05/06/17

Cara Memblokir Penggunaan Data Seluler pada Aplikasi Tertentu

Beberapa aplikasi android memang ada yang suka nakal, saat mengaktifkan data seluler, secara otomatis mendownload berbagai data yang tidak kita perlukan tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya pada status bar. Sebagian orang mungkin bingung mengapa kuota 1GB habis dalam satu hari, padahal tidak melakukan streaming atau bahkan download, tapi kuota itu dapat habis tanpa tersisa sedikitpun.

Setelah saya meneliti dengan jelas, memang ada beberapa aplikasi android yang nakal, jadi anda harus hati-hati setiap ingin memasang aplikasi apapun, apalagi aplikasi hiburan semacam games karena sebagian besar aplikasi games juga suka mendownload data-data sendiri tanpa sepengetahuan kita.

Cara mengatasi masalah ini, anda cukup mematikan data seluler ketika anda tidak menggunakan smartphone, tapi masalah ini tetap akan muncul ketika anda mulai mengaktifkan data seluler. Nah jadi gimana? apa harus menguninstal aplikasi yang bersangkutan? Tidak, anda hanya perlu memblokir atau membatasi penggunaan datanya saja.

Fitur Pemblokir Data Latar Belakang Aplikasi pada Android

Jika anda belum tahu, setiap ponsel android memiliki fitur ini, tapi terkadang fitur ini diabaikan oleh banyak pengguna karena memang sebagian besar pengguna tidak tahu apa fungsi fitur ini. Sebenarnya fitur ini berguna untuk memblokir/membatasi penggunaan data pada aplikasi tertentu agar tidak berjalan pada latar belakang, jadi saat kita membatasi penggunaan data, aplikasi yang bersangkutan tidak dapat menggunakan data seluler meskipun posisi ponsel dalam keadaan data seluler aktif.

Intinya, setelah mengaktifkan fitur ini berarti kita telah melarang aplikasi tersebut untuk menggunakan data seluler.

Apa yang terjadi pada aplikasi setelah dibatasi penggunaan data selulernya?

Aplikasi tetap berjalan normal seperti biasa, kecuali aplikasi game online, ataupun aplikasi yang memang aksesnya membutuhkan akses internet. Jadi, tidak sembarangan aplikasi dapat kita blokir, karena jika salah mungkin beberapa fitur penting pada android anda tidak lagi berfungsi dengan baik, semisal Sinkronisasi jika memblokir Aplikasi Layanan Google Play. Setiap aplikasi yang telah dibatasi penggunaan data selulernya berarti telah diperintah untuk tidak menggunakan data seluler meskipun data seluler kita dalam keadaan aktif.

Bagaimana Cara Memblokir Penggunaan Data Seluler Untuk Aplikasi Tertentu?

Untuk memastikan apakah ada aplikasi nakal yang perlu kita blokir penggunaan datanya, silahkan pergi ke Pengaturan lalu masuk ke Penggunaan Data.

Disini silahkan atur tanggal penggunaan datanya terlebih dahulu lalu lihat aplikasi teratas yang menurut anda paling mencurigakan, jika anda menemukan aplikasi mencurigakan, langsung saja masuk ke aplikasinya lalu gulir kebawah dan Aktifkan batasi data latar belakang apl.


Itu adalah contoh aplikasi yang saya batasi penggunaan data latar belakangnya, silahkan masuk ke aplikasinya, jika ada notif data seluler nonaktif (tergantung dari aplikasi) sedangkan data seluler anda aktif, berarti aplikasi tersebut sudah berhasil anda blokir untuk menggunakan data seluler

Beberapa aplikasi mungkin bekerja dengan tidak baik setelah dibatasi penggunaan data selulernya, misalnya aplikasi yang serupa dengan aplikasi chatting atau aplikasi yang memang aksesnya harus menggunakan data seluler, tapi hal itu tidak menjadi masalah ketika anda mengembalikan setelannya seperti semula.

Membatasi Penggunaan Data pada Ponsel Xiaomi/MIUI

Diponsel Xiaomi, langkah ini sebenarnya tidak jauh beda, hanya saja ada beberapa perbedaan sedikit.
Langsung saja untuk memblokir penggunaan data di ponsel Xiaomi anda bisa melakukan beberapa langkah seperti dibawah ini:

Masuk ke Setelan, kemudian silahkan pilih menu Penggunaan Data.


Sekarang anda bisa memilih aplikasi mana saja yang ingin anda batasi penggunaan datanya.


Dalam hal ini saya telah memilih aplikasi yang akan saya batasi penggunaan datanya.

Anda akan menemukan beberapa setelan seperti ini:


Apa maksud setelan menu diatas?

Daripada nanti ada yang bingung, berikut saya jelaskan.

Data latar belakang

Fitur yang memungkinkan sebuah aplikasi tetap berjalan dilatar belakang baik menggunakan koneksi wifi maupun koneksi data seluler.

Jika anda menonaktifkan fitur ini, aplikasi akan mengalami gangguan seperti tidak dapat menerima pesan, karena salah satu syarat agar aplikasi tetap update adalah dengan cara tetap membuka aplikasi.
Terutama jika aplikasi ini merupakan aplikasi pesan singkat seperti whatsapp.

Wifi

Fitur yang membolehkan aplikasi untuk menggunakan koneksi wifi, jika anda mematikannya, aplikasi hanya akan berjalan jika anda menggunakan koneksi selain dari koneksi wifi.

Seluler

Fitur yang membolehkan aplikasi untuk menggunakan koneksi data seluler, jika dimatikan, aplikasi hanya dapat berjalan jika anda menggunakan koneksi selain dari koneksi data seluler.

Membatasi penggunaan data pada beberapa aplikasi sekaligus (MIUI)

Ini adalah opsi terakhir bagi pengguna xiaomi apabila anda memiliki banyak aplikasi yang harus dieksekusi karena terlalu banyak pemakai data seluler.

Untuk membatasi penggunaan data pada banyak aplikasi sekaligus, dibutuhkan sebuah ketelitian, karena anda tidak boleh mematikan sembarang aplikasi melainkan aplikasi yang memang tidak dibutuhkan.

Misalnya aplikasi games online, aplikasi musik, maupun beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting jika menggunakan data.

Silahkan simak langkah dibawah ini:

1. Buka Menu Setelan.

2. Pilih Kartu SIM dan Jaringan Seluler.

3. Pilih Atur Penggunaan Data.

4. Aktifkan Setelan Tambahan Notifikasi Penggunaan Data.


5. Sekarang, buka Notifikasi Ponsel anda, seperti dibawah ini:


Jika anda melihat notifikasi tersebut muncul, silahkan masuk ke menu tersebut.

6. Pilih Batasi Penggunaan Data.


7. Akan tampil daftar aplikasi yang siap dieksekusi.
Dalam daftar aplikasi tersebut, anda bisa menonaktifkan atau mengaktifkan aplikasi kapan saja untuk penggunaan data hanya dengan melakukan centang pada aplikasi.


Demikian semoga apa yang sudah saya tulisakan disini dapat berguna bagi semua pembaca khususnya pemula.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon