambungkan bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor utamanya adalah jaringan internet. Tapi, ada juga yang sinyal bagus, internet lancar, namun BBM tetap menyambungkan alias tidak mau terhubung. Faktor seperti ini sudah banyak yang mengalaminya termasuk saya sendiri, dan pada akhirnya saya menemukan solusi untuk masalah BBM yang terus menyambungkan berdasarkan pengalaman.


Biasanya ada yang menyarankan untuk memperbarui BBM, karena versinya sudah kadaluarsa sehingga layanan BBM menjadi lemot. Menurut saya, itu semua tidak ada hubungannya dengan pembaruan BBM. Justru pembaruan itu sendiri berfungsi untuk penambahan fitur-fitur baru BBM, bukan faktor penyebab BBM menjadi lemot jika tidak diperbarui.

BBM yang lama terkoneksi selain karena jaringan, hal itu juga bisa karena faktor kinerja ponsel. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa BBM saya menyambungkan terus padahal koneksi dan sinyal saat ini bagus? Nah, jika anda menemukan masalah seperti ini, cara mengatasinya sangat mudah. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah BBM menyambungkan, berikut caranya:

1. Menghapus Recents App BBM

Solusi pertama yaitu menghapus recents app BBM, setiap ponsel pintar mempunyai cara yang berbeda-beda untuk masuk ke recents app, ada yang menahan tombol home, ada yang menahan tombol menu, ada juga yang menekan tombol home dua kali, tergantung dari ponsel itu sendiri.


Silahkan masuk ke menu recents app, cari aplikasi BBM kemudian hapus recents tersebut, cukup menggeser aplikasi. Setelah itu silahkan buka kembali Aplikasi BBM, apakah masih menyambungkan? jika masih tetap sama silahkan lanjut ke point kedua.

2. Hapus Recents dan Paksa Berhenti App BBM

Point kedua ini sangat ampuh untuk mengatasi masalah BBM menyambungkan, pasalnya saya sering menggunakan cara ini dan berhasil. Yaitu menghapus recents dan paksa berhenti aplikasi BBM lewat settings. Bagi yang masih pemula menggunakan Android, saya akan memberikan penjelasannya. Paksa berhenti app BBM merupakan pemberhentian layanan BBM untuk sementara, jadi jangan khawatir kehilangan data karena memaksa berhenti app BBM.


Suatu aplikasi yang dipaksa berhenti akan kembali normal jika dibuka kembali atau dorongan aplikasi lainnya. Setelah menghapus recents app BBM selanjutnya yaitu memaksa berhenti app BBM, caranya dengan masuk ke Settings, lalu masuk ke menu Aplikasi, pilih BBM dan paksa berhenti. Lalu coba buka App BBM, apakah sudah tidak menyambungkan lagi? langkah ini menurut saya ampuh untuk mengatasi masalah BBM menyambungkan, karena sudah saya coba.

3. Merestart/Mulai Ulang Ponsel Android

Jika masalah masih tetap menyambungkan, solusi terakhir adalah merestart ponsel Android. Kenapa harus direstart? Ya, karena kita tidak tahu itu masalah pada jaringan atau kinerja ponsel. Bisa jadi Layanan BBM anda terus menyambungkan disebabkan oleh kinerja ponsel anda. Nah, jalan terakhir untuk mengatasi ini adalah merestart ponsel anda.

Setelah Ponsel direstart, coba buka App BBM, jika berhasil maka selamat, Layanan BBM telah beroperasi kembali/terhubung.

Untuk pemula disarankan untuk tidak memperbarui BBM karena masalah seperti ini, kecuali untuk penambahan fitur. Sekali lagi, karena masalah ini tidak ada hubungannya dengan pembaruan atau menggunakan versi BBM yang lawas.

Tutorial ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, dan sudah saya coba pada ponsel Android saya dan berhasil. Demikian, Semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi pemula, khususnya yang baru belajar android.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon