14/06/17

3 Aplikasi Sosial Media Populer versi Lite

Memiliki akun sosial media sudah dianggap trend untuk zaman modern ini, karena anda dianggap ketinggalan zaman kalo tidak memiliki akun sosmed. Beberapa manfaat umum memiliki akun sosmed diantaranya adalah, dapat berkomunikasi dengan sesama teman, berbagi status kepada publik dan yang paling menariknya dapat bertemu dengan teman sebaya kita, biasanya sosial media dapat mempertemukan kita dengan teman-teman lama atau teman yang sudah lama tidak bertemu.

Pernah tidak sengaja saya menemukan beberapa akun teman lama saya disosmed, ketika itu saya sedang memanfaatkan fitur sinkronisasi kontak telepon saya, langsung saya sikronkan pada saat itu, setelah sinkronisasi berjalan dengan baik, saya terkejut dengan berbagai daftar saran teman yang muncul.

Sebagian besar dari daftar itu merupakan orang-orang yang saya kenal, saya merasa bingung, bagaimana sosial media dapat menyarankan saya dengan orang yang saya kenal?

Berikut beberapa jawaban yang saya temukan.


  • Akun anda terhubung dengan nomor telepon anda.
  • Akun teman anda terhubung dengan nomor teleponnya.
  • Teman anda berteman dengan teman anda, istilahnya teman yang sama.


Disaat yang sama setelah menyinkronkan semua kontak telepon, akan muncul beberapa daftar teman yang sudah terhubung dengan nomor teleponnya, sebagian besar saran yang ditampilkan mungkin adalah teman yang anda simpan nomor teleponnya sehingga dapat sinkron dengan akun anda.

Sayangnya tidak semua fitur sinkronisasi tersedia untuk aplikasi sosmed versi lite, jadi hanya dapat mengandalkan aplikasi sosmed versi normalnya.

Kembali ke topik yang saya bahas kali ini, Aplikasi sosmed terbagi menjadi dua jenis, yaitu normal dan lite, untuk yang normal biasanya memorinya cukup besar dan khusus untuk perangkat high end, sedangkan versi lite merupakan versi ringannya karena aplikasinya berukuran lebih kecil dan tidak memakan banyak memori.

Aplikasi lite bukan hanya untuk perangkat low end saja, mengapa? banyak pengguna android lebih memilih aplikasi lite meskipun sedang menggunakan perangkat high end, karena dirasa menghemat penggunaan ram dan baterai. Berbeda dengan aplikasi normalnya, biasanya ukurannya 3 kali lebih besar atau bisa sampai 5 kali dari aplikasi litenye.


Berikut 3 aplikasi sosial media populer versi litenya.

1. Facebook Lite

Ukuran aplikasi ini cukup kecil, terakhir update yang saya lihat aplikasi ini tidak berukuran sampai 1 MB, sehingga dapat menghemat penggunaan internal anda, selain itu aplikasi facebook lite bisa dijalankan di ponsel low end, serta juga dapat diakses pada jaringan 2G.

Menariknya, facebook lite tidak memerlukan aplikasi tambahan seperti messenger, berbeda dengan aplikasi facebook versi normalnya yang mengharuskan memasang messenger untuk melihat pesan masuk.

2. Messenger Lite

Messenger lite ini merupakan aplikasi messenger versi ringannya, fiturnya sama seperti messenger versi normal, hanya saja ada beberapa pengurangan fitur tambahan untuk aplikasi versi litenya, namun hal itu tidak tidak terlalu penting dibandingkan dengan akses ringannya aplikasi ini.

Tampilannya juga cukup simpel dan menarik, mulai dari daftar pesan sampai daftar teman facebook yang sedang online, meskipun versi litenya tidak dapat menampilkan balon percakapan seperti messenger versi normal, aplikasi ini tetap dapat menampilkan notifikasi ketika ada pesan masuk biasa atau pesan permintaan baru.

3. Line Lite

Terakhir, aplikasi Line versi ringannya, Aplikasi ini 10 kali lebih ringan dari aplikasi normalnya, namun demikian ada beberapa pengurangan fitur yang tidak dapat diakses pada versi ringannya, diantaranya tidak dapat mengirim, menerima stiker, atau melakukan panggilan suara dan video.

Selain itu, aplikasi line lite tidak dapat dihubungkan di beberapa game atau aplikasi milik Line Corp, tapi semua kekurangan yang saya sebutkan diatas tidak terlalu penting dibandingakan dengan satu kelebihannya yang tidak terlalu banyak memakan kapasitas memori internal serta dapat menghemat penggunaan ram dan baterai.

Semua aplikasi lite yang saya share diatas dapat anda temukan sekaligus dalam satu kata kunci, apa kata kuncinya? ketikkan aplikasi lite pada Google Playstore, ketiganya akan tampil diatas, dan silahkan tinggal klik dan pasang, menarik bukan?

Demikian semoga postingan saya bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon