05/02/17

Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke Jaringan 4G tanpa ke GraPARI

Jaringan 4G merupakan jaringan tercepat yang telah hadir di Indonesia, jaringan ini telah didukung oleh beberapa operator termasuk Telkomsel. Ya, Telkomsel kini mendukung jaringan 4G yang dapat dinikmati oleh semua penggunannya yang sudah terdaftar di jaringan 4G. Jika anda ingin menikmati jaringan tercepat ini anda harus membeli kartu Telkomsel (AS, Simpati) yang sudah support 4G atau anda dapat mengupgrade nomor lama anda untuk support dengan jaringan 4G. Tanpa Upgrade, kartu anda hanya akan dibatasi sampai jaringan 3G saja, meskipun anda sudah memakai Ponsel Android yang sudah support 4G dan bertempat di Wilayah yang support 4G.


Jika anda belum mengupgrade kartu lama ke jaringan 4G, anda dapat mengupgradenya melalui Kantor GraPARI terdekat di Kota Anda. Namun, sebelum mengupgrade kartu Telkomsel anda ke jaringan 4G anda harus menyiapkan beberapa syarat untuk mengupgrade kartu anda.

Berikut syarat-syarat sebelum datang ke kantor GraPARI terdekat:

  • Siapkan KTP Asli
  • Siapkan SIMCard Lama untuk Upgrade


Setelah anda persiapkan semua syarat diatas, silahkan anda datangi kantor GraPARI terdekat di kota Anda. Setelah sampai di kantor GraPARI, anda akan ditanyai ada keperluan apa datang di kantor GraPARI? silahkan jawab saya mau mengupgrade kartu SimCard ke Jaringan 4G. Nah, sampai disini anda akan masuk ke antrian menunggu panggilan nomor antrian.

Menurut pengalaman, lamanya proses Upgrade SimCard ke jaringan 4G hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit. Menariknya, anda juga akan diberikan bonus Kuota sebesar 10 GB yang dapat anda gunakan langsung setelah mengupgrade SimCard anda ke jaringan 4G.

Itulah bagian yang saya suka setelah melakukan upgrade kartu SimCard ke jaringan 4G, anda akan bebas menggunakan kuota tersebut setelahnya.

Keterbatasan Waktu untuk datang ke Kantor GraPARI

Mungkin bagi sebagian orang melakukan upgrade yang diharuskan datang ke Kantor GraPARI merupakan hal yang merepotkan, karena untuk datang ke Kantor GraPARI anda haruslah pemilik asli dengan Identitas asli yang menggunakan sepenuhnya SimCard Telkomsel Anda, artinya anda tidak boleh perwakilan tanpa syarat tambahan untuk datang ke Kantor GraPARI.

Saya pernah datang ke Kantor GraPARI dengan membawa Ponsel Android milik Ayah saya, kebetulan Ponsel Android Ayah saya itu sudah mendukung jaringan 4G serta Daerah yang ditempati juga sudah mendukung jaringan 4G. Hanya saja, kartu SimPATI lama yang dipakai Ayah saya itu tidak support jaringan 4G, akhirnya saya membawa kartu SimCard Ayah saya ke Kantor GraPARI untuk melakukan Upgrade ke Jaringan 4G. Saya menunggu antrian begitu lamanya hampir satu jam lebih, setelah giliran antrian saya mengatakan bahwa saya ingin mengupgrade SimCard ini ke jaringan 4G.

Saya mengeluarkan KTP asli milik ayah saya, kemudian dijelaskan secara spesifik bahwa saya tidak bisa melakukan Upgrade untuk SimCard atas nama pengguna lain, meskipun itu Ayah saya sendiri. Kecuali saya memenuhi syarat tambahan untuk perwakilan, syaratnya yaitu:

  • Membawa surat kuasa dilengkapi materai 6.000.
  • Membawa surat pernyataan dilengkapi materai 6.000.
  • KTP asli kedua belah pihak (anda dan orang yang anda wakilkan).
  • SimCard yang ingin di Upgrade.


Catatan: materai 6000 asli bisa anda dapatkan melalui kantor pos terdekat di kota anda.

Jika syarat diatas sudah dipenuhi baru dibolehkan untuk perwakilan, akhirnya saya memutuskan untuk pulang. Dirumah kemudian terpikirkan untuk registrasi ulang data Kartu SimCard Telkomsel yang dipakai Ayah saya menjadi atas nama saya kemudian datang kembali ke Kantor GraPARI, hehe mudah bukan?.

Cara Upgrade SimCard ke Jaringan 4G tanpa perlu ke Kantor GraPARI

Jika anda tidak punya banyak waktu untuk keluar rumah, terutama untuk datang ke Kantor GraPARI untuk melakukan Upgrade SimCard ke jaringan 4G, anda dapat mengupgradenya secara Online melalui Situs Resmi Telkomsel. Meskipun mengupgrade SimCard ke jaringan 4G terbilang lebih Efisien ketimbang datang ke Kantor GraPARI, namun ternyata lebih rumit dari yang dibayangkan terutama bagi pemula.

Berbeda dengan orang yang hobby online, internetan, pasti lebih mudah mengikuti tutorial mengupgrade SimCard Telkomsel ini secara Online. Tenang, bagi pemula sekarang anda juga bisa mengikuti tutorial ini dengan mudah karena anda tidak sendirian saat melakukan ini. Saya disini akan mentutorialkan bagaimana caranya, silahkan baca dengan teliti:

1. Silahkan masuk ke situs resmi Telkomsel Registrasi Online Order, lalu daftarkan nomor lama anda serta isi juga data-data yang diperlukan untuk pengiriman kartu Upgrade 4G.

2. Pada Formulir pertama isilah nomor SimCard lama anda, Provinsi, serta Kotamadya/Kabupaten, setelah diisi silahkan pilih Cek terlebih dahulu.


3. Pada Formulir kedua isi data-data dengan benar, terkait alamat pengiriman, nama lengkap anda, kodepos, kelurahan, kecamatan, alamat email anda, setelah selesai centang tulisan saya menyetujui dan pilih Lanjutkan.


4. Langkah selanjutnya anda tinggal menunggu kartu Upgrade SimCard dikirimkan ke alamat anda kurang lebih satu minggu, tergantung dari pihak pengirim.

5. Setelah anda menerima kartu Upgrade 4G, silahkan masukkan kartu Upgrade tersebut ke Ponsel Anda, kemudian Registrasikan ke 4444.

6. Setelah Registrasi, keluarkan Kartu SimCard Upgrade 4G, kemudian masukkan kembali kartu SimCard lama anda ke ponsel anda lalu hubungi *888*46#.

7. Pilih Langkah 1 (Kartu Lama), kemudian pilih Lanjut, anda akan menerima PIN 4G (catat pinnya di kertas), lakukan proses dengan cepat karena PIN berlaku selama 15 menit.

8. Keluarkan Kartu SimCard Lama, masukkan kembali Kartu Upgrade 4G Anda, kemudian hubungi *888*46# lalu pilih Langkah 2 (Kartu Upgrade 4G).

9. Masukkan pin yang anda terima sebelumnya, perhatikan huruf besar kecil serta simbolnya, jangan salah memasukkan pin sampai 3 kali. Jika sudah akan ada peringatan Apakah pin sudah benar? silahkan pilih Ya, Lanjut.

10. Silahkan tunggu Notifikasi bahwa proses Upgrade 4G telah berhasil dilakukan, tunggu hingga 15 menit. Jika sudah menerima notifikasi, selamat Kartu Anda sudah berhasil di Upgrade ke Jaringan 4G tanpa ke GraPARI.

Sekarang kartu SimCard Telkomsel anda sudah support untuk jaringan 4G, menariknya setelah upgrade, anda juga mendapatkan bonus kuota 10 GB selama satu bulan. Tidak perlu lagi merasa jaringan kurang cepat karena dengan Kartu SimCard 4G kecepatan download dan upload anda dijamin puas.

Sekarang tinggal menentukan pilihan anda untuk mengupgradenya secara langsung dengan datang ke Kantor GraPARI terdekat atau melakukannya sendiri secara online. Pertimbangkan cara yang lebih efisien dengan upgrade online atau datang langsung.

Proses Upgrade Kartu ke 4G secara online dengan yang langsung datang ke Kantor GraPARI sangat berbeda jauh, jika di Kantor GraPARI anda hanya akan menghabiskan waktu selama beberapa jam saja (termasuk antrian), namun jika melakukannya secara online, anda akan menempuh waktu kurang lebih seminggu karena menunggu Kartu Upgrade 4G anda sampai ke Alamat tujuan.

Belum lagi jika salah memasukkan pin, anda tidak bisa Registrasi Online Order lagi untuk pengiriman ulang Kartu Upgrade 4G maupun melakukan Upgrade Online, kecuali Anda datang langsung ke Kantor GraPARI terdekat di kota anda.

Penutup

Memakai Jaringan 4G pada kartu SimCard telkomsel akan menjamin kecepatan internet anda, termasuk streaming youtube jika anda adalah salah satu penggemar streaming youtube, anda tidak akan mengalami streaming yang buffer sedikitpun.

Nah, jika anda bandingkan kecepatan 3G dengan 4G itu sangat berbeda jauh terutama dalam hal kecepatan upload dan download. Sekarang sudah waktunya untuk Upgrade SimCard Telkomsel anda ke  Jaringan 4G.

Demikian semoga tutorial Cara Upgrade Kartu Telkomsel Ke Jaringan 4G tanpa ke GraPARI ini bermanfaat khususnya untuk pengguna kartu Telkomsel yang saat ini ingin menikmati kecepatan jaringan 4G.

Artikel Terkait

2 komentar

Kalo upgrade kartu 4g nomor yg lama tidak akan berubah atau beruhan kdi nomor yg baru

nomor lama tidak akan berubah

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon