10/05/17

Cara Akses Facebook Gratis Tanpa Pulsa dan Kuota

Saya akan menebak, setiap orang yang membaca tulisan saya ini pasti memiliki akun facebook, setidaknya 1 akun facebook, kalau memiliki lebih dari 1 akun facebook saya tebak lagi anda adalah seorang pebisnis didunia maya, mengapa saya bilang begitu? rata-rata pebisnis didunia maya pasti memiliki setidaknya 2 akun facebook atau lebih.


Saya tidak akan membahasnya lebih panjang lagi, karena pada tulisan saya kali ini hanya fokus membahas Cara mengakses facebook gratis tanpa pulsa dan kuota, kok bisa mengakses facebook tanpa pulsa dan kuota? apakah ini termasuk cara yang melanggar aturan? Jawabannya sama sekali tidak melanggar aturan, atau malah merugikan pihak operator.

Bahkan saya sendiri sudah mencobanya sendiri hampir setiap harinya, karena pihak operator sendirilah yang menyediakan fasilitas gratis ini kepada semua penggunanya tanpa dikenai kuota maupun pulsa anda.

Batas Kuota Facebook Gratis

Operator seluler yang menyediakan akses facebook gratis tanpa pulsa dan kuota yaitu Indosat Ooredoo, dengan akses maksimal menggunakan kuota facebook gratis hingga 20 MB, selebihnya akan menggunakan kuota maupun pulsa anda, atau jika tidak memiliki pulsa maka akses facebook anda akan terhenti secara otomatis.

Tapi saya sarankan setidaknya anda menggunakan facebook gratis dari Indosat Ooredoo saat tidak memiliki pulsa ataupun kuota, jika masih memiliki pulsa, jangan meneruskan untuk akses facebook karena kemungkinan pulsa anda akan ikut terpotong.

Cara Mengakses Facebook Tanpa data pada Indosat Ooredoo

Mungkin tulisan saya ini sudah ketinggalan zaman, namun bagi yang masih belum tahu mengenai tulisan saya ini semoga membantu, terutama bagi pemula.

1. Silahkan Cek Pulsa Maupun Kuota anda terlebih dahulu pada *555#, jika tidak ada pulsa dan kuota berarti anda bisa lanjut menggunakan facebook gratis tanpa kepikiran pulsa dan kuota.

2. Buka Facebook Anda melalui Aplikasi atau Browser, Login Menggunakan User dan Password anda, pastikan anda menggunakan Jaringan Internet dari Indosat Ooredoo atau Wifi Express (DNet).

3. Kalau Anda Ditawarkan untuk Mengakses Facebook Tanpa Data pada Indosat Ooredoo seperti pada dibawah ini, pilih saja Lanjutkan, atau jika tidak ada tawaran, buka secara manual free.facebook.com.


4. Setelah Anda masuk ke Halaman Beranda Facebook, silahkan lihat Notifikasinya tepatnya diatas menu Facebook, jika terdapat Pesan Anda dalam Mode Gratis berarti anda berhasil mengakses facebook tanpa kuota.


Selamat menikmati facebook tanpa data dari Indosat Ooredoo, harap tidak terlalu cepat mengakses facebook anda dengan membuka halaman satu ke halaman yang lain dalam waktu singkat, karena saya sudah menjelaskan pada tulisan diatas, kita hanya dibatasi hingga 20 MB untuk Facebook Tanpa Data.

Selebihnya anda akan dikenakan pulsa jika ada atau akses facebook anda terhenti secara otomatis, maka dari itu beri waktu jeda 30 detik hingga 1 menit untuk membuka halaman lain di facebook.

Tips tambahan, Gunakan Browser Ringan untuk mengakses facebook Gratis dari Indosat Ooredoo, mengapa saya menyarankan ini? karena jika anda menggunakan facebook menggunakan Browser Bawaan atau Browser Normal (hasil instal sendiri), pasti tampilannya berupa facebook touch.


Facebook touch yaitu tampilan facebook yang hanya dikhususkan untuk pengguna browser bawaan android atau browser normal yang anda instal, tampilan facebook seperti ini tentunya lebih cepat menghabiskan banyak data anda sehingga anda tidak akan terasa penggunaan Facebook Gratis dari Indosat Ooredoo anda telah mencapai batas 20 MB, secara otomatis anda tidak bisa mengakses facebook gratis lagi hingga keesokan harinya.

Berikut ada 3 daftar aplikasi atau browser ringan rekomendasi dari saya, cocok untuk digunakan mengakses facebook gratis dari Indosat Ooredoo:

  • Facebook Lite
  • Opera Mini
  • UC Mini


Selain dari ketiga daftar diatas, masih ada browser ringan lainnya yang bisa anda dapatkan melalui Google Playstore, namun tidak saya rekomendasikan karena kurang populer untuk fitur menghemat data.

Mengapa Facebook Tanpa Data tidak bisa melihat Foto?

Memang sampai saat ini kita tidak bisa melihat foto saat menggunakan facebook tanpa data pada Indosat Ooredoo, karena pada dasarnya kita diberi akses facebook gratis dari Indosat Ooredoo bertujuan untuk komunikasi sesama teman facebook. Kita tetap bisa beraktivitas seperti biasa pada facebook seperti membuat status mengomentari status, dan sebagainya, walaupun tidak bisa melihat update foto maupun album foto teman.

Tetapi untuk foto profil teman kita tetap akan terlihat untuk mempermudah anda mengenali teman anda sendiri, berbeda dengan 0.facebook.com dulu, kita tidak bisa melihat segala jenis foto termasuk foto profil teman kita, jadi foto itu berupa blank.

Penutup

Facebook Gratis ini sebenarnya bukan hanya dapat diakses melalui Jalur Internet Indosat Ooredoo tetapi juga dapat kita akses melalui Wifi Express (DNet), seperti yang tertera pada situs free.facebook.com jika anda mengaksesnya dari Jaringan Internet Operator Lain.

Demikian semoga tulisan yang saya bahas bermanfaat bagi para pemula khususnya yang baru belajar di dunia internet.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon