01/01/17

Cara Mudah Mengubah Deskripsi dan Nama Channel Youtube

Setelah membuat channel baru di youtube, kemungkinan ada pikiran dibenak kita untuk mengubah nama channel yang baru saja kita buat. Ada banyak alasan mengapa kita perlu mengubah nama channel, salah satunya karena kita ingin menyesuaikan nama channel dengan tema video yang akan kita upload. Misalnya sudah terlanjur membuat channel dengan nama Sea World, tetapi ternyata kita tidak banyak mempunyai Video bertemakan lautan.

Disisi lain kita mempunyai banyak video bertemakan pegunungan. Nah, dari sini jika kita mempunyai video bertemakan pegunungan, kita perlu mengubah nama channel untuk menyesuaikannya dengan tema video yang akan kita upload di Youtube. Ya, maklum namanya pemula pasti ketika ingin memulai sesuatu akan bingung menentukan tema, oleh karena itu sangat wajar jika salah membuat nama channel, sedangkan tidak memiliki tema video channel yang dibuatnya.

Mengubah nama channel ini hanya berlaku untuk Channel Merek/Bisnis, bukan untuk channel pribadi. Mengapa demikian? Jika kita mengubah nama channel pribadi, itu akan mempengaruhi semua produk google yang kita gunakan, termasuk jejaring sosial Google Plus, Gmail, dan sebagainya, karena Channel Pribadi dibuat secara otomatis berdasarkan nama Akun Google kita. Berbeda dengan Channel Bisnis/Merek, jika kita mengubah namanya, tidak akan mempengaruhi semua produk google yang kita gunakan.

Baca: Cara Membuat beberapa Saluran Youtube dalam satu Email

Baiklah, jika kita telah memilki Channel Bisnis/Merek dan ingin mengubah Nama Channel tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.


Metode Pertama yaitu menggunakan Desktop, tidak harus melalui komputer atau laptop, bahkan di ponsel android kita dapat membuka Youtube tampilan Desktop. Caranya masuk ke menu browser Android bawaan, lalu centang minta situs desktop.

1. Wajib login terlebih dahulu ke akun youtube masing-masing, lalu pilih menu profil youtube di pojok kanan atas.
2. Pilih salah satu Channel yang akan diubah namanya, lalu klik foto channel kita sendiri.


3. Akan diarahkan ke situs Google Tentang Saya, Klik Ikon Sunting yang ada disebelah nama atau foto profil channel kita.
4. Ubah nama Channel pada Google Tentang Saya, setelah selesai pilih oke.

Selamat Nama Channel kini telah berubah. Pada menu tersebut kita akan mendapati peringatan Mengubah nama Anda di sini akan mengubahnya di semua produk Google. Abaikan peringatan ini jika nama channel yang akan kita ubah adalah channel merek/bisnis, bukan Channel Pribadi.

Metode kedua adalah langsung menggunakan Android melalui Aplikasi Youtube, tidak beda jauh dengan metode pertama, metode ini lebih gampang dibandingkan dengan metode yang saya jelaskan diatas. Berikut cara mengubah nama channel dan deskripsi channel melalui Aplikasi Youtube Android.


Masuk ke menu Channel saya, caranya klik nama channel kemudian pilih channel saya. Setelahnya akan diarahkan ke menu pengeditan channel, untuk mengubah nama channel, klik ikon roda gigi untuk mengedit setelan channel, Ubah Nama Channel dan Deskripsinya, setelah selesai simpan perubahan.

Demikian tutorial yang saya jelaskan mengenai Mengubah Nama Channel dan Deskripsi, semoga bermanfaat bagi pemula, khususnya untuk pemula Youtuber.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon