08/01/17

Cara Mengembalikan Channel Youtube yang terkena Suspend

Channel disuspend diakibatkan masalah pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna. Tidak sedikit orang yang terkena suspend karena melanggar kebijakan konten, misalnya mengupload ulang video atau bagian konten orang lain (backsound) tanpa izin sehingga terkena klaim hak cipta. Nah, biasanya si reuploader melakukan ini karena tidak sengaja, namun ada juga yang sengaja dengan tujuan mendapatkan banyak view secara cepat yang selanjutnya video itu dimonetisasi untuk mendapatkan uang. Padahal reupload video orang lain tanpa izin tanpa mencantumkan sumber merupakan pelanggaran hak cipta, jika dilakukan secara terus menerus hal ini tidak akan memunculkan karya kreatif.

Boleh-boleh saja reupload, tapi reupload yang baik adalah dengan meminta izin terlebih dahulu atau menyertakan sumber video aslinya, jika suatu saat pemilik konten menemukan kontennya diupload ulang tanpa izin, mereka akan melaporkan channel itu dan akhirnya disuspend. Ya, sia-sia saja usaha kita selama ini mengelola channel setelah sekian lama.

Tanda-tanda Channel Youtube Terkena Suspend

Setelah mengupload banyak video sampai menghabiskan banyak kuota, jika channel kita disuspend, kita tidak mendapatkan apa-apa lagi, rugi banget kan. Berikut ada beberapa tanda channel disuspend:

1. Saat Membuka Channel Youtube Melalui tampilan Desktop, ada gambar sekumpulan tv dan lansiran merah di channel, menandakan channel telah suspend.


1. Saat membuka Youtube melalui Aplikasi Youtube Android, akan muncul peringatan "tindakan ini tidak diizinkan" atau "harap login untuk menyelesaikan tindakan ini".


Setelah mengetahui tanda-tanda diatas, kemungkinan kita sudah mendapatkan email suspend yang dikirim oleh pihak Youtube. Bagi pemula, mungkin akan bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi channel tersuspend?

Cara Mengembalikan Channel Yang Tersuspend

Menjawab Pertanyaan mengenai channel yang disuspend, mengapa sebuah channel disuspend secara tiba-tiba, bahkan channel sudah mempunyai mempunyai video original?

Pertama, Jika kita terkena suspend, jangan panik, kenali dulu apa penyebabnya, yaitu dengan mengingat kesalahan yang pernah kita lakukan selama mengelola channel.

Kedua, Jika yakin kita tidak pernah melakukan kesalahan silahkan Ajukan Banding, jika diterima maka selamat Channel sudah dapat diakses kembali.

Cara mengajukan banding yaitu dengan membuka email suspend yang kita terima, paling bawah akan ada link ajukan banding. Silahkan klik ajukan banding, menurut informasi, balasan banding bisa memakan waktu hingga berhari-hari tergantung dari antrian. Silahkan tunggu hingga mendapatkan balasan email diterima atau ditolaknya pengajuan banding kita. Agar pengajuan banding kita diterima, saya sarankan buatlah kata-kata yang jujur sejujur-jujurnya serta kata-kata penyesalan, misalnya saya tidak akan mengulanginya lagi.

Baik Channel yang belum pernah terkena suspend ataupun sudah kembali dari pengajuan banding. Yuk kita perhatikan channel kita agar tidak terkena suspend, kita tidak tahu channel kita melakukan pelanggaran ataupun tidak. Penilaian Robot Google sangatlah canggih, sedikit kesalahan kita pasti akan terdeteksi, jika menemukan kesalahan di channel, akun kita mungkin akan dinonaktifkan, yang paling parah kita tidak diperbolehkan membuat akun google baru lagi jika terdeteksi spam pada ip dan informasi akun.

Nah, berikut tips yang saya berikan agar channel youtube, serta akun google kita aman dari banned:

Cara Aman Agar Channel Tidak Tersuspend

1. Cek Menu Notifikasi Hak Cipta

Apakah kita mengupload konten orang lain, misalnya kita menggunakan backsound hak cipta atau menggunakan video slide hasil dari googling? Jika iya, silahkan hapus konten tersebut, karena jika mendapatkan notifikasi hak cipta, channel kita mendapatkan reputasi yang tidak baik, kalaupun diizinkan oleh pemilik konten, mereka akan memonetisasi video hak cipta tersebut, penghasilan pun akan masuk ke pemilik hak cipta.

2. Cek Semua Video Apakah ada konten yang melanggar kebijakan?

Konten yang tidak diperbolehkan oleh youtube adalah konten kasar, konten p3lecehan, dan Konten Hak cipta (milik orang lain). Jika menemukan konten yang anda yakin itu melanggar, hapus konten tersebut agar akun aman dari pelanggaran.

3. Buatlah Video Original

Ya, Ini merupakan persyaratan layanan youtube yang mengharuskan kita memiliki konten asli. Konten yang kita upload haruslah 100% konten asli, jika video kita ada bagian dari konten milik orang lain misalnya backsound, kita harus mendapatkan izin dari pemilik atau kita bisa menggantinya dengan backsound bebas hak cipta yang disediakan oleh Youtube tanpa upload ulang, bahkan kita juga dapat memonetisasinya. Selain itu konten kita juga akan dicap sebagai konten original. Konten Original tidak akan mudah terkena suspend, sehingga channel kita bertahan lama.

4. Buatlah Awal Pembukaan Video

Agar Video kita tidak mudah disebarkan tanpa izin, buatlah awal pembukaan video sebelum video asli diputar, misalnya selamat datang di channel blabla. Awal Pembukaan Video juga dapat membuktikan bahwa video yang kita upload benar-benar original milik kita, sehingga channel kita dapat bertahan lebih lama dan tidak akan mudah disuspend.

5. Pengajuan Banding Content ID

Terakhir, Jika channel kita sudah layak Content ID segera ajukan, langkah ini bukan hanya melindungi konten anda dari para reuploader, namun sekaligus mempertahankan channel dari suspend. Ya, karena Content ID merupakan pembuktian pemilik konten resmi, jadi wajar saja channel dengan Content ID yang aktif tidak akan terkena suspend. Tapi, Mengajukan Content ID tidak semudah apa yang dibayangkan, karena ada syarat tertentu untuk mengaktifkannya, sekaligus membuktikan kita pemilik konten asli.

Itulah tips-tips yang bisa saya berikan, semuanya berdasarkan informasi yang saya dapatkan sekaligus bagian dari pengalaman saya mempertahankan akun dari suspend. Mengembalikan Channel yang tersuspend meskipun hanya mengajukan banding, kelihatannya sangat mudah, tapi keputusan channel kita kembali tidaknya ada pada pihak Youtube.

Sistem Youtube sangat canggih, sebagian sistemnya menggunakan robot hasilnya akan dipantau oleh manusia, karena itu setiap pelanggaran akan ketahuan juga cepat ataupun lambat. Demikian semoga postingan Cara Mengembalikan Channel Youtube yang terkena Suspend ini bermanfaat bagi pemula.

Artikel Terkait

11 komentar

Gan kalo 1 komputer atau laptop kita pakai berbanyak sama teman2 misalnya atau di warnet untuk login beda gmail untuk bermain youtube/ google apakah akan berdampak kena suspend??

aman-aman aja, selama 1 komputer itu tidak pernah melakukan pelanggaran,, semua akun aman kok

Melakikan pelanggaran dengan sengaja sie gak,, tapi sempat pernah kena suspend seperti yang rame2 belakangan ini,,apakah upload ulang video yg sudah kita uploadbdi channel sebelumnya akan berdampak kena suspen juga?? Ato harus kita edit ulang video hasil rekaman aslinya byar lebih aman??

tanpa edit juga tidak apa-apa, tapi sebaiknya gunakan perangkat lain buat mengupload, karena rata-rata akun di perangkat yang sudah terkena suspend akan kena lagi meskipun buat akun baru diperangkat yang sama.

Thanks infonya gan,,, terus berkarya dan berbagi, sukses buat agan dan indonesian adsense,,

Gan saya kena suspend 30 hari apa itu sebaik nya channel sya harus hapus atau saya buat channel ulang lagi ? Soal nya saya bingung Monetisasi di adsense saya di nonaktifkan

Sekian terima kasih gan

Ajuin banding aja gan, via email atau kalo gak ada link banding bisa kunjungi support google

Gan saya unggah video smule sama band kotak itu kan hak cipta saya tapi katanya itu hak milik orang lain,trus saya buat video sama temen tp katanya itu hal milik orang lain ... Gimana kalo hasil buatan sendiri diakui orang lain ???
Sekarang akun saya malah keluar tulisan TINDAKAN INI TIDAK DIIZINKAN

hak cipta itu menyangkut karya orang lain yang ada di video agan.

Sangat bermanfaat sekeli... makasj banyak... tpi saya masih heran knp semua video saya dollarnya kuning.. padahal awal upload hijau...
Skrg setiap upload baru langsung kuning... adakah solusinya???..

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon