03/04/17

Mengapa Penghasilan Youtube Saya berbeda dengan Akun Adsense

Waktu pertama kali saya bergabung di dunia Youtube Adsense, saya pernah dibuat bingung oleh data penghasilan yang ada di Akun Adsense, mengapa data taksiran penghasilan selalu nol rupiah sedangkan di Youtube Analytis sudah ada data taksiran penghasilannya. Lalu saya mencari tau dan bertanya disebuah forum online yang katanya harus menunggu dua bulan, waduh lama sekali ya, jawaban ini membuat saya ragu dan saya mencari jawaban lain yang membuat saya yakin.


Tapi saya tidak menemukan jawabannya, akhirnya saya putuskan untuk menunggu hingga berhari-hari namun masih tetap saja data taksiran penghasilan yang ada di Akun Adsense masih nol rupiah, padahal data jumlah klik dan pps sudah ada, masa taksiran penghasilan masih saja nol rupiah.

Suatu ketika saya login akun Adsense saya, lalu menelusuri semua menu yang ada di Akun Adsense, akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan saya mengapa taksiran penghasilan saya pada akun Adsense selalu nol rupiah, ternyata pemberitahuan sudah dituliskan oleh Google pada lansiran kuning tepatnya pada Menu Performance Report. Pemberitahuan dari Google Adsense bertuliskan bahwa taksiran penghasilan Google Adsense Anda tidak akan diperbarui.

Berikut pesan yang tercantum di menu Peformance Report > Default Report pada Google Adsense:


Mengapa Penghasilan Youtube saya berbeda dengan Saldo Akun Adsense?

Google Adsense sudah menjelaskan melalui menu Performance Report bahwa penghasilan youtube anda akan ditambahkan ke Akun Adsense sebelum tanggal 15 setiap bulan. Soal berbedanya antara taksiran penghasilan Youtube anda dengan saldo akun Adsense anda itu sudah dijelaskan sebelumnya.

Tapi, untuk pertanyaan mengapa taksiran penghasilan yang ada di Google Adsense anda masih nol rupiah? Karena anda mendaftar Adsense melalui situs Youtube, jadi akun Adsense yang anda dapatkan adalah Akun Adsense Hosted yang dapat digunakan untuk menampilkan Iklan di Youtube. Taksiran penghasilan Youtube anda tidak akan ditampilkan di Akun Adsense tetapi akan ditampilkan di Youtube Analytics, jadi Taksiran penghasilan yang ada di Akun Adsense Anda khusus untuk penghasilan Blog dan produk Adsense lainnya.

Di Youtube Analytics, taksiran penghasilan anda secara default akan ditampilkan datanya selama 28 hari terakhir, jadi wajar saja jika taksiran penghasilan Youtube anda selalu berubah-ubah karena bisa jadi penghasilan anda sehari-hari tidaklah selalu sama.

Sekarang Anda sudah mendapatkan jawaban mengapa penghasilan antara akun adsense dan youtube analytics berbeda.

Demikian semoga tulisan singkat yang saya buat ini menjawab pertanyaan anda yang sedang mencari tau tentang perbedaan penghasilan Youtube Analytics dan Akun Adsense.

Artikel Terkait

4 komentar

selamat malam kaka'..
assalamualaikum.

ini yang aku alami sekarang.. dan kasus ini yg bikin aku bingung bgt, sampai ngga enak makan dan ngga bisa tidur..

terus solusinya gmn kaka' kalau mengalami kasus seperti itu..

apakah di rubah akun adsense nya atau tunggu sampai pertengahan bulan (tgl.15)..??

mohon di bantu kaka....

biasanya nanti langsung masuk saldo sebelum tanggal 15, jadi jangan khawatir.

hallo mas
jadi gini penghasilan di youtube sudah 100$
nah yg jadi permasalahan verifikasi pin saya ga datang2 pin nya,terus solusi lain nya gimana mas?

kalau PIN belum datang sampe tiga kali biasanya nanti bisa diverif pake KTP gan, kalau boleh tau itu request PIN yang keberapa?

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon