22/01/17

Tips Penting! Agar Akun Google Anda Lebih Aman (Verifikasi Dua Langkah)

Akun Google merupakan salah satu sarana kita untuk berkomunikasi dan mengakses data-data. Bahkan hampir setiap ponsel android sekarang diwajibkan memiliki akun google untuk dapat mengakses sinkronisasi dan Aplikasi Playstore. Ibaratkan lemari, akun google menjadi tempat penyimpanan data-data penting.

Walau hanya memiliki satu akun Google saja, kita bisa mengakses semua produk-produk Google seperti Gmail, Youtube, Blogger, Drive, dan masih banyak lagi. Tentunya sangat penting menambahkan keamanan akun google agar tidak kehilangan akses di suatu saat nanti, jika akun google yang anda gunakan sekarang merupakan akun pribadi atau bisnis, pasti anda tidak ingin kehilangan akses.

Tapi, sekarang kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan akses akun google, karena google sudah menyiapkan fitur verifikasi dua langkah, untuk membuktikan bahwa andalah yang masuk ke akun. Menambahkan keamanan lain ke akun google itu penting, apalagi jika akun google yang digunakan sekarang sudah tersimpan data-data penting.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari mengobati, jika diartikan disini mengamankan akun lebih baik dari memulihkan akun, sebelum akun anda kehilangan akses, ada baiknya anda mencegahnya dengan cara memperketat keamanan akun anda menggunakan verifikasi dua langkah, bahkan meskipun ada orang yang telah mengetahui user dan password akun google anda sekalipun, tetap saja akun anda tidak dapat diakses alias tetap aman.


Sedikit Ulasan Mengenai Verifikasi dua langkah untuk keamanan akun

Verifikasi dua langkah merupakan langkah proses masuk setelah memasukkan user dan password, dimana kita harus memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel yang anda daftarkan. Jadi, jika ingin masuk ke akun google anda pada perangkat lain, anda wajib memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor telepon anda.

Jadi meskipun orang lain berhasil masuk menggunakan user dan password anda, tetap saja tidak akan berhasil masuk karena mereka akan dimintai kode verifikasi sewaktu masuk menggunakan akun kita. Nah menarik bukan? jadi, keamanan akun terjamin, fitur ini sangat ampuh mencegah akun anda diakses orang lain tanpa sepengetahuan anda. Tapi, fitur ini juga mempunyai kelemahan, misalnya anda sekarang berada di warnet dan tidak membawa ponsel sehingga tidak dapat memverifikasi dua langlah.

Anda dapat mengaktifkan fitur ini kapan saja, tapi jika akun anda merupakan akun yang sangat penting terutama untuk bisnis, sangat dianjurkan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah ini. Jadi, setiap kali akun anda login diperangkat lain, anda akan mendapatkan notifikasi di nomor telepon anda berupa kode verifikasi. Anda dapat membedakan mana aktivitas murni dari anda dan aktivitas masuk yang tidak biasa.

Tips Mengamankan Akun Google Anda menggunakan Verifikasi dua Langkah

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pada akun google kita. Bagaimana caranya mengaktifkan verifikasi dua langkah? berikut akan saya ulaskan.

Masuk ke Google Account lalu pergi ke menu Sign-in & Security.


Kemudian aktifkan verifikasi dua langkah. Ikuti saja instruksinya sampai anda memasukkan nomor telepon anda. Jangan lupa nomor telepon yang anda verifikasi harus aktif, setelah itu aktifkan verifikasi dua langkahnya.


Setelah verifikasi dua langkah berhasil, anda dapat mencobanya dengan login ke perangkat milik teman atau milik kakak. Anda akan menerima sms verifikasi di ponsel anda segera jika akun anda masuk di perangkat lainnya. Tapi, jika anda menerima sms verifikasi secara tiba-tiba, saya sarankan untuk segera mengganti kata sandi anda.

Itulah tips-tips yang dapat anda pelajari untuk mengamankan akun google anda. Jadi, tidak perlu khawatir kehilangan akses ke akun google anda, karena verifikasi dua langkah sudah cukup ampuh.

Seiring berjalannya waktu, kemungkinan google dapat menambah atau menghapus fitur-fitur baru. Jadi, pastikan anda selalu mengecek di http://account.google.com untuk mengetahui fitur-fitur terbari dari Google.

Demikian semoga ulasan mengenai Tips Penting! Agar Akun Google Anda Lebih Aman (Verifikasi Dua Langkah) bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon