10/06/17

Cara Mengatasi Pesan Lalu Lintas Tidak Wajar pada Google Search

Tidak lama setelah mengetikkan kata kunci yang relevan pada kotak pencarian google, selanjutnya saya menekan search untuk mencari artikel yang saya inginkan, ternyata google mencegah saya melakukan itu dan memberikan kotak captcha sebelum melanjutkan dengan alasan adanya lalu lintas tidak wajar pada perangkat atau browser yang saya gunakan.

Jujur saja ini merupakan pengalaman pertama saya, bagaimana bisa google mendeteksi adanya aktivitas tidak wajar pada ponsel saya, saya sedikit bingung sedangkan saya tidak lebih menggunakan tools apapun selain dari mengunjungi dan mencari informasi yang saya inginkan pada kotak pencarian.

Yang saya lakukan hanyalah mengetik dan menekan tombol search kemudian dialihkan ke halaman captcha, disitu tertera pesan bahwa terdapat lalu lintas tidak wajar pada komputer kita. Tapi saya yakin saya sendirilah yang mengirimkan permintaan ini, dan bukan robot.

Setelah mencari informasi kesana dan kesini akhirnya saya dapat menyimpulkan apa penyebab google mencegah saya dengan alasan adanya lalu lintas tidak wajar.

lalu lintas robot pada google search

Penyebab Google mendeteksi adanya Lalu Lintas tidak wajar

1. Kemungkinan karena kita mengirimkan permintaan secara berulang-ulang, atau mencari informasi yang sama secara berulang-ulang pada kotak pencarian dalam waktu singkat sehingga google mendeteksi aktivitas kita sebagai robot, bukan manusia. Seperti contohnya mengetik kata kunci yang sama secara berulang.

2. IP address yang kita gunakan dianggap mencurigakan oleh Google, jadi meskipun kita membagi koneksi pada perangkat lainnya (hotspot), pesan ini akan tetap muncul kecuali jika kita memakai koneksi internet dari provider lain.

3. Browser yang kita gunakan dianggap mencurigakan, yang satu ini mungkin ada kaitannya dengan poin pertama, jadi kita dapat mengatasi masalah ini dengan memakai browser lainnya.

4. Mungkin juga bisa karena kita terlalu sering menggunakan widget pencarian google tanpa mengetik google.com atau google.co.id secara manual pada address bar sehingga google mengenali ini sebagai lalu lintas tidak wajar.

Kalau perangkat kita sudah dideteksi seperti ini bagaimana cara menghilangkan peringatannya? langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu mengisi captcha yang disediakan oleh Google, sebagai pembuktian bahwa kita yang mengirimkan permintaan ini, bukan robot.

Setelah itu anda dapat mencoba mengunjungi google kembali dan mengetikkan kata kunci lainnya, apakah masih muncul peringatan adanya lalu lintas tidak wajar? Jika iya, berarti perangkat kita memang sudah dideteksi seperti itu walaupun kita memakainya secara normal-normal saja.

Cara Menghilangkan Peringatan Lalu Lintas Tidak Wajar

Jangan terburu-buru atau panik jika saat browsing anda mendapati pesan ini muncul dilayar, yang harus anda lakukan cukup mudah dan tidak begitu sulit.

Sebelumnya, untuk antisipasi agar anda tidak kehilangan data saat mengikuti tutorial ini, silahkan backup bookmark anda secara keseluruhan, atau backup secara manual yaitu menyiapkan aplikasi Catatan/MS Word lalu mengcopy semua link bookmark dan mempastekan di aplikasi Catatan/MS Word, dan simpan semua halaman-halaman yang anda anggap penting pada riwayat browser.

Khusus untuk perangkat komputer/PC/Laptop

1. Setelah semuanya terbackup dengan sempurna, silahkan clear cache, cookies, dan password pada browser yang anda gunakan.

2. Selanjutnya tutup browser anda, lalu jalankan kembali, jika masih tetap sama silahkan hapus semua data di browser, lakukan langkah yang sama seperti poin pertama lalu tutup koneksi dan tutup browser anda.

3. Jika sudah, silahkan buka browser anda dan jalankan seperti biasa, pada langkah ini pastikan anda sudah bisa mengunjungi Google tanpa muncul peringatan lalu lintas tidak wajar.

Khusus untuk perangkat Android

1. Hapus cache, riwayat penelusuran, kata sandi, dan cookies.

2. Jika tidak mempan, masuk ke pengaturan aplikasi, cari browser yang anda gunakan, lalu paksa berhenti.

3. Jika masih tidak mempan juga, tutup koneksi, lalu lakukan seperti pada poin kedua, lalu restart ponsel android anda.

4. Pastikan semuanya sudah teratasi, jika tetap sama maka terpaksa kita harus menghapus data browser melalui menu setelan aplikasi.

Selamat, kini anda bisa mengakses situs google seperti biasa. Tapi, cara yang saya bagikan tidak menjamin apakah kedepannya browser atau perangkat kita dideteksi kembali sebagai lalu lintas tidak wajar oleh google? Jika kembali terdeteksi sebagai lalu lintas tidak wajar, silahkan ulangi langkah langkah diatas.

Saran saya sebagai tambahan, jangan mengetik dan mencari di google secara berulang-ulang dalam jeda waktu singkat atau menggunakan widget google search secara berlebihan yang berakibat nanti perangkat kita dinilai sebagai robot.

Demikian semoga tulisan singkat mengenai Cara Mengatasi Pesan Lalu Lintas Tidak Wajar pada Google Search membantu serta bermanfaat bagi semua pembaca.

Artikel Terkait

2 komentar

soal pertanyaan ini sebenarnya sudah saya menjawab pada postingan diatas.

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon