15/05/17

Cara Meneruskan Email Masuk Gmail Secara Otomatis

Memiliki banyak email penting memang sangat merepotkan, terutama jika harus bergantian login dan logout hanya untuk mengecek apakah ada email masuk. Jika tidak ada email masuk berarti sia-sia kita melakukan login dan logout secara bergantian. Belum lagi jika email penting yang kita punya lebih dari 5 email, tentunya kita harus memiliki 5 jenis browser terinstal pada komputer agar tidak sering login dan logout mengandalkan satu browser saja.


Tapi rasanya menginstal banyak browser pada satu komputer itu tidak diperlukan, yang ada hanya akan mengurangi kinerja ram komputer, dan memberat-beratkan sistem, jadi cara praktis yang bisa kita lakukan yaitu mengaktifkan forward otomatis pada semua semua email yang kita punya ke satu email utama.

Maksudnya seperti ini, anggap saja kita mempunyai 5 email penting yang masing-masing harus kita cek satu persatu kotak masuknya. Nah, dengan melakukan forward otomatis, kita tidak perlu bergantian login dan logout, karena dari 5 email yang kita punya akan meneruskan semua pesannya ke email utama kita.

Jadi kita cukup menggunakan satu email saja untuk membaca kotak masuk kelima email yang kita punya. Enak bukan? hanya mengandalkan satu email utama saja untuk membaca semua kotak masuk dari kelima email. Tapi tetap saja mempunyai kelemahan ketika ingin membalas email yang masuk, kita harus login ke email terakhir yang memforward email masuk kita.

Sebelumnya saya sudah mengshare cara mengaktifkan balasan otomatis pada gmail, anda dapat mengaktifkannya pada masing-masing email yang anda punya.

Baca: Cara Mengaktifkan Email Balasan Otomatis pada Gmail.

Kita masuk ke tutorial utamanya, dari semua email yang kita punya, tentukan satu saja email utama, saya anggap anda mempunyai 5 email dan email pertama adalah email utama anda, abaikan saja email ini.

Cara Meneruskan Email Masuk Secara Otomatis

Langkah ini, jika anda sedang tidak menggunakan komputer/pc alias hanya menggunakan android, anda wajib masuk ke gmail pada tampilan desktop, untuk cara mengubahnya silahkan masuk ke www.gmail.com terlebih dahulu pada browser bawaan anda, lalu masuk ke menu browser anda, centang Minta Situs Desktop.

Jika masih tampilan seluler, ubah secara manual, dengan masuk ke drawer menu, lalu pilih Lihat Gmail dalam Desktop dan anda akan melihat situs gmail dalam tampilan desktop.

1. Buka setelan Gmail, dari setelan umum silahkan masuk ke setelan penerusan dan pop/imap.


2. Pilih tambahkan alamat penelusuran, lalu masukkan alamat email utama yang akan digunakan untuk membaca semua kotak masuk dari kelima email.


3. Akan ada permintaan untuk memverifikasikan alamat email utama anda, klik Kirim Petunjuk Verifikasi pada pop up tersebut.


4. Buka Email Utama anda, cek kotak masuk dari Tim Gmail lalu klik link kode verifikasi yang dikirimkan oleh Tim Gmail, atau anda dapat mengcopy angka kode verifikasi untuk verifikasi secara manual.


5. Verifikasi telah berhasil dilakukan, selanjutnya buka lagi setelan gmail lalu masuk ke penerusan dan pop/imap.

5. Pilih teruskan salinan email masuk ke emailutamaanda@gmail.com dan pilih simpan salinan email masuk atau menghapus salinan email masuk anda.

6. Terakhir, klik simpan perubahan anda.

7. Lakukan hal yang sama pada email anda yang lainnya, intinya meneruskan semua kotak masuk di semua email anda ke email utama.

Sekarang anda hanya mengandalkan email utama anda, jika salah satu email lain anda menerima email masuk, otomatis isi email tersebut akan diforward ke email utama anda tanpa harus login ke email tersebut. Jadi, dapat menghemat waktu luang anda karena anda tidak harus login bolak-balik hanya untuk membaca email masuk.

Mungkin itu saja tutorial saya kali ini semoga dapat membantu anda yang mempunyai banyak email, akhir kata semoga tutorial ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon