02/06/17

Kebijakan Youtube, Harus 10000 Views untuk Mengaktifkan Monetisasi

Beberapa waktu lalu youtube memperbarui kebijakan program partner yang mengharuskan setiap channel mempunyai 10000 views agar dapat memonetisasi konten video miliknya, jika belum mencapai 10000 views, channel tersebut tidak dapat dimonetisasi meskipun videonya full original. Sebelumnya kebijakan ini berlaku untuk setiap channel baru yang ingin bergabung, tapi seiring berjalannya waktu youtube memperbarui kebijakannya lagi untuk semua channel harus sudah 10000 views agar dapat memonetisasi videonya, baik itu channel baru maupun channel lama.


Mungkin anda sempat bingung ketika channel anda tidak menampilkan iklan atau fitur monetisasi dinonaktifkan, padahal channel anda berisi video full original tanpa sisipan konten berhak cipta, tanpa melanggar kebijakan akan tetapi mengapa iklan hilang begitu saja? dan selanjutnya mengapa video saya tidak dapat lagi dimonetisasi?

Mengapa channel saya tidak dapat dimonetisasi lagi?

Video anda digugat oleh pemilik aslinya

Anda tidak bisa memonetiasi konten video milik orang lain, kecuali mendapatkan izin sepenuhnya atau paling penting mencantumkan sumber pada deskripsinya, mungkin pada awalnya baik-baik saja seiring berjalannya waktu, jika sipemilik menggugat video anda menggunakan Content ID, video anda mungkin akan dihapus, dibisukan, atau dimonetiasi oleh penggugat.

Video anda sedang ditinjau ulang

Mungkin karena video tidak ramah pengiklan, ikon dollar hijau yang ada pada video telah berubah menjadi dollar kuning yang artinya video anda ditinjau ulang oleh pihak youtube, setelah ditinjau dan video anda disetujui, otomatis video anda menampiklan iklan kembali.

Video anda dinyatakan melanggar

Terdapat tanda ikon dollar dicoret, artinya anda tidak dapat memonetiasi video tersebut karena video bersifat melanggar ketentuan sehingga tidak ramah dipasangi iklan.

Channel anda belum mencapai 10000 views

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Support Google, channel yang memiliki kurang dari 10000 penayangan tidak dapat lagi memonetisasi video miliknya. Artinya anda harus mengumpulkan view channel anda terlebih dahulu agar dapat menampilan iklan di video anda.

Baca: Tips Berbagi Video Youtube agar Mendapatkan banyak Viewer.

Kebijakan ini bukan hanya untuk menyeleksi setiap channel, tapi sekaligus melindungi semua konten milik pengguna seperti pada kebanyakan pengguna di youtube yang melakukan upload ulang tanpa izin atau tanpa mencantumkan sumbernya, sehingga pemilik aslinya sewaktu-waktu dapat melaporkan ke pihak youtube ketika menemui video miliknya diupload tanpa izin, jika laporannya valid, video pun dihapus atau yang paling parah channel disuspend.

Kalau sudah terkena suspend, kita tidak dapat lagi bergabung menjadi partner youtube dengan menggunakan nama dan alamat yang sama, kalau tetap dipaksakan suspend kembali terjadi meskipun channel belum terisi video satupun. Solusinya, anda dapat menggunakan nama saudara atau nama orang tua anda, dan selanjutnya mematuhi kebijakan dari youtube.

Selain untuk melindungi konten milik pengguna, sebelum adanya kebijakan ini, banyak channel baru yang asal memonetisasi tanpa memiliki views sama sekali sehingga pengiklan yang memasang iklan banyak yang tidak mendapatkan respon dari iklan yang dipasangnya. Sebenarnya ini tidak masalah bagi pengiklannya, karena tidak mengeluarkan biaya untuk iklan yang tidak mendapatkan respon.

Berarti channel tersebut tidak menghasilkan apa-apa karena tidak ada yang merespon iklan yang tampil, itulah fungsi dari kebijakan youtube yang baru. Demikian semoga informasi singkat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

12 komentar

Punyaku di aplikasi CREATOR STUDIO, VIEW NYA 6000, tapi pas masuk melakui mozila firefox, di bagian monetisasi nya masih 500+ view, kenapa itu ya?

biasanya belum diupdate, tunggu aja satu atau beberapa hari, setelah itu cek lagi di mozilla nya (yt desktop).

Permisi saya sudah mematuhi semuanya dan channel youtube saya sedang di tinjau tp sampai saat ini blum ada konfirmasi dr pihak youtube. Bisa di bantu gan kenapa bln ada email dr youtube

tunggu aja, karena tidak nentu waktunya, ada yang 1 minggu, ada yang 1 bulan lebih, karena yang mereview channel kita nantinya tim Youtube nya langsung (bukan sistem otomatisnya lagi).

Ohh gitu jd emang lama ya.. Notif di channel nya seminggu sih jd kaya php ga ada kabar. Oke deh thx gan

Halo gan, saya kan belajar jadi youtuber. Video saya baru mencapai 2000 an. Content nya Macam2 Tpi saya pernah upload video tayangan bola dan motogp. Nah yang 2 itu video nya sempat di cekal di seluruh dunia katanya. Langsung aja saya hapus video nya.
Pertanyaan nya Apakah nanti waktu saya udah mencapai 10000 dari video yg baru2, saya bisa lulus atau kah akan sia2 dan akan di baned karena pernah melakukan kesalahan?
Mohon pencerahannya. Terima kasih

nggak masalah gan, kecuali ada kesalahan selama peninjauan setelah 10rb views.

ikon dollarku di coret. aku harys gmana gan

monetisasi saya ada tulisan tidak di aktifkan. karena memang baru 1 rb an viewers. berarti harus nunggu 10000 viewers dulu baru statusnya aktif? karena saya takutnya akun saya gak bisa lagi di monetisasi gara-gara pernah dapat peringatan hak cipta. kalau gara2 belum dapat 10k viewers, saya bakal lanjutkan tuh akun.

Soal hak cipta sebenarnya nggak berpengaruh ke monetisasi.

Kalau soal kebijakan, sekarang kebijakan youtube sudah berubah lagi.

http://www.sememi.net/2018/01/kebijakan-youtube.html

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon