02/04/17

Cara Menambahkan dan Menghapus Akun Google Anda pada Android

Android mewajibkan setiap penggunanya untuk memiliki akun google agar dapat mengakses layanan tambahan dari Android termasuk market aplikasi, layanan lokasi, layanan email, dan sinkronisasi. Tanpa memiliki atau memasukkan akun google, android anda akan tetap berjalan dengan lancar hanya saja fitur dan layanan tambahan android anda tidak bisa diakses dengan baik, mungkin saja anda tidak akan bisa memperbarui aplikasi anda karena android anda tidak terhubung dengan market aplikasi android.

Setiap orang dapat memiliki satu atau lebih akun google yang dapat diakses, oleh karena itu bagi yang mempunyai akun google lebih dari satu mungkin menginginkan semua akun mereka login dalam satu perangkat android atau mungkin karena dari salah satu akun tersebut adalah akun bisnis.

Jadi, ketika semua akun gmail mereka menerima pesan email masuk secara bersamaan, otomatis semuanya akan mendapatkan pemberitahuan secara bersamaan juga, karena google sudah memperbarui layanan aplikasinya sehingga bagi yang mempunyai lebih dari satu akun google tidak akan kesulitan mengakses akunnya secara bersamaan.

Dengan terhubungnya dua akun google secara bersamaan, anda tidak perlu khawatir baterai cepat habis atau ponsel android anda semakin melambat, karena itu semua tergantung dari fitur dan layanan tambahan yang anda aktifkan.

Menambahkan Akun Google

Berikut cara menambahkan lebih dari satu akun Google anda pada Android.

Pastikan anda sudah memiliki dan mengingat user dan password akun google anda, jika lupa kata sandi anda dapat menyetelnya melalui situs google account di browser.

1. Pergi ke Setelan Android anda masing-masing lalu anda akan menemukan menu Akun pada setelan anda.


2. Pilih Tambahkan Akun, tepatnya di daftar menu yang paling bawah.


3. Pilih Google, karena anda ingin menambahkan akun google anda.


4. Masukkan alamat gmail anda lalu klik berikutnya untuk memasukkan kata sandi anda.

5. Tungu sampai proses masuk, lewati saja jika anda diminta menambahkan metode pembayaran (untuk membeli aplikasi dan produk Google).

Sekarang dua akun Google anda sudah masuk secara bersamaan, jika anda ingin menambahkan akun google lainnya anda dapat mengulangi tutorial diatas.

Menghapus Akun Google

Namun jika anda berniat untuk menghapus akun Google Anda tetapi bingung silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

1. Masuk kembali ke Setelan lalu masuk ke menu Akun.

2. Pilih Google, karena disini kita akan menghapus akun Google.


3. Pilih Akun Google yang akan dihapus dari perangkat anda.

4. Masuk ke menu (tiga titik) berikut lalu pilih hapus akun.


Kini akun google anda sudah dihapus dari perangkat android anda.

Kemungkinan jika anda menghapus semua akun google anda pada perangkat android anda, perangkat android anda akan tetap berjalan namun anda tidak dapat menikmati semua fitur yang disediakan oleh Google, hal ini sudah saya jelaskan diatas, alangkah baiknya jika anda membiarkan satu akun google saja terhubung dengan perangkat android anda.

Mudah bukan tutorial singkat yang saya tuliskan? demikian semoga tutorial singkat ini bermanfaat terutama bagi yang masih pemula memakai android.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon