21/05/17

Cara Melihat Visitor Blog melalui Aplikasi Google Analytics

Ketika baru terjun di dunia blog, terutama membuat blog gratisan dari blogspot, pasti kita pernah menganggap pageview adalah jumlah pengunjung blog kita yang sebenarnya. Anggapan itu ternyata salah dan anda akan mulai mendapatkan pengetahuan baru ketika mulai serius dalam mengelola blog, dimana ada perbedaan antara pageview dan visitor, perbedaan ini sangat jauh sekali dari dugaan kita sebelumnya.


Visitor blog adalah jumlah pengguna yang mengunjungi blog kita, istilahnya satu perangkat yang mengunjungi blog kita, sebanyak apapun halaman yang dibuka oleh pengguna tersebut akan tetap dihitung satu, yaitu satu visitor.

Sedangkan pageview adalah jumlah berapa kali halaman blog kita dibuka, misalkan kita mempunyai visitor sebanyak 3 orang masing-masing visitor membuka sebanyak 3 halaman manapun di blog kita, jika dijumlahkan 3 x 3 = 9 berarti itulah jumlah pageview blog kita.

Jumlah pageview dapat kita temui pada dashboard blogger, tentunya jika anda seorang blogger pasti tidak asing lagi dengan statistik pageview yang berada di dashboard blogger, karena menurut kebanyakan pengguna, statistik ini selalu diperhatikan terutama oleh blogger pemula, jika pageview blog kita meningkat, kita menjadi lebih semangat ngeblog.

Lalu Bagaimana Cara Melihat Visitor pada Sebuah Blog?

Meskipun banyak layanan seperti histats dan sebagainya, kali ini saya hanya membahas layanan dari Google Analytics untuk melihat berapa jumlah pengguna yang mengunjungi blog kita. Selain melihat total jumlah pengunjung, kita juga dapat melihat berapa pengguna yang sedang online di blog kita.

Berikut Cara Melihat Statistik Blog pada Aplikasi Google Analytics

Pastikan sebelumnya anda sudah menghubungkan blog anda pada Google Analytics, jika belum menghubungkan blog anda silahkan hubungkan terlebih dahulu dengan login di Google Analytics melalui Desktop PC.

1. Pasang Aplikasi Google Analytics pada Google Playstore, silahkan ketikkan kata kunci Analytics pada kotak pencarian Aplikasi.

2. Setelah terpasang pada Android Anda silahkan Buka Aplikasinya.

3. Login menggunakan Akun Google yang terhubung dengan Analytics, jika tidak ada silahkan tambahkan akun secara manual melalui Setelan Akun.

4. Pilih Situs Web/Blog Anda, lalu pilih Tampilkan semua data di situs web.


5. Lihat Ikhtisar Pemirsa Anda, jumlah pengguna yang ada pada data tersebut merupakan jumlah visitor blog anda sesungguhnya bukan lagi pageview yang selama ini dianggap sebagai visitor hehe, sedangkan real time yaitu jumlah orang yang sedang online di blog anda.


Anda juga dapat melihat statistik visitor blog anda selama hari ini, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir, atau bulan ini. Untuk mengubahnya silahkan klik tanggal statistik anda pada Google Analytics silahkan pilih data statistik sesuai keinginan anda.

Mengapa saya lebih memilih Google Analytics?

Karena Blogger dan Analytics merupakan layanan milik Google, jadi kita tidak perlu membuat sebuah akun baru untuk menggunakan Analytics, cukup menggunakan satu email saja, selain kita gunakan untuk mengelola akun blogger sekaligus kita juga dapat menggunakannya untuk Google Analytics.

Layanan Analytics ini gratis tidak dipungut biaya sepeser pun, jadi bagi anda yang belum memasang Analytics silahkan pasang agar anda tahu berapa jumlah pengguna/visitor yang mengunjungi blog anda.

Demikian semoga informasi singkat ini bermanfaat buat blogger pemula, terus semangat posting agar pengunjung blog anda semakin meningkat.

Artikel Terkait

2 komentar

Makasih, jadi tambah pengetahuan disini, jadi ada pencerahan. makasih sekali lagi gan!

sama-sama, terimakasih atas kunjungannya.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon