27/05/17

3 Fitur Penting Untuk Melindungi Akun Instagram Anda

Beberapa waktu lalu setelah ada pembaruan aplikasi Instagram pada Google Playstore, kini Instagram menambahkan beberapa fitur baru untuk melindungi Akun Instagram anda dari hacker, salah satu fitur yang saya bahas disini sebenarnya sama seperti yang ada di facebook. Tapi kebanyakan pengguna mengabaikan fitur perlindungan yang diberikan oleh Instagram, dan fokus sharing foto dan video di akun masing-masing

Walaupun fitur perlindungan banyak yang merepotkan dan sepele, namun sebenarnya sangat penting untuk melindungi akun anda dari para hacker. Mengingat saat ini pengguna sosial media terus ada peningkatan, dan orang yang ingin jail juga meningkat dan anda harus juga segera meningkatkan keamanan akun anda.

Ada beberapa fitur perlindungan yang saya temui pada Instagram, fitur ini dapat anda aktifkan pada Akun Instagram Anda. Berikut fitur-fitur penting yang harus anda terapkan.

1. Autentikasi Dua Faktor

Perlindungan pertama yang sangat ampuh untuk melindungi akun Instagram anda yaitu dengan mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor. Seperti yang saya temui pada Facebook dan Akun Google, fitur perlindungan ini mengharuskan anda untuk verifikasi nomor telepon setiap anda ingin login ke akun Instagram.


Jika sering login dan logout ke akun Instagram pada perangkat yang berbeda, sebaiknya anda mengaktifkan fitur ini guna memverifikasi setiap anda mencoba login ke akun, menariknya meskipun ada orang lain yang mengetahui sandi di akun instagram anda, mereka tetap tidak bisa mengakses akun anda tanpa memasukkan kode verifikasi akun yang dikirim melalui sms.

Anda dapat mengetahui kapan akun anda mencoba untuk masuk pada perangkat lain meskipun ada yang mengakses akun tanpa sepengetahuan dari anda dengan membaca sms yang dikirim oleh 32655, setelahnya anda dapat langsung mengubah katasandi anda jika ada aktifitas yang masuk yang tidak dikenali pada akun anda.

2. Beralih ke Akun Pribadi (Opsional)

Fitur perlindungan ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki banyak kiriman pribadi yang hanya ingin dibagikan ke orang-orang tertentu saja, tanpa dilihat oleh orang lain yang bukan merupakan pengikut anda. Mereka yang bukan pengikut anda tidak akan dapat melihat satupun kiriman anda kecuali anda menyetujuinya untuk mengikuti anda.

Bukan cuma itu, setelah anda menyetujui orang lain untuk mengikuti, tautan kiriman foto atau video yang anda bagikan tidak akan ditampilkan pada setiap postingan sehingga pengikut anda tidak dapat menyalin tautan foto dan video anda untuk mengunduh kiriman yang anda bagikan, nah keren bukan fiturnya? ini dapat anda aktifkan jika akun anda termasuk dalam kategori akun pribadi.

Tidak berlaku untuk akun Instagram kategori bisnis atau akun yang sudah tertaut ke Fanspage Facebook, seperti pada ketentuan Instagram Akun Bisnis tidak boleh Pribadi, tetapi anda dapat beralih ke Akun Pribadi kapan saja namun fanspage facebook anda tidak akan lagi tertaut ke akun Instagram Anda.

3. Informasi Kontak Telepon/Email

Tambahkan Informasi pribadi seperti nomor telepon atau email agar anda tidak kehilangan akses saat anda lupa kata sandi akun Instagram, sehingga kedepannya anda dapat memilih opsi lupa kata sandi kemudian memverifikasi nomor telepon atau email anda untuk mengubahnya ke kata sandi baru.

Opsi kontak mungkin tidak terlalu penting tapi sangat beresiko jika suatu saat anda kehilangan akses ke akun dan anda tidak mempunyai informasi pribadi untuk mengakses kembali akun anda. Jadi segera tambahkan Informasi pribadi ini pada bagian sunting profil tepatnya pada menu profil akun anda.

Untuk menambahkan Informasi Penting didalam akun, anda dapat menggunakan aplikasi Instagram pada Android, jadi tidak harus menggunakan Desktop pada perangkat PC, karena semua keamanan dapat anda atur sepenuhnya lewat Aplikasinya.

Itulah 3 fitur penting untuk melindungi akun Instagram anda, jika anda mengaktifkan semua fitur diatas, saya jamin akun anda sepenuhnya menjadi kendali anda. Demikian semoga informasi singkat yang saya sampaikan bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon