27/06/17

Menunggu Kedatangan Surat PIN Dari Google Adsense

Bagi teman-teman yang masih menunggu PIN dari Google Adsense, tetap semangat update konten yang bermanfaat, siapa tahu disaat kita memikirkan konten tiba-tiba PIN datang diantar Pak Pos. Semoga saja seperti itu, pengalaman menunggu PIN dari Google Adsense mungkin hampir sama seperti pengalaman pertama kali daftar Google Adsense, yaitu sama-sama menunggu lama hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan lamanya.

menunggu datangnya pin google adsense

Begitulah bagian dukanya para publisher adsense, bagian sukanya waktu menerima gajian, hehe. Menjadi publiher adsense itu sulit kecuali kita memang tau cara bermainnya, kalau tidak tahu tinggalkan saja dariapada nanti melanggar TOS akhirnya kecewa juga karena dibanned oleh Google Adsense, harapan mendapatkan uang dari Google pun sudah pupus.

Google mengirimkan PIN kepada publishernya melalui Jasa POS Indonesia, PIN akan sampai ke alamat tujuan biasanya memakan waktu 2-4 minggu tergantung lokasi publishernya. PIN itu nantinya digunakan untuk memverifikasi kebenaran alamat yang dicantumkan di akun Adsense dan jika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, penayangan iklan akan dinonaktifkan.

Sebenarnya kita bisa memverifikasi alamat menggunakan KTP, tapi itu hanya berlaku setelah kita melakukan tiga kali Request PIN tapi PIN tidak kunjung datang. Jadi harus sabar menunggu sampai 4 mingguan atau lebih sejak request PIN ketiga sebelum memverifkasi alamat menggunakan KTP.

Menunggu PIN Dari Google Adsense

Sebenarnya tulisan ini hanyalah sebagai dokumentasi saja, karena saya tertarik untuk membagikannya jadi saya putuskan untuk share pada artikel saya kali ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang sedang menunggu surat dari Pos. Sejak tanggal 12 Juni 2017 lalu, saya sudah menerima notifikasi pada akun adsense saya bahwa saya harus memverifikasi alamat saya menggunakan PIN, karena kebetulan saldo saya sudah mencapai ambang verifikasi, ambang verifikasi adsense adalah minimal $10.

Google mengirimkan PIN tepat satu hari setelah penghasilan saya masuk ke saldo akun, dan sampai sekarang mungkin PIN sedang ada dalam perjalanan ke Indonesia. Hingga tulisan ini saya terbitkan, PIN Google Adsense saya masih belum datang mengingat ini masih dua minggu sejak tanggal pengiriman, jadi saya masih bersabar menunggu, kecuali setelah lewat 16 hari saya baru menanyakannya langsung ke kantor pos terdekat, apakah ada surat dari Google atas nama saya.

Teman-teman Publisher lainnya mungkin mempunyai pengalaman menunggu PIN hingga berbulan-bulan, tapi untuk kasus ini biasanya PIN dikembalikan lagi kepengirim karena beberapa alasan, jadi setelah request PIN ketiga, tapi PIN belum juga datang, mereka langsung verifikasi dengan menscan KTP.

Publisher Google Adsense itu memang banyak ujiannya, anda tahu apa saja ujiannya, jika anda seorang Publisher Google Adsense mungkin anda akan paham apa kesulitannya. Tapi bagi golongan baru atau newbie yang belum tahu, ini dia ujian yang dihadapi oleh Publisher Google Adsense.

1. Saat mendaftar Google Adsense melalui Website, calon publisher wajib menunggu sampa disetujui sepenuhnya, untuk diterima itu tidak mudah, calon publisher harus mematuhi kebijakan program Google Adsense, bahkan dalam tahap pertama ini banyak sekali calon publisher yang ditolak berkali-kali oleh Google Adsense. Ada yang ditolak sampai 20 kali tetapi masih belum menyerah, begitu seterusnya sampai akhirnya menyerah sendiri dan menjual blognya.

2. Setelah penghasilan terkumpul minimal $10, publisher Adsense wajib memverifikasi akun adsensenya, Google Akan Mengirimkan PIN ke alamat pembayaran yang tercantum pada Akun Google Adsense, pada proses ini lamanya sama seperti saat review kedua Google Adsense.

3. Untuk menerima Pembayaran, kita juga diharuskan memverifikasikan rekening bank, tujuannya agar Google memastikan mengirimkan uang ke rekening yang benar, ini sebenarnya bukan ujian tapi cara Google untuk melindungi pembayaran milik Publishernya.

4. Memiliki Akun Adsense berarti wajib patuh terhadap pedoman mutu webmaster dan kebijakan yang ditetapkan oleh Google Adsensenya, sekali saja melanggar mungkin akan diberikan peringatan, jika ditemukan pelanggaran selanjutnya akun akan dibanned dan tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam program Google Adsense.

5. Saat menerima pembayaran, kita mungkin akan direpotkan lagi dengan kode swift bank jika kita menggunakan metode pembayaran transfer bank, kode swift ini dapat kita tanyakan pada pihak bank kita masing-masing.

Kalau melihat betapa sulitnya menjadi publisher Google Adsense, berarti anda harus tahu apa yang dilakukannya, jangan sampai bermain curang yang nanti berakibat dibanned, bermainlah secara jujur dan bersih, jika caranya benar maka penghasilannya berkah, sebaliknya jika caranya salah hasilnya menjadi tidak berkah.

Soal Menunggu PIN, sebetulnya kita dapat menunggunya maksimal satu bulan sebelum merequest PIN yang baru. Mungkin setelah ini saya akan memutuskan untuk datang ke kantor pos terdekat untuk menanyakan surat dari Google. Antara PIN dan Pembayaran keduanya sama-sama mempunyai peran penting, jika kita ingin mendapatkan pembayaran kita harus mendapatkan PIN terlebih dahulu, jika kita ingin mendapatkan PIN kita harus mengumpulkan pendapatan terlebih dahulu, karena syarat request PIN saldo minimal $10.

Jangan patah semangat gara-gara PIN belum kunjung datang, masih ada verifikasi KTP, walaupun pembayaran harus tertunda selama tiga bulan gara-gara harus menunggu PIN. Demikian semoga tulisan saya bermanfaat, selamat mencari dollar.

Artikel Terkait

Jika ada pertanyaan mengenai tulisan ini, jangan segan untuk bertanya melalui kolom komentar, terimakasih.
EmoticonEmoticon