02/04/17

8 Fakta Menarik Mengenai Google Adsense

Google Adsense merupakan program periklanan terbesar yang didirikan oleh Google, siapapun dapat mendaftar menjadi publisher Google Adsense tetapi untuk diterima oleh Google Adsense tidak sembarangan orang karena Google akan menyeleksi calon publisher dengan sangat ketat terutama pengguna yang akan memasang Iklan Google Adsense untuk Konten.



Tanpa memenuhi syarat kebijakan program Adsense, kita tidak akan diterima menjadi publisher Google Adsense meskipun blog yang kita miliki sudah mempunyai ratusan sampai ribuan pengunjung perharinya. Mengingat Jumlah publisher Google Adsense saat ini sudah mencapai 2 jutaan dari seluruh dunia yang saya dikutip dari Wikipedia, mungkin saja itu yang membuat Google untuk tidak lagi menerima calon publishernya secara sembarangan agar jumlah publisher Google Adsense tidak lebih banyak dari calon pemasang iklan.

Selama saya berselancar didunia maya, saya telah menemukan beberapa fakta menarik dan unik mengenai Google Adsense yang tidak ada pada Program periklanan lainnya, berikut ulasan saya.

1. Mampu membuat Calon Publishernya menjadi Kaya.

Google Adsense mampu membuat calon publishernya menjadi kaya raya, hal ini pernah dibuktikan oleh salah seorang publisher sukses di dunia blogging, ia hanyalah seorang tukang angon bebek tetapi mampu meraup $10.000 dalam satu bulan, mungkin anda juga pernah mendengarnya.

Program Periklanan ini akan membayar sebanyak apapun penghasilan anda selama saldo penghasilan yang anda miliki minimal $100, jadi tidak perlu lagi dengan pembayaran Google Adsense, karena program ini terkenal milik Google.

2. Menarik perhatian orang untuk membangun sebuah Blog

Seseorang yang telah sukses meraup banyak dollar dari Google Adsense dapat menarik perhatian orang baru untuk membangun sebuah blog, mungkin bisa karena termotivasi oleh penghasilan yang diraih seseorang selama ngeblog.

Sayapun pernah termotivasi untuk membangun sebuah blog karena seseorang, oleh karena itu jumlah publisher dan blogger dari tahun ke tahun akan semakin meningkat.

3. PPC dengan Bayaran tinggi

Salah satu PPC (pay per click) dengan bayaran yang tinggi yaitu Google Adsense, mereka menggunakan sistem tawar menawar dan orang yang menawar paling tinggilah yang akan ditampilkan iklannya pada sebuah situs mitra, jadi wajar saja penghasilan para publisher yang bekerja sama dengan Google Adsense sangat tinggi sampai mengalahkan penghasilan pekerjaan utamanya.

Tapi tidak semua publisher dapat menghasilkan sebanyak itu, mengingat mengejar page one google sangatlah sulit terutama untuk blog baru, mereka harus lebih paham lagi tentang SEO dan meningkatkan kualitas artikel mereka agar pengunjung betah.

4. Proses Review sangat lama

Berbeda dengan layanan periklanan lainnya, proses review Google Adsense terkadang sampai memakan waktu yang sangat lama. Apakah satu mingguan atau satu bulanan? iya, sampai segitu kira-kira. Hal itu pernah saya alami sendiri lamanya proses review kedua saya, setelah menunggu satu bulanan penuh akhirnya saya mendapatkan pesan email yang menyatakan saya ditolak, sedihnya.

Biasanya lamanya proses review hingga berbulan-bulan itu menandakan pengajuan Adsense kita ditolak oleh Google, beruntunglah bagi yang menjalani proses review hanya paling lama satu hari dan diapprove. Berbeda dengan blog yang saya kelola, hingga tulisan ini dibuat pun saya masih belum mendapatkan proses approve alias masih direview oleh Google.

5. Meningkatkan Motivasi dan Semangat Ngeblog

Kamu semangat ngeblog karena apa? karena termotivasi oleh penghasilan Google Adsense yang kamu dapat? mungkin itulah yang membuat semangat ngeblog banyak orang, semakin meningkat penghasilan Adsensenya semakin meningkat semangat ngeblognya. Bagaimana lagi jika penghasilan Adsensenya meningkat sampai sepuluh kali lipat? pasti rasanya senang dan tambah betah buat ngeblog.

6. Sistem canggih, mampu mendeteksi klik Iklan sendiri

Jangan sekali-sekali mengklik iklan Google Adsense anda sendiri, konsekuensinya sangatlah berat mulai dari penangguhan akun sampai banned akun. Meskipun anda menerapkan cara untuk mengklik iklan sendiri dari komputer lain atau perangkat lain, suatu saat anda akan terkena konsekuensinya karena Google akan mendeteksi aktivitas yang mencurigakan pada akun Anda.

Bukan hanya itu, penghasilan anda yang awalnya berkah kini menjadi tidak berkah karena anda tidak mematuhi kebijakan Google Adsense dalam program kerjasamanya dengan mengklik iklan sendiri. Jadi, lebih baik main jujur saja selain aman, uang yang kita dapatkan dari Google Adsense juga halal.

7. Penghasilan sudah $10? siap-siap menerima surat dari Google

Google Adsense akan mengirimkan sebuah surat yang berisikan PIN verifikasi alamat ke alamat rumah yang anda daftarkan pada Akun. Menariknya surat ini begitu istimewanya sampai orang yang menerima surat ini pun menyebutnya sebagai surat cinta seperti yang saya kutip di forum-forum online.

Bukan hanya itu, tidak sedikit orang juga pernah berfoto sambil menunjukkan surat ini ditangannya, serta memberikan motivasi yang panjang lebar atau kisah perjalanan ngeblognya dari awal, dan mereka menceritakan dirinya hanyalah seorang tukang bakso keliling yang bisa meraih kesuksesan, terkadang saya juga sampai termotivasi atau malah tertawa melihatnya, tapi itulah kenyataan dan menariknya program Periklanan dari Google.

8. Sudah Mendukung Mata Uang IDR (Rupiah, Indonesia)

Dulu, Google Adsense tidak dapat ditampilkan untuk Adsense for Content (AFC) dalam bahasa Indonesia, namun seiring berjalannya waktu AFC mendukung bahasa Indonesia yang kemudian menarik minat orang Indonesia untuk mendaftar Google Adsense. Adsense yang mereka dapatkan adalah Adsense dengan Dashboard Dollar, artinya pengambilan uang hanya bisa dilakukan melalui Western Union, jika melalui transfer bank lokal, anda akan dikenakan pajak pemotongan oleh Bank Lokal anda yang lumayan banyak.

Tetapi, untuk pendaftar baru kini bisa mendapatkan akun Adsense dengan Dashboard IDR yang mendukung mata uang Indonesia (Rupiah), dan pengambilan uangnya menggunakan transfer Bank Lokal tanpa pemotongan pajak sedikitpun, itulah menariknya untuk Akun Adsense sekarang.

Meskipun anda menghasilkan dollar yang cukup sedikit dari Google Adsense, setidaknya itu dapat menjadi motivasi anda untuk semangat ngeblog Anda. Karena diluar sana termasuk saya sendiri masih banyak yang belum mendapatkan proses approve dari Google Adsense alias masih menunggu tahap review kedua.

Terbilang sulitnya tidak main mendapatkan proses approve dari Google Adsense, karena mereka benar-benar memilih blog yang mematuhi kebijakan programnya. Jadi, jangan patah semangat bagi yang masih belum mendapatkan Approve dari Google Adsense, masih banyak program periklanan lain yang dapat menjadi Alternative selain Adsense.

Google Adsense hanyalah salah satu dari sekian banyaknya program periklanan didunia, jadi jangan jadikan Google Adsense sebagai patokan untuk menghasilkan uang dari blog atau nantinya anda akan kecewa karena tidak diapprove oleh Google Adsense atau penghasilan yang sangat sedikit.

Demikian semoga ringkasan yang saya tulis mengenai Fakta Menarik Mengenai Google Adsense dapat menambah motivasi anda dan semangat ngeblog anda seperti yang sudah saya tulis pada point nomor lima.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon