25/06/17

Cara Cek Kodepos Tujuan dan Melacak Kiriman Online Paket Pos

Halo sobat pengunjung, mungkin sobat disini ada yang pernah menggunakan Jasa Pos Indonesia untuk mengirim barang keluar kota, bagaimana menurut pendapat anda? apakah layanannya memuaskan atau malah sebaliknya? mungkin pendapat semua pembaca sangat beragam, kalau menurut saya layanannya cukup memuaskan.

Berhubung ada layanan mudah untuk konsumen mulai dari cek kodepos sampai melacak kiriman via online, jadi kali ini saya akan fokus membahas topik ini.

Kodepos itu penting untuk dicantumkan sebelum anda mengirimkan paket ke daerah tujuan, karena kodepos itu sendiri merupakan perwakilan dari sebuah kecamatan. Kalau anda salah memasukkan kodepos untuk daerah tujuan, kemungkinan paket yang anda kirimkan melalui jasa pos akan tertunda, atau bahkan dikembalikan kepada pengirim dengan alasan alamat tidak jelas.

Tapi mungkin tidak menjadi masalah bagi yang mengantarkan paket, asalkan alamat yang anda tulis sudah benar dan tercantum nomor telepon penerima, jika butuh bantuan, petugas pos nantinya akan menghubungi penerima paket kiriman.

Sebelum memutuskan untuk mengirim paket ke daerah tujuan melalui Jasa Pos Indonesia, ada baiknya anda memastikan alamat dan kodepos yang dituliskan sudah benar. Untuk mengecek apakah kodepos yang anda masukkan sudah benar atau tidak, anda dapat menanyakannya terlebih dahulu ke orang sekitar anda atau jika masih belum yakin, langsung cek melalui situs wes resmi milik Pos Indonesia.

Bagaimana jika sudah terlanjur salah menulis kodepos pada kiriman?

Tunggu saja sampai kiriman dikembalikan, anda harus mengubah kodepos dan mengirim ulang paket, atau jika kiriman tidak dikembalikan berarti sudah diantar ke penerima. Untuk mengetahui status barang anda saat ini, pastikan anda memiliki nomor resi kiriman anda, agar anda dapat melacaknya melalui situs pos indonesia.

Tanpa nomor resi, barang yang anda kirimkan tidak dapat dilacak, karena nomor resi satu-satunya syarat untuk melacak kiriman.

Sebenarnya kita tidak perlu khawatir kiriman pos kita akan sampai atau tidak asalkan sudah yakin alamat dan kodepos kita sudah benar, jika anda ingin mengecek apakah kodepos anda sudah benar sesuai dengan alamat tujuan anda silahkan cek, berikut:

Cara Mengecek Kodepos Tujuan Kiriman Anda

Pertama-tama Buka Halaman Alamat Kodepos Indonesia lalu atur provinsi sesuai dengan daerah tujuan pengiriman barang. Pada kotak kosong isi dengan kodepos tujuan, kemudian Cari.


Setelah mengirim permintaan, kodepos yang anda tulis akan menampilkan data-data daerah terkait secara lengkap mulai dari kabupaten, provinsi, dan kelurahan/desa. Biasanya kodepos itu hanya berlaku maksimal untuk satu kecamatan saja, jika anda sudah pindah ke area kecamatan lain, kodeposnya sudah beda lagi.

Setelah anda yakin kodepos daerah tujuan sudah benar, silahkan tuliskan alamat lengkap beserta kodeposnya ke paket kiriman anda.

Jangan lupa untuk mengecek tarif kiriman melalui halaman Tarif Kiriman Pos, anda dapat mengecek tarif berdasarkan tujuan, berat barang, nilai barang, dan ukuran dimensi. Dan mungkin dapat anda pertimbangkan kembali harganya sebelum anda mengirim ulang paket pos.

Soal harga, layanan pos kilat khusus dapat mengenakan tiga kali lipat harga dari layanan pos biasa, tergantung dari jenis barang yang anda kirimkan.

Untuk memastikan barang kiriman anda sampai dengan lancar, silahkan lacak menggunakan nomor resi yang anda peroleh dari kantor pos, berikut:

Cara Melacak Kiriman Paket Kiriman Pos Anda

Di situs resmi Pos Indonesia, anda juga bisa melacak barang kiriman anda, apakah sudah sampai ke tempat tujuan? caranya, anda dapat menggunakan nomor resi yang anda peroleh, jadi selalu perhatikan setiap anda mengirim barang kemanapun menggunakan Jasa Pos Indonesia, pastikan anda menyimpan bukti pengiriman beserta nomor resi barang kiriman.

Tidak ada kemungkinan melacak barang tanpa adanya nomor resi, karena nomor resi adalah salah satu identitas barang kiriman anda.

Cara Menggunakan Nomor Resi Untuk Melacak Barang Kiriman

Untuk melacak kiriman anda pada Pos Indonesia, catat terlebih dahulu nomor resi anda lalu buka halaman Lacak Kiriman pada Website Resmi Pos Indonesia.


Pada bagian Jenis pencarian pilih kiriman sesuai dengan paket yang anda gunakan (umum, korporat atau weselpos)

Selanjutnya isi nomor resi kiriman anda, terakhir isi kode keamanan, kemudian cari barang kiriman.

Mudah sekali bukan caranya? Sebenarnya masih banyak layanan-layanan yang dapat kita cek melalui situs resminya dan layanan kiriman pos yang sudah tidak asing lagi yaitu layanan pos biasa atau pos kilat khusus, pos biasa kirimannya biasa berlangsung selama satu minggu atau bisa lebih, sedangkan kilat khusus hanya membutuhkan waktu paling lama tiga hari dan yang paling cepat satu hari sampai ke tujuan.

Sekarang anda tinggal menunggu barang kiriman anda sampai ke tempat tujuan. Demikian, semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon