30/01/17

Mengapa Penghasilan Youtube Indonesia sangat kecil?

Saat ini youtube tidak hanya komunitas video terbesar yang ada di internet, tetapi youtube juga sekaligus membuka peluang usaha untuk menghasilkan uang dari internet dengan cara memasang iklan di video. Salah satunya yaitu iklan adsense, kita akan dibayar oleh Youtube untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung, dan setiap 1000 iklan yang tayang walaupun tidak diklik. Walaupun terlihat sangat mudah intinya tinggal pasang iklan dan menunggu hasil, banyak Youtuber yang menunggu lama untuk Payout karena minimal pendapatan untuk dicairkan adalah $100 ditambah pendapatan perharinya sangat sedikit. Banyak orang yang harus berusaha selama satu tahun untuk mendapatkan gaji pertama dari Youtube.

Mengapa selama itu? karena sebagai penayang iklan di Indonesia,  pendapatan kita sangat rendah sekali dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat. Pertanyaan ini seringkali muncul di forum-forum adsense, atau bahkan ada yang memposting pendapatannya selama 28 hari terakhir yang hanya mendapatkan recehan saja. Sehingga tidak sedikit orang yang mengakalinya dengan membuat Channel luar negeri yang ditargetkan untuk negara tertentu, alasannya untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi, karena negara yang ditargetkan mempunyai biaya perklik/CPC tinggi bahkan sepuluh kali lipat dibandingkan CPC iklan Adsense Youtube Indonesia.


Mengapa Penghasilan Youtube Indonesia sangat kecil?

Penghasilan iklan yang ditampilkan di Youtube sangat bergantung kepada banyaknya penonton video, pengeklik iklan dan biaya perklik iklan. Umumnya yang menjadikan kecilnya penghasilan Youtube Indonesia adalah biaya perklik iklan/CPC, namun siapa yang menentukan biaya perklik iklan? tentu saja si pemasang iklan. Ya, jika bukan mereka namun siapa lagi? Mungkin kita pernah melihat biaya perklik/CPC iklan luar negeri sangat tinggi bahkan berlipat ganda dari CPC Indonesia. Faktor umumnya adalah tingkat persaingan pemasangan iklan, semakin banyak persaingan semakin tinggi biaya perklik iklan/CPC. Ya, Google Adsense akan menampilkan iklan milik pengiklan yang berani menawar tinggi, jadi penawar tertinggilah yang akan ditampilkan iklannya di Website atau di Channel Youtube kita.

Jika kita sedang bermain Adsense Youtube Indonesia, mungkin kita akan melihat betapa kecilnya biaya perklik/CPC Indonesia, itu semua disebabkan tingkat persaingan pengiklan Indonesia sangat rendah. Rata-rata pengiklan Indonesia lebih memilih menampilkan Iklannya di Saluran Televisi daripada beriklan di Google. Selain itu, teknologi yang ada di Indonesia tergolong masih baru, tidak seperti negara-negara lainnya yang serba teknologi sehingga banyak orang Indonesia yang rela membuat video dan channel Youtube yang ditargetkan ke luar negeri demi mendapatkan CPC Iklan yang tinggi. Jadi kesimpulannya, tingkat persaingan yang rendah itulah yang menjadi penyebab CPC rendah di Indonesia dan menjadikan penghasilan Youtube Indonesia sangat kecil.

Sedikit Tips untuk Youtuber Indonesia

Meskipun Indonesia adalah negara dengan CPC terendah, tetapi sudah banyak yang meraih kesuksesan menghasilkan jutaan rupiah dengan Channel Indonesia. Pertama, memfokuskan untuk membuat konten video. Saya yakin orang yang lebih fokus ke konten ketimbang earning akan lebih sukses meraih penghasilan, itu karena ia tidak terlalu peduli dengan earning yang kecil dan lebih fokus ke konten, sehingga dari waktu ke waktu videonya menjadi populer di Youtube, kalau sudah populer berarti video tersebut mempunyai banyak peluang untuk menghasilkan uang.

Kedua, menjadikan youtube sebagai hobby, bukan pekerjaan. Nah, jika seseorang sudah hobby pasti tidak akan memandang resiko menjadi Youtuber, yang penting ia senang dengan apa yang dikerjakannya. Kalau sudah menjadi hobby, mungkin akan rajin membuat dan mengupload video di Youtube. Jika kebetulan ia mengupload video yang sesuai dengan apa yang dicari pengiklan, mungkin akan mendapatkan biaya perklik iklan yang tinggi.

Sedikit saran untuk para Youtuber, buatlah konten yang sedang trend untuk para pemasang iklan. Apa itu konten trend? yaitu konten yang sedang dicari oleh para pemasang iklan untuk promosi. Misalnya konten wisata, nantinya akan ada iklan penginapan terdekat/villa/hotel ditempat wisata tersebut, jadi, konten trend itu seperti info tempat wisata.

Demikian semoga ulasan yang saya bahas mengenai Mengapa Penghasilan Youtube Indonesia sangat kecil? menjawab pertanyaan anda dan semoga bermanfaat khususnya untuk pemula.

Artikel Terkait

7 komentar

11.324 menit
5.631 vieww dikasih receh
IDR 9.139,94



Gimana mau sejahtera yutuber indonesia :(

mending.saya 5900 viewers hanya dapat $0,10

Menyedihkan CPC saya cuma di hargai 59 perak... lama lama juga males, bikin konten perlu waktu tenaga dan biaya tapi hasilnya nggak ada harganya.

aku viewer 100rbu dpt 20$ niche tentang pipa

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon