02/01/17

Tips Berbagi Video Youtube Agar Mendapatkan Banyak Viewer

Setelah Mengupload Beberapa video di Youtube, langkah selanjutnya adalah mencari penonton/viewer, tanpa viewer, video kita rasanya sepi  pengunjung. Mencari viewer bukanlah hal yang mudah, terutama mencari viewer secara manual yang dilakukan dengan cara mengshare video di sosial media, salah satunya melalui status di sosial media. Nah, melalui status bisa kemungkinan video kita akan dilihat oleh banyak orang, itupun jika kita mempunyai pengikut/teman yang banyak.



Bagi yang mempunyai sedikit teman di sosmed, jangan berkecil hati, sobat bisa mendapatkan viewer melalui share di grup, pages, komentar dan sebagainya. Atau bisa mencari viewer secara otomatis, dengan cara mengoptimalkan video agar muncul di pencarian Youtube. Mengoptimasi video Youtube bukanlah hal yang sulit, bahkan lebih mudah mendapatkan viewer secara cepat daripada mencari viewer secara manual.

Jadi, saat mendapatkan viewer secara otomatis, sobat tidak perlu capek-capek mengshare video di manapun, karena viewer akan datang secara otomatis melalui sumber pencarian dan rekomendasi video. Menurut yang saya perhatikan, mendapatkan viewer yang paling banyak adalah melalui rekomendasi video, caranya cukup mudah, cukup membuat video terkait dengan video lainnya. Jika beruntung video kita akan direkomendasikan di video orang lain.

Ini bukan hal yang susah kok, karena saat ini video yang terkait dengan video yang kita buat hampir semuanya ada, jadi saat kita membuat video tentang penampakan hantu, kemungkinan video kita akan direkomendasikan oleh video orang lain yang bertemakan penampakan hantu juga.

Nah, untuk mendapatkan viewer secara otomatis tidak perlu diperpanjang lebar, karena caranya sudah umum diketahui banyak orang, umumnya yaitu menambahkan kata kunci target di deskripsi, tag, dan judul video. Namun, jika kita pemula tidak perlu melakukan hal itu, karena itu sangat berlebihan menurut Youtube. Namun bagaimana caranya? caranya yaitu dengan membuat video berkualitas dan menarik, dengan begitu viewer akan datang dengan sendirinya melalui sumber rekomendasi atau pencarian Youtube, bahkan tanpa kita optimasi terlebih dahulu videonya, video kita akan mendapatkan viewer yang banyak jika kebetulan video kita bagus menurut para penonton, mereka akan menonton dengan rata-rata durasi yang lama diatas 5 menit.

Cara Mendapatkan Viewer Youtube dengan Share Link Video

Yang harus sobat lakukan ketika akan share video adalah mendapatkan link url video yang mengarah ke video youtube sobat. Caranya, cari dan masuk ke salah satu video youtube sobat yang akan dishare, dapat melalui aplikasi atau browser. Untuk Browser, silahkan ambil link video youtube di address bar, sedangkan jika menggunakan aplikasi silahkan ambil link video melalui ikon panah seperti gambar berikut.


Kemudian pilih salin url, dari sini sobat sudah mendapatkan link url video youtube sobat. Langkah selanjutnya sekarang adalah membagikan url video melalui sosial media. Berikut akan saya kasih referensi cara mendapatkan banyak viewer melalui jalur online (via sosial media) dan offline.

1. Share link video di Grup yang mempunyai banyak anggota

Bukan tidak mungkin mendapatkan banyak viewer, jika pengguna grup mempunyai banyak pengguna aktif, apalagi jika video youtube kita sesuai topik yang dibahas didalam grup, saya yakin video anda akan ditonton oleh banyak orang. Misalnya sobat bergabung dengan grup tutorial internet, di grup tersebut banyak membahas mengenai tutorial internet, nah jika kebetulan sobat mempunyai video mengenai tutorial internet, nah, itu sangat pas dengan minat anggota grup, jadi sobat dapat share url link video youtube sobat, video sobat kemungkinan akan ditonton oleh banyak orang karena sesuai dengan topik grup yang dibahas.

Bagaimana cara mengshare videonya? sebelumnya sobat harus sudah menyalin url video sobat seperti yang saya jelaskan sebelumnya, lalu buatlah postingan di grup tersebut dengan menyertakan url video sobat. Jangan lupa berikan kata-kata menarik agar pengguna aktif digrup tertarik menonton video youtube anda. Selanjutnya lihat berapa viewer yang mulai melihat video anda melalui statistik penonton youtube.

Baca: Cara Melihat Statistik penonton Youtube kita

Jika berhasil, sobat dapat mempostingkan link video lainnya di lain waktu, agar terhindar dari spam. Minimal posting di grup-grup yang berbeda, jangan lupa jeda waktu untuk posting, misalnya 5 menit sekali, jangan bertubi-tubi posting 10 link sekaligus, karena dapat menimbulkan spam yang berakibat link video youtube kita diblokir.

2. Share link video di komentar halaman penggemar/fanspage facebook

Cara efektif selanjutnya, yaitu mengshare link video melalui kotak komentar halaman penggemar/fanspage. Sebagai saran, carilah halaman penggemar yang mempunyai banyak fans/like dengan rata-rata pengguna aktif, ditandai dengan banyaknya like pada status/foto yang disharenya. Pertama sobat harus sudah menyalin url video, kedua sobat dapat mempastekan url link video pada status terbaru halaman penggemar, atau bisa status lama yang cukup populer, seperti biasa ditandai dengan banyaknya like dan komentar.

Setelah mempastekan url video di kotak komentar, lihat hasilnya setelah beberapa jam, jika tidak berhasil berarti kita perlu mengsharenya ke banyak halaman penggemar lainnya yang mempunyai banyak like/fans. Langkah ini pernah saya lakukan saat berbagi video youtube saya melalui jalur share di kotak komentar halaman penggemar, alhasil video saya ditonton oleh puluhan orang. Namun, saya tetap bersyukur walaupun viewer tidak mencapai ratusan, setidaknya video saya sudah ada yang menonton hehe.

Sebagai saran untuk mengshare url di kotak komentar halaman penggemar, lakukan share url secara perlahan, artinya jangan langsung mempastekan url sekaligus ke banyak halaman, karena akun sobat dapat dideteksi oleh pihak facebook telah melakukan spam. Konsekuensinya akun facebook sobat tidak dapat mengirim, membuat, atau berkomentar di halaman manapun selama batas yang ditentukan oleh pihak facebook, yang terparahnya adalah penutupan akun facebook.

3. Share Url Video melalui komentar situs web/blog orang lain

Ini merupakan cara yang ampuh untuk mendapatkan banyak viewer youtube, pasalnya jika blog/situs web mempunyai banyak pengunjung, berkemungkinan video sobat akan mendapatkan banyak viewer secara cepat, bahkan sekali share di kotak komentar. Namun, mendapatkan viewer secara cepat melalui komentar blog/situs web bukanlah hal yang mudah. Karena tidak semua pengunjung akan tertarik untuk mengunjungi video anda, kecuali video anda sesuai topik yang dibahas oleh situs web tersebut.

Langkah pertama sebelum mengshare url video di situs web orang lain adalah mencari blog/situs web yang sesuai dengan topik video yang kita bahas, misalnya kita mempunyai video tema wisata alam, carilah situs web yang membahas mengenai wisata alam juga. Langkah kedua setelah ketemu dengan situs webnya, berkomentarlah ke salah satu postingan yang dibuatnya dengan menyertakan link video youtube anda. Jika kebetulan postingan tersebut sangat populer, video anda akan mendapatkan banyak viewer secara cepat.

4. Share Url Video Youtube di Situs Web/Blog Sendiri

Nah, ini juga cukup ampuh jika kita mempunyai banyak pengunjung di web/blog kita sendiri. Dengan membuat satu postingan, sobat dapat menyertakan url link video youtube sobat. Tapi, sobat harus membuat postingan yang sesuai dengan topik video sobat agar berpeluang video sobat ditonton oleh banyak orang. Bahkan, saat sedang bersantai, video sobat akan didatangi oleh banyak viewer dari web/blog sobat.

Namun, membuat postingan yang sesuai dengan topik video bukanlah perkara yang mudah, karena sobat harus bisa merangkai kata-kata postingan agar sesuai dengan topik video yang sobat share. Misalnya sobat membuat postingan mengenai tutorial, nah sobat dapat menyertakan url video youtube sobat di akhir postingan dengan ditambahi kata-kata "jika kurang jelas silahkan lihat video berikut", bukan tidak mungkin jika pengunjung tertarik, video sobat akan mendapatkan viewer yang berlimpah.

5. Berpromosi link video secara offline

Ya, promosi secara offline sebenarnya bukan perkara yang sulit. Jika video sobat cukup terkenal di pencarian youtube, sobat cukup memberitahukan kata kunci pencarian kepada teman yang akan menemukan video sobat atau memberitahukan link url video sobat, namun syaratnya link url video sobat harus mudah untuk diingat.

Jika sulit untuk diingat, sobat cukup menuliskan url video youtube sobat di kertas atau melalui jalur pesan sms kepada teman. Nah, jika kebetulan video sobat sangat bagus, teman sobat mungkin akan berbaik hati menyebarkan video sobat melalui sosial media atau memberitahukan secara offline kepada orang lain.

Berpromosi secara offline tidak cukup sampai disini, sobat dapat menuliskan url dan judul video sobat ditempat-tempat umum yang dapat dilihat orang lain, misalnya pohon atau tiang. Mungkin sobat akan berpikiran ini kurang kerjaan dan membuat malu hehe, tapi jika sobat sudah ingin serius mungkin sobat akan mulai iseng-iseng menulis url link video ditempat manapun atau ditempat seperti yang saya katakan diatas.

Sebagai Tambahan, Mengoptimasi Video Youtube dengan Cara Murni

Cara murni yang saya maksudkan adalah bukan cara yang menargetkan kata kunci, melainkan dengan membuat video yang berkualitas dan menarik. Ini merupakan langkah yang sulit, tapi jika sobat berhasil, hasilnya sangat memuaskan, ribuan viewer akan berdatangan dengan sendirinya, bahkan sampai mengshare video anda secara beramai-ramai.

Video yang berkualitas dan menarik itu seperti apa? Saya contohkan video yang berkualitas dan menarik adalah video yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain, atau video yang bersifat menghibur orang lain. Kebanyakan mereka yang menyukai semua video-video menarik yang dishare nantinya akan mengsubscribe channel tersebut. Dengan cara seperti ini, sobat dapat mendapatkan viewer secara mudah, cukup mengshare satu video para subscriber akan mendapatkan pemberitahuan mengenai video yang sobat upload.

Jika subscriber sudah mencapai puluhan ribu orang, setiap video yang sobat upload saya yakin tidak akan kesepian penonton lagi. Karena subscriber ibarat murid-murid dan channel itu adalah gurunya, jadi segera setiap video yang sobat upload, notifikasi akan langsung masuk ke para subscriber.

Tertarik untuk mencoba cara yang saya share?

Baiklah, silahkan mencobanya mudah-mudahan cara yang saya dapat berhasil jika dipraktekkan, terutama untuk para pemula. Demikian semoga tips-tips yang saya saya share kali ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca yang mengunjungi blog sederhana ini. Jika menurut sobat postingan saya bermanfaat, silahkan share.

Artikel Terkait

1 komentar so far

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon