01/04/17

Panduan Lengkap Ngeblog Melalui Android untuk Pemula

Sarana berbagi informasi online yang paling mudah yaitu melalui blog, tinggal menulis ketrampilan yang anda miliki lalu mempublishnya otomatis tulisan anda akan ditampilkan di hasil mesin pencari.

Dari sinilah semua orang yang membutuhkan informasi akan menuliskan apa yang mereka cari, jika kebetulan anda menuliskan informasi yang tepat bagi para pengunjung maka blog anda akan mempunyai kesempatan dikunjungi oleh ratusan orang yang membutuhkan informasi dari anda.

Bagaimana caranya orang mengunjungi blog anda? mereka menggunakan bantuan dari mesin pencari, ada banyak situs pencarian online beberapa diantaranya yang terkenal yaitu Google, Yahoo, dan Bing.

Mungkin mesin pencari ini sudah tidak asing ditelinga anda, pasalnya mesin pencari ini sudah terkenal mendunia dan digunakan lebih dari Milyaran orang diseluruh dunia, bahkan orang yang sedang online berkunjung saja bisa mencapai jutaan orang apalagi dengan total keseluruhan pengunjungnya.

Mesin pencarian seperti ini dapat anda manfaatkan jika anda mempunyai sebuah blog yang kebetulan sudah dipasangi iklan, cara pemanfaatannya anda dapat terus mengupdate tulisan diblog anda sebanyak-banyaknya, otomatis mesin pencari akan mendeteksi artikel yang anda tulis setelah dirayapi oleh robot mesin pencari.

Artikel yang paling menarik nantinya akan ditampilkan dihalaman pertama mesin pencarian, sehingga blog yang mempunyai artikel yang tampil dihalaman pertama mesin pencari berkesempatan dikunjungi oleh ratusan orang setiap harinya.

Sekarang lanjut mengenai point penting tentang bagaimana cara mengelola blog melalui ponsel Android, terutama ditujukan untuk orang yang mempunyai keterbatasan waktu untuk membuka Laptop/PC dirumah. Pasti anda pernah berpikiran apakah bisa mengelola blog dari awal sampai blog menjadi terkenal di mesin pencarian hanya melalui sebuah ponsel Android saja? Jawabannya bisa, bahkan untuk semua ponsel Android dari Jellybean sampai ke versi terbaru Android.

Panduan Ngeblog melalui Ponsel Android

Anda harus mempunyai ponsel android minimal kapasitas RAM 512 MB, jika dibawahnya anda tidak akan bisa mengelola blog dengan baik karena akan mengalami force close saat membuka situs blogger melalui ponsel.

Mengapa terjadi demikian? ponsel Android mempunyai keterbatasan kinerja jika anda membuka aplikasi Android secara bersamaan, misalnya jika anda membuka aplikasi tanpa menutupnya (langsung menekan home) otomatis kapasitas RAM ponsel anda akan terpakai banyak, jika RAM penuh otomatis akan menghentikan salah satu atau beberapa aplikasi di Ponsel anda akibatnya terjadi force close ketika anda membuka aplikasi berat.

Nah, karena itulah saya tidak menyarankan ngeblog bagi anda yang mempunyai ponsel kapasitas RAM dibawah 512 MB, karena dapat mengganggu aktivitas ngeblog anda, mulai dari terjadi hang pada ponsel anda, serta dapat menutup paksa browser anda.

Sebelum mengelola blog dari ponsel android, silahkan anda persiapkan aplikasi atau bahan-bahan untuk mengelola blog anda:

  • Aplikasi Notepad untuk menulis artikel
  • Aplikasi pembaca XML untuk mengedit template
  • Aplikasi Blogger untuk posting artikel (boleh tidak memakai)
  • Aplikasi Explorer/Aplikasi pendukung lainnya untuk pendukung saat mengupload Template/Theme, untuk versi Android Jellybean dan dibawahnya.

Semua aplikasi diatas dapat anda cari langsung di Google Playstore, atau mencari manual melalui Google Search di Browser.

Pertama kali mengelola blog melalui ponsel android mungkin anda sedikit kebingungan, karena tampilannya sedikit berbeda dan kecil untuk dilihat melalui ponsel.

Edit Template/Theme Blogger

Silahkan anda mengunduh template blogger anda terlebih dahulu lewat dashboard blogger anda, berikut cara untuk mengunduh template/tema blog anda lewat dashboard blogger.

1. Gunakan Browser Bawaan Android Anda atau Aplikasi Browser lainnya (rekomendasi menggunakan Google Chrome) kemudian kunjungi http://blogger.com.

2. Kemudian anda akan dialihkan ke halaman blogger tampilan desktop.


3. Pilih menu tema kemudian pilih lagi menu cadangkan/pulihkan tepatnya disebelah kanan atas halaman.


4. Pilih Unduh Tema.

Sekarang masuk ke tahap pengeditan, sebelumnya anda harus sudah mempunyai aplikasi pengedit xml untuk android, disini saya menggunakan 920 text editor untuk versi android Jellybean, dan untuk versi android keatasnya dapat menggunakan Quick Edit untuk mengedit xml.


Saya anggap anda sudah mengedit template anda melalui android, silahkan lanjut ke point berikutnya untuk memasang template.

Pasang Template/Upload xml via Android

Cara memasang template blogger melalui android mungkin sedikit berbeda dengan melalui Laptop/PC, karena bagi anda yang tidak mempunyai aplikasi pendukung akan mengalami kesulitan saat mengupload template ke blogger, khususnya untuk versi Android Jellybean atau dibawahnya, kecuali bagi yang sudah menginstal Aplikasi Explore pada android anda.

1. Pergi ke http://blogger.com melalui Chrome atau browser bawaan android anda.

2. Pilih menu tema

3. Pilih lagi menu cadangkan/pulihkan tepat disamping kanan atas halaman

4. Pilih file untuk diunggah, nah untuk android Jellybean pilih saja unggah file menggunakan Aplikasi Explorer atau aplikasi pendukung yang telah anda instal, kemudian pilih template xml yang telah anda edit.


5. Sedangkan untuk Android Lollipop atau keatasnya, pilih Dokumen kemudian pilih Template xml yang telah anda edit.


Sekarang pilih unggah template anda, proses hanya memakan waktu beberapa detik saja tergantung dari ukuran dan koneksi internet anda.

Menulis dan Memposting Artikel

Sebuah inspirasi yang anda miliki dapat anda ketikkan dalam aplikasi notepad atau aplikasi catatan di android anda, setelah anda menuliskan artikel dalam catatan anda, sekarang anda tinggal mempostingnya di Blog.

Jika anda menginstal aplikasi blogger di android anda, anda dapat menyalin semua isi tulisan anda dari catatan kemudian mempastekannya kedalam aplikasi blogger, kemudian anda posting artikelnya.

Berikut cara memposting tulisan anda melalui ponsel android.

1. Salin semua tulisan anda kemudian Buka http://blogger.com menggunakan Browser bawaan atau Google Chrome.

2. Pada menu Pos, pilih buat Entri Baru


3. Setelah anda masuk di halaman Buat Entri Baru silahkan anda pastekan tulisan yang telah anda salin tadi, serta isikan juga deskripsi, tautan permanen, dan label postingan untuk membantu artikel anda cepat diindex oleh mesin pencari Google.

4. Terakhir, klik Publish

Submit Artikel di Google Webmaster Tool

Setelah anda mempublish artikel di blog, artikel anda masih belum terdeteksi oleh mesin pencarian maka langkah selanjutnya untuk mengindeks artikel anda adalah dengan mensubmit link artikel anda pada Google Webmaster Tool (Search Console), namun sebelumnya anda harus sudah mendaftar dan memverifikasikan blog anda di Google Webmaster Tool, jika belum mungkin langkah ini tidak akan berhasil.

Tapi, jika anda memilih untuk tidak mensubmit artikel Anda pada Google Webmaster Tool juga tidak masalah, artikel anda masih tetap dapat dideteksi oleh mesin pencari Google, bedanya artikel anda akan lebih lama dideteksi oleh Google yang membutuhkan waktu satu hari hingga satu minggu untuk tampil di halaman mesin pencarian Google.

1. Jika anda sudah memverifikasi blog anda pada Google Webmaster Tool, silahkan kunjungi http://www.google.com/addurl lalu pastekan link artikel anda pada kotak yang disediakan.


2. Verifikasikan bahwa anda bukan robot dengan mencentang kotak captcha.

- Terakhir, pilih submit.

Sekarang artikel anda akan segera dideteksi oleh Mesin Pencari Google, jika artikel anda masih fresh belum pernah dibahas oleh siapapun di Internet maupun blog lain, anda mempunyai kesempatan artikel anda tampil dihalaman pertama mesin pencari Google, dengan begitu pengunjung akan ramai masuk ke blog anda.

Monetisasi Blog dengan dipasang Iklan Google Adsense

Langkah ini hanya saya sarankan jika anda sudah memiliki blog dengan pengunjung yang telah mencapai ratusan sampai ribuan perharinya, namun jangan asal memasang iklan agar pengunjung blog anda merasa nyaman saat membaca artikel anda.

Ada banyak layanan penyedia Iklan yang dapat anda manfaatkan untuk memonetisasi Blog anda, salah satunya yang terkenal adalah Google Adsense. Layanan gratis bagi yang mempunyai blog atau website untuk dijadikan penghasilan sampingan.

Jika anda mempunyai blog yang sudah banyak pengunjung saya menyarankan anda untuk memonetisasi Blog anda dengan Google Adsense, selain mudah anda juga akan dibayar tinggi karena Google Adsense merupakan program dari Google.

Tapi, sebelum anda mendaftarkan blog anda, blog yang anda kelola harus sudah memenuhi syarat dan Kebijakan Program Google Adsense, jika tidak, blog anda akan ditolak oleh Google. Silahkan anda kunjungi http://support.google.com untuk membaca kebijakan google.

Berikut cara memonetisasi blog anda jika blog anda sudah memenuhi syarat dan kebijakan Google:

1. Masuk ke http://blogger.com

2. Pilih menu Setelan kemudian ubah bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris (Amerika Serikat).

3. Simpan Setelan.

Untuk mendaftar Google Adsense melalui Blog anda harus mengubah setelan bahasa default anda agar menu penghasilan dapat tampil di menu blogger anda.

Berikut contoh sebelum dan sesudah anda mengubah setelan bahasa anda, menu penghasilan akan tampil di menu blogger anda.


Setelah menu penghasilan anda tampil di dashboard blogger anda, silahkan anda cek apakah blog anda sudah bisa didaftarkan ke Google Adsense, jika belum muncul tombol mendaftar anda harus menunggu atau memperbarui blog anda sampai memenuhi syarat Google Adsense.


Jika ternyata sudah memenuhi syarat maka selamat blog anda dapat melanjutkan untuk mendaftar Google Adsense melalui Blog.

Untuk mengelola blog tidak harus menggunakan Laptop/PC selama mempunyai Ponsel Android/Tablet yang dapat masuk ke situs desktop, anda dapat mengelola blog anda kapan saja dan dimana saja menggunakan Gadget anda.

Mungkin anda akan sedikit kerepotan jika mengakses halaman blogger harus menggunakan Laptop/PC belum lagi jika anda tidak mempunyai banyak waktu duduk didepan Komputer.

Demikian semoga tulisan yang saya sampaikan ini bermanfaat bagu para blogger pemula, khususnya bagi yang ingin belajar ngeblog tetapi tidak mempunyai Laptop/PC.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon