11/04/17

Cara Menggandakan Aplikasi Android pada Miui

Aplikasi ganda atau aplikasi clonning adalah sebuah aplikasi yang sama persis dengan aplikasi aslinya tetapi sebenarnya aplikasi tersebut berbeda karena mempunyai nama package yang berbeda. Disebut aplikasi clonning atau aplikasi ganda karena aplikasi itu dapat anda instal bersamaan dengan aplikasi aslinya tanpa menimpa aplikasi yang anda instal sebelumnya.


Jadi sangat cocok bagi anda yang ingin menginstal dua aplikasi secara bersamaan untuk memiliki dua akun sosial media, semisal aplikasi clonning yang ingin anda instal adalah aplikasi sosial media. Anda dapat membuat dua akun sosial media, satu untuk akun pribadi anda, dan sisanya untuk keperluan bisnis anda atau akun kedua anda.

Untuk menginstal dua aplikasi yang sama secara bersamaan, anda diharuskan memiliki aplikasi clonning yang serupa dengannya, jika bukan aplikasi clonning maka anda akan ada pesan "memperbarui aplikasi yang ada" pada Package Installer saat anda mencoba menginstal aplikasi yang sama.

Pada Ponsel Xiaomi Redmi atau Miui, anda dapat menemukan cara cepat menggandakan aplikasi tanpa harus memiliki aplikasi clonningnya terlebih dahulu, bahkan proses cloning sangat simpel dibandingkan dengan dengan menginstal aplikasi clonning secara manual.

Berikut beberapa kelebihan fitur clonning aplikasi pada Miui:

  • proses clonning sangat singkat waktunya
  • tidak memerlukan aplikasi clonning tambahan
  • hasil clonning aplikasi langsung terinstal pada ponsel


Sedangkan berikut adalah kekurangan fitur clonning aplikasi pada Miui:

  • tidak semua aplikasi yang berhasil diclonning dapat dibuka, terkadang aplikasi clonning mengalami error
  • hasil clonning aplikasi tidak dapat dikirim pada ponsel lain, meskipun menggunakan bantuan Share It.
  • tidak dapat cloning aplikasi yang sama lebih dari dua aplikasi


Jika anda sudah menggunakan Ponsel Xiaomi Redmi type apapun anda dapat mengecek fitur ini pada menu Settings.


Kalau ternyata tersedia pada ponsel Xiaomi Redmi anda, sekarang anda dapat menggandakan beberapa aplikasi yang anda Instal dengan masuk ke menu Aplikasi Ganda.

Aktifkan Clonning dengan menggeser panel disebelah kanan aplikasinya.


Setelah anda mengaktifkan clonning aplikasi, anda dapat langsung membuka hasil clonningan aplikasi anda sendiri, silahkan anda cek pada homescreen Xiaomi Redmi Anda.

Tips: jika anda ingin mencoba menggandakan lebih dari dua aplikasi, anda harus mempunyai aplikasi clonning dari pihak ketiga yang bisa didapat dari website penyedia aplikasi clonning. Setelah anda mempunyai aplikasi clonning lainnya, anda dapat menggandakan lagi aplikasi clonning tersebut melalui menu Aplikasi Ganda.

Sebenarnya cara mengclonning aplikasi merupakan cara yang sulit karena secara manualnya kita dituntut memahami xml beserta isi dari paket aplikasi termasuk manifestnya. Jika tidak bisa mengclonning aplikasi secara manual, anda dapat langsung mencari berbagai aplikasi clonning siap instal melalui pencarian Google, atau menggunakan fitur clonning dari Miui pada Ponsel Xiaomi Redmi.

Demikian semoga tutorial singkat ini bermanfaat bagi semua pembaca, khususnya untuk para pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon